EnsiklopediaPeople

Toriyama Sekien, Artis Ukiyo-e yang Dikenal Akan Gambarnya Tentang Yōkai

0
Toriyama Sekien, Artis Ukiyo-e yang Dikenal Akan Gambarnya Tentang Yōkai 1

Toriyama Sekien, adalah nama pena dari Sano Toyofusa, seorang sarjana abad ke-18, penyair kyōka, dan seniman ukiyo-e (seni cukil kayu) untuk cerita rakyat Jepang. Toriyama Sekien lahir pada tahun 1712 dan meninggal pada tanggal 22 September 1788. Lahir dari keluarga pelayan tingkat tinggi untuk Keshogunan Tokugawa, dia dilatih oleh seniman sekolah Kanō, Kanō Gyokuen dan Kanō Chikanobu, meskipun dia tidak pernah secara resmi diakui sebagai seorang pelukis dari sekolah Kanō.

Setelah pensiun dari pelayanan untuk Keshogunan, ia menjadi guru untuk banyak pelajar dalam hal puisi dan lukisan. Dia termasuk orang pertama yang menerapkan teknik Kano pada seni grafis ukiyo-e, menemukan teknik kunci baru di sepanjang jalan karirnya, seperti fuki-bokashi, yang memungkinkan untuk mereplikasi gradasi warna. Dia terkenal sebagai gurunya Kitagawa Utamaro (yang dikenal dalam karyanya yang disebut sebagai bijinga) dan Utagawa Toyoharu (yang berperan penting dalam pengembangan ukiyo-e dengan mempelajari perspektif linear barat).

Toriyama Sekien, Artis Ukiyo-e yang Dikenal Akan Gambarnya Tentang Yōkai 2

Sekien sangat dikenal karena buku-buku bergambar yōkai yang diproduksi secara massal yang pernah muncul di gulungan parade monster Hyakki Yagyō. Buku pertama terbukti cukup populer untuk menghasilkan tiga sekuel, yang terakhir menampilkan yōkai yang sebagian besar tampaknya kreasi Sekien sendiri berdasarkan sastra dan karya seni lainnya seperti esai Tsurezure gusa dari Yoshida Kenkō. Meskipun kadang-kadang dijelaskan sebagai karya “ahli demonologi,” karyanya lebih tepat digambarkan sebagai parodi sastra ensiklopedia seperti Japanese Wakan Sansai Zue atau Chinese Classic of Mountains and Seas, yang populer di Jepang pada saat itu. Penggambarannya tentang yōkai dari cerita rakyat pada dasarnya memantapkan penggambaran visual makhluk-makhluk tersebut di benak publik dan sangat menginspirasi seniman Jepang lainnya di eranya dan era kemudian, termasuk seniman ukiyo-e Tsukioka Yoshitoshi, Kawanabe Kyōsai, dan seniman manga Mizuki Shigeru (GeGeGe no Kitarō).

Karya-karya Toriyama Sekien termasuk:

  • Toriyamabiko (鳥山彦, diterbitkan pada tahun 1773)

Toriyama Sekien, Artis Ukiyo-e yang Dikenal Akan Gambarnya Tentang Yōkai 3

  • Sekien’s Picture Album (Sekien gafu, 石燕画譜, diterbitkan pada tahun 1774)

Toriyama Sekien, Artis Ukiyo-e yang Dikenal Akan Gambarnya Tentang Yōkai 4

  • The Illustrated Demon Horde’s Night Parade (Gazu Hyakki Yagyō, 画図百鬼夜行, diterbitkan pada tahun 1776)
Toriyama Sekien, Artis Ukiyo-e yang Dikenal Akan Gambarnya Tentang Yōkai 5

Kappa dalam volume 1 Gazu Hyakki Yagyō, yang disebut “Yin” (陰)

  • The Illustrated Demon Horde from Past and Present, Continued (Konjaku Gazu Zoku Hyakki, 今昔画図続百鬼, diterbitkan pada tahun 1779)
  • More of the Demon Horde from Past and Present (Konjaku Hyakki Shū, 今昔百鬼拾遺, diterbitkan pada tahun 1780)
  • A Horde of Haunted Housewares (Gazu Hyakki Tsurezure Bukuro, 画図百鬼徒然袋, diterbitkan pada tahun 1784)
Toriyama Sekien, Artis Ukiyo-e yang Dikenal Akan Gambarnya Tentang Yōkai 6

Tenjōname dalam volume pertama Gazu Hyakki Tsurezure Bukuro

Mito.Chan

Agensi Virtual YouTuber hololive Mengumumkan Babak Kedua Audisi untuk hololive English

Previous article

M&C! Merilis Manga Shinotori di Indonesia

Next article

You may also like

More in Ensiklopedia

Komentar