Umur Hanyalah Angka Untuk Kreator Manga Berusia 91 Tahun

PeopleFaktaHimegoto
Umur Hanyalah Angka Untuk Kreator Manga Berusia 91 Tahun 1

Masako Watanabe adalah sesosok yang tidak asing dengan dunia manga, bahkan dia kemungkinan menggambar cerita lebih lama daripada kebanyakan kreator manga yang masih hidup. Dia pertama kali debut pada tahun 1952 dengan cerita “Suama-chan” yang diterbitkan dalam volume kumpulan oleh Wakagi-shobou. Pada saat itu, Watanabe adalah seorang ibu baru dan terinspirasi oleh karya-karya Osamu Tezuka. Puluhan tahun kemudian dan sudah membuat lebih dari 100 karya, Watanabe masih menggambar dan membuat manga. Di usia 91 tahun ia memulai debut seri baru-nya Himegoto di aplikasi manga Shueisha bernama “Manga Mee.”

Umur Hanyalah Angka Untuk Kreator Manga Berusia 91 Tahun 2

“Melihat masa lalu, itu adalah tahun-tahun dengan saat-saat baik dan buruk, tetapi aku tidak pernah berpikir menggambar manga itu sulit. Aneh,” kata Watanabe. “Apakah ini egois bagiku? Masih ada banyak cerita di buku sketsa yang inginku gambar. Tidak ada kesenangan yang lebih besar daripada membuat karyamu sendiri. Aku memiliki kebahagiaan seumur hidup karena terlibat dan hidup dengan manga. Untuk Tuhan, kepada Buddha, dan untuk semua penggemarku yang memberkati saya dengan kehidupan ini, saya benar-benar berterima kasih. ”

Kisah baru Watanabe mengikuti Miya yang menikah dengan bahagia yang tinggal di sebuah apartemen di kawasan Shirokanedai, Tokyo. Namun, kehidupan Miya tiba-tiba berubah setelah dia bertemu kembali dengan teman sekelasnya di SMP Itoko dan hancur.

Watanabe menulis bahwa dengan bantuan asistennya dia dapat menyelesaikan Himegoto tanpa masalah.

Watanabe berspesialisasi dalam komik shojo dan josei selama karirnya yang panjang. Dia memenangkan Shogakukan Manga Award ke-16 pada tahun 1971 untuk serinya Glass no Shiro (Glass Castle) dan manga Hitori Matsuri tahun 1985 karyanya menginspirasi drama live-action TV. Pada tahun 2002, Watanabe dianugerahi Minister of Education, Culture, Sports, Science and Technology Award di 31 Japan Cartoonists Association Awards dan pada tahun 2006 ia menjadi mangaka wanita pertama yang menerima dekorasi Order of the Rising Sun. Medali ini diberikan kepada mereka yang telah membuat prestasi terhormat dalam hubungan internasional, promosi budaya Jepang, kemajuan di bidangnya, pengembangan dalam kesejahteraan atau pelestarian lingkungan.

Watanabe saat ini adalah direktur Asosiasi Kartunis Jepang.

Source: Mainichi Shimbun’s Mantan Web Via AnimeNewsNetwork