Rekomendasi 20 Manga/Manhwa Tentang Virus Maupun Pandemi Untuk Menemanimu Dirumah

SimakAnime
Rekomendasi 20 Manga/Mahwa

Untuk teman-teman wibumesta yang kini telah menjadi pahlawan pencegahan virus COVID-19 atau Coronavirus, tetap semangat dan terus jaga kesehatan kalian. Biarpun memang terkadang tanpa keluar rumah akan sedikit membosankan jika kurang bahan-bahan yang bisa dijadikan sebagai media hiburan. Seperti komik-komik rekomendasi yang telah kami rangkum dalam manga tentang virus dan pandemic ini. Tentunya dengan beberapa referensi terpercaya kami.

Disini, Wibumesta telah membuat rekomendasi top 20 manga tentang virus dan pandemic untuk sekedar menambah wawasanmu terhadap virus. Seperti apa bahanya virus yang terlihat sepele namun dapat mematikan, beberapa pencegahan penularan virus, dan juga pastinya untuk selalu menjaga kesehatan, dengan mengkonsumsi makanan bergizi, suplemen, vitamin, dan beragam hal yang dapat membantumu terhindar dari virus.

Realita dan imajinasi tentang virus dan pandemic memang berbeda, terkadang kehidupan nyata jauh lebih extreme dibandingkan dengan fantasi, khususnya efek domino yang dapat menyebabkan rasa khawatir dan ketakutan terhadap masyarakat luas. Yah, biar bagaimanapun, Virus dan Pandemic, entah dimanapun jelas menganggu, hanya ada beberapa kondisi saja dimana virus masih bisa di tolerir.

Pandemic atau pandemi adalah epidemi atau wabah yang bersumber dari virus yang dapat menularkan penyakit serta menyebar dan menginfeksi ke seluruh populasi di wilayah yang luas, atau bahkan dunia, dengan konsekuensi yang menghancurkan seperti kematian atau penyakit yang meluas.

Kami sambut kalian untuk melihat list manga yang berkaitan dengan virus dan wabah, Karena terkadang wabah bisa muncul bukan hanya dari Virus, untuk itu kami memisahkan antara dua jenis Epidemi dan Virus kedalam list masing-masing 10. Untuk kolom terakhir kami juga memberikan nominasi rekomendasi khusus yang amat kami sarankan kalian untuk membacanya.

Rekomendasi Top 10 Manga Tentang Pandemic

Manga ini mengikuti epidemi pada masa kanak-kanak, atau setelah pandemi setelah bangun, dengan penyakit yang berkisar dari patogen yang ditemukan di masyarakat saat ini hingga parasit, hingga wabah zombie misterius dan seterusnya.

10. King of Thorn (Ibara no Ou)

king-of-thorn-419

Pengarang : Yuji Iwahara
Genre : Action, Horror, Sci Fi, Seinen, Pandemic, Survival
Volume : Vol: 6; Ch: 37
Diterbitkan : 2002 – 2005

Sinopsis

Medusa adalah penyakit misterius yang menyebabkan tubuh membatu tak lama setelah terinfeksi, virus ini ditemukan di seluruh dunia dan terus meningkatkan jumlah kematian. Setelah kehilangan putranya karena penyakit itu, seorang pria kaya menggunakan sebagian besar kekayaannya untuk mengubah istana abad pertengahannya menjadi fasilitas cryogenic canggih. 160 pemenang lotere dipilih untuk dibekukan sampai ditemukan obatnya, salah satunya adalah Kasumi – saudara kembar yang saudara kandungnya bukan salah satu yang dipilih. Bersama sekelompok orang lain, Kasumi terbangun dari kamarnya yang cryogenic, tetapi semuanya tidak sama, virus ini melahirkan sesuatu yang tak seharusnya ada: monster prasejarah berkeliaran di kastil yang sekarang ditinggalkan dan memakan orang-orang yang selamat, sementara duri raksasa tak berujung muncul di sekitar mereka. Melawan segala rintangan, Kasumi dan yang lainnya sekarang harus mencoba untuk bertahan dari kengerian situasi mereka dan menemukan kebenaran di balik apa yang terjadi, sambil menunggu Medusa akhirnya mengambil nyawa mereka.

Opini Wibumesta

Konsep manga ini memang menarik, terlebih lagi dengan gabungan harmony antara misteri dan keinginan yang bertahan hidup yang kuat. Ada banyak adegan-adegan yang dapat membuat rasa penasaran dan juga ketakutan akan bertahan hidup, biarpun begitu mereka juga mau tidak mau mencari tau apa dan kenapa virus medusa ini bisa terjadi, dan yang ternyata, semua ini disebabkan oleh sesuatu yang mengejutkan.

9. World Embryo

world-embryo-745

Pengarang : Daisuke Moriyama
Genre : Action, Drama, Mystery, Romance, Seinen, Pandemic, Supernatural
Volume : Vol: 13; Ch: 97
Diterbitkan : 2005 – 2014

Sinopsis

Virus mematikan menyebar ke seluruh umat manusia, virus ini mengubah manusia menjadi monster mengerikan yang dikenal sebagai ‘Kanshu ‘. Namun tidak ada yang tahu keberadaan mereka, kecuali organisasi yang bernama ‘F.L.A.G. ‘, yang didedikasikan untuk memburu dan menghancurkan sumber infeksi. Para anggotanya memiliki kekuatan yang luar biasa, yang mampu melepaskan kekuatan yang luar biasa pada musuh-musuh mereka. Suatu hari, sebuah pesan ponsel dari seorang kerabat yang sudah meninggal menyebabkan pemuda Riku Amami terjebak tanpa disadari terlibat dalam konflik antara F.L.A.G. dan Kanshu – dan kepompong misterius yang akan mengubah hidupnya selamanya, menjadi lebih baik atau lebih buruk.

