TouhouGamesSimak

Touhou Lost Word – Menghidupkan Franchise Lawas dalam Mobage Kekinian

0
Touhou Lost Word - Menghidupkan Franchise Lawas dalam Mobage Kekinian 1

Touhou Lost Word - Menghidupkan Franchise Lawas dalam Mobage Kekinian 2

Tepat pada 30 Oktober 2020, ada sebuah kabar mengejutkan datang dari Good Smile Company(GSC) dan NextNinja yang mengumumkan release Global sebuah Game berjudul Touhou Lost Word yang sudah rilis di region JP sebelumnya pada April 2020 dan sudah dipromosikan lewat Channel Good Smile Channel di kanal Youtube tersebut oleh 3 Seiyu Brand GSC yakni Serizawa Yuu,Miku Itou dan Minori Suzuki.

Sebuah kabar yang mungkin sangat dinanti-nantikan para fans loyal Touhou yang sudah lama menunggu franchise ini meluncurkan versi Mobage. Siapa sangka NextNinja serta GSC tertarik untuk menggarap sebuah Mobage dari Franchise yang sudah sangat lama melandai di jagad Jejepangan tersebut.

Bagi yang masih belum mengetahui soal Touhou, akan saya jelaskan secara umum mengenai Franchise ini.
Touhou atau dalam bahasa inggris maknanya berarti Eastern atau Oriental, adalah sebuah franchise Game “bullet hell shoot’em up” semacam tembak menembak yang mengedepankan kemahiran evasion,akurasi dan timing. Game ini mulai dinisiasi pada tahun 1995 oleh ZUN, seorang Developer Program sang pencipta game tersebut. Hingga kini Touhou sudah mengeluarkan 18 Rilisan game termasuk 5 game dalam genre Fighting di dalamnya.

Franchise ini terkenal berkat kualitas  game, tingkat kesulitan yang lain dari yang lain, Plot Story yang banyak mengambil esensi beragam cerita terutama budaya sejarah, Musikalitas yang unik, dan paling akhir tentu saja Para Karakternya yang ikonik dan saling terkait dengan plot background story masing-masing.

 

Plot

Diawal game ini kita langsung ter-isekai ke Gensokyo (Dunia Touhou Franchise) dan bertemu dengan dua tokoh utama dalam Touhou yakni Hakurei Reimu,sang miko Kuil Hakurei dan Marisa Kirisame, Manusia penyihir yang selalu Ceria. Dengan keadaan tak mengingat apapun player sebagai MC hanya memiliki sebuah benda di tangannya yakni sebuah jurnal yang tidak bisa dibaca bahkan oleh sang MC sekalipun.

Touhou Lost Word - Menghidupkan Franchise Lawas dalam Mobage Kekinian 3

Bahkan kedua Heroine yakni Reimu dan Marisa pun tak tahu asal usul penyebab MC terdampar di Gensokyo. seiring berjalannya cerita, ternyata keberadaan MC mulai mengganggu eksistensi di Gensokyo. Kemunculan dua Kubus Biru dan Merah ditengarai menjadi penyebab keseimbangan dunia Gensokyo menjadi timpang serta membuat para penghuninya merasakan keanehan yang menyebabkan mereka tak bisa mengeluarkan kekuatan, kehilangan kendali, bahkan menghilang tanpa jejak.

Yokai legendaris yang berteman dengan dua tokoh utama yakni Yukari Yakumo (kiri dari foto) , yang memiliki kemampuan menembus berbagai alam menjelaskan bahwa kunci dari semua masalah ini terletak pada dua kubus,jurnal dan MC sendiri. Akhirnya dimulailah petualangan Reimu,Marisa,dan MC untuk menemukan kubus-kubus tersebut dan menyelamatkan dunia Gensokyo dari ancaman kehilangan eksistensinya.

 

Gameplay

Touhou Lost Word - Menghidupkan Franchise Lawas dalam Mobage Kekinian 4

Oke, kita langsung membahas bagian penting dari sebuah game. Apalagi kalo bukan Gameplay dan Fitur-fiturnya. secara tampilan dalam tangkapan Screenshot versi Global tampilan Menu awal di Touhou Lost Word memang tidak asing bagi para player yang sudah sering berwara-wiri bermain Game RPG mobage. Tapi saya akan menjelaskan secara detil berdasarkan gambar mengenai kegunaan dan fungsi-fungsi penting dari menu tersebut.

  • Explore, fitur ini digunakan untuk memasuki main story dan daily quest jadi secara umum menu Explore adalah menu yang paling sering kita lewati untuk Grinding material dan menyelesaikan Main Story. Apalagi jika kita menyelesaikan semua misi dan grind dalam jumlah tertentu nanti kita akan mendapatkan loot dari menu Tasks yang ada di bagian kanan bawah.
  • Party, Fitur untuk mengatur komposisi unit kita yang akan digunakan dalam Grinding Material maupun quest lain. Meski di setiap stage adakalanya kita harus memakai Fixed Party atau Party yang sudah ditentukan berdasarkan alur cerita.
  • Errand, Fitur Quest berdurasi 1-10 jam yang berisi banyak varian quest. beberapa diantaranya bisa drop resource untuk Gacha (Prayer).
  • Prayer, yap seperti disinggung di poin atas… Prayer adalah nama lain Gacha di game ini. Kita bisa mendapatkan Chara dan Story Card untuk meningkatkan kekuatan Unit yang kita miliki
  • Story cards, kartu2 yang memuat passive stat untuk meningkatkan kemampuan kartu Ougi character, jika memiliki kelebihan kartu,kita bisa melakukan Part Away (Trade) supaya bisa mendapatkan token untuk menaikkan stat Karakter2 yang ada.
  • Friends, Menu untuk mengetahui informasi tentang para character yang kita punya sekaligus menaikkan tiap aspek utility dan stat menggunakan material yang ada entah itu Story Cards,Token,dst.
    selain itu kita bisa melakukan Awaken dengan menggunakan dupe dari chara tersebut supaya Limit Breaknya naik dan bisa menambah range stat untuk kita naikkan lagi
  • Services, Yang terakhir adalah menu yang memiliki 4 sub menu yakni untuk Recharge Spirit (Stamina untuk Quest), Recharge Coin (Currency untuk upgrade,prayer,dst), School (menambah level dan affinity) serta Dojo (Menaikkan level Skill).

 

Battle System

Touhou Lost Word - Menghidupkan Franchise Lawas dalam Mobage Kekinian 5

Touhou Lost Word menggunakan Battle System Turn-based disertai mekanis yang cukup kentara yakni Element Superior & Weakness, Sub party (Max : 3 Unit sub) serta Graze (Shield) sebagai mekanis defensif saat unit kita diserang oleh lawan dengan Element yang superior dari milik kita.

Untuk Serangan normal ada dua pilihan yang bisa diambil yakni Spread Shot dan Focus Shot. Spread Shot memungkinkan kita mendapatkan Point Boost lebih banyak supaya kita bisa melakukan boosting spell maupun serangan normal sehingga stat dan damage lebih tinggi dari biasanya jika P Boost sudah mencapai 3.00 anda perlu menekan tombol Boost 3x sampai kotak merah penuh lalu pilih boost  Spell Card atau serangan biasa.
Focus Shot memiliki akurasi lebih baik dari Spread Shot tapi menghasilkan P Boost yang sedikit.

Spell card adalah Teknik Ougi Orisinil yang dimiliki tiap character beberapa ada yang AoE dan Single Target. Tapi penggunaanya hanya bisa sekali pakai meski dalam stage tertentu bisa di Reuse jika lawan drop Spell point untuk membuka lagi Spell card yang telah terpakai. Untuk itu perlu timing dan keputusan yang tepat dalam memakainya.

Oh ya Hampir Lupa, pada bagian Serangan normal dan Spell card ada tulisan CP dan besaran angka di dalamnya.  CP (Combat Power) adalah kalkulasi jumlah damage  yang bisa didapat saat menyerang lawan tersebut. Keunggulan Elemen juga mempengaruhi besaran CP. Makin besar CP makin besar Damage yang diterima lawan.

Overall

Touhou Lost Word masih tergolong baru di kancah dunia Mobage, Menarik ditunggu apa yang akan dicoba oleh Good Smile Company dan NextNinja untuk menghadapi kerasnya persaingan di dunia Mobage mengingat nama2 tenar seperti Arknights,Granblue Fantasy,FGO dan Uma Musume banyak bersliweran di medsos.

Sebagai orang yang mengenal Touhou secara otodidak. Touhou Lost Word cukup mengobati kerinduan saya bertemu kembali dengan sosok Ikonik Reimu Hakurei, Heroine Miko yang sangat famous di Comiket sampai mampu menyaingi nama2 besar seperti Hatsune Miku pada Zamannya.

Apalagi Gameplaynya tak jauh beda dengan Game2 lain pada umumnya, selain itu mengaplikasikan Ougi dalam Bullet game ke dalam bentuk Spell card terasa sangat keren apalagi tiap ougi masing2 character memiliki BGM unik yang catchy di telinga saat dimainkan.

Jika anda ada ruang kosong atau sedang suntuk dengan game lain, Touhou Lost Word bisa anda coba sebagai altenatif sekaligus membuka wawasan mengenai Franchise yang mungkin generasi 2000an keatas belum familiar dengan seri ini.

Sekian yang bisa saya sampaikan, Terima kasih atas perhatiannya dan sampai bertemu lagi di rubrik berikutnya.

Touhou Lost Word - Menghidupkan Franchise Lawas dalam Mobage Kekinian 6

 

Bagi yang berminat mencoba silahkan Download disini

Channel Youtube Official : Disini

Video Promosi dari Good Smile Channel :

Sumber Berita : ANN,Official Global Site

Dimas
Seorang Penikmat Jejepangan yang kalem dan santai..

Anime Haikyu!! Mendapatkan Game Smartphone

Previous article

Band ALI Hiatus Tanpa Batas Waktu setelah Penangkapan Pemain Drumnya Bulan Lalu

Next article

More in Touhou

You may also like

Komentar