Opini Wibumesta

Seperti kebanyakan pepatah bilang, terkadang memang ada satu momen yang dapat mengubah hidupmu sepenuhnya, seperti kehidupan Riku yang berubah drastis karena mendapatkan SMS dari seseorang yang seharusnya tidak mungkin terjadi. Tapi ternyata semua itu memang mungkin, kejadian itu akhirnya menyeret dia kedalam konflik yang bahkan mempertaruhkan keselamatannya.

8. Highschool of the Dead

highschool-of-the-dead-390

Pengarang : Daisuke Satou, Shouji Satou
Genre : Action, Ecchi, Horror, Shounen, Apocalypse, Pandemic, Survival, Zombies
Volume : Vol: 7; Ch: 30
Diterbitkan : 2006 – 2013

Sinopsis

Ketika yang manusia terinfeksi mendekati sekolah Rei dan Takashi, kejadian itu menyebabkan pertumpahan darah yang mengerikan dan menyebabkan sebagian besar siswa dan staf mati atau berubah menjadi monster seperti zombie yang telah menyebar ke seluruh dunia. Bersama dengan beberapa orang yang selamat lainnya, Rei dan Takashi berangkat untuk menemukan keluarga mereka di dunia yang dengan cepat menjelma. Pemerintah telah runtuh, penyakit pembunuh itu di luar kendali, dan orang-orang di mana-mana mencoba yang terbaik untuk hidup sederhana setiap hari.

Opini Wibumesta

Pertarungan intens antara harga diri, keberlangsungan hidup, cinta dan pengorbanan. Jujur saja, saya sedikit tidak suka dengan salah satu tokoh perempuan yang sifatnya So’, tapi karena dunia sedang kacau dan penuh masalah dimana-mana, luangkan sedikit tenaga ekstra untuk memberikan bantuan sepertinya tidak masalah, tidak,, itu wajib.

Antara harga diri, terlebih lagi telah menyelamatkan seseorang, biarpun tidak tahu siapa yang diselamatkan, mati dalam keadaan manusia atau mati dibunuh sebagai zombie? sepertinya kamu bisa mengetahui mana yang lebih baik untuk menjaga harga dirimu. Namun, jika memang tak sanggup untuk bunuh diri, ya~ berkorban dan berkorban.

Namun, sayang sekali, cerita ini tidak dapat berakhir dengan semestinya dengan beragam rasa penasaran yang tak dapat dipuaskan dan hanya dapat berpegang dengan imajinasi saja.

7. Dead Days

Rekomendasi 20 Manga/Manhwa Tentang Virus Maupun Pandemi Untuk Menemanimu Dirumah 1

Pengarang : Dey
Genre : Action, Drama, Horror, Manhwa, Webtoon, Apocalypse, Pandemic, Psychological, Survival, Zombies
Chapter : 45
Diterbitkan : 2014 – 2015

Sinopsis

Dimulai pada hari ke-4 setelah virus zombie pecah, ini adalah kisah tentang keinginan untuk hidup, naluri manusia dan keinginan egois kita. Sebuah kisah mendebarkan tentang para penyintas kiamat zombie.

Opini Wibumesta

Sedikit singkat yah, memang. Namun memang seperti kebanyakan cerita zombie, dimana naluri manusia bahkan sama seperti binatang, atau bahkan lebih parah. Egoisme dan juga keinginan bertahan hidup, terlebih lagi jika memang harus mengorbankan sesuatu untuk dapat hidup. Dunia yang seperti kiamat ini, mungkin lebih baik daripada hidup menjadi manusia yang tidak berguna?

6. School-Live!

school-live-13999

Pengarang : Norimitsu Kaiho, Sadoru Chiba
Genre : Horror, Seinen, Slice of Life, Melancholy, Mental Illness, Orphans, Pandemic, Psychological, School Life, Survival, Zombies
Volume : 12; Ch: 78
Diterbitkan : 2012 – 2019

Sinopsis

Yuki Takeya mencintai sekolahnya. Dia sangat menyukainya, bahkan dia benar-benar tinggal di sana! Dia adalah bagian dari “School-Living Club”, sekelompok gadis yang berkemah di ruang klub pada malam hari dan menanam makanan mereka sendiri di atap sekolah. Tapi mengapa Yuki satu-satunya yang masih menghadiri kelas? Dan mengapa tidak ada yang pernah memiliki keinginan untuk pulang?

Opini Wibumesta

Kira! Kira! penuh cahaya dan warna sesaat melihat cerita ini. Tanpa sadar dibawa kedalam kehidupan yang seolah seperti kehidupan di sekolah yang biasa. Namun detik-detik menuju halaman tertentu, rasa shock dibuat dengan keadaan yang ternyata jauh dari apa yang dibayangkan. Imajinasi yang terlalu kuat bahkan hingga merusak apa yang seharusnya tidak dilihat.

Mungkin memang karena rasa frustasi dan depresi sudah terlalu mendalam, dan tidak dapat bergerak maju untuk menerima keadaan yang ada, pelarian dengan imajinasi tingkat tinggi dapat sedikit membuat senyuman pada wajahnya.

Setelah mengetahui semua, rasanya memang amat menyedihkan, terus hidup dalam dunia imajinasi sepertinya terlihat lebih menenangkan, namun kita tahu. Itu semua tidak baik untuk kehidupan kedepannya.

5. Seraph of the End

seraph-of-the-end-12773

Pengarang : Kagami Takaya, Yamamoto Yamato
Genre : Action, Horror, Mystery, Shounen, Demons, Pandemic, Post-apocalyptic, Supernatural, Vampires
Volume : 20+; Ch: 89+
Diterbitkan : 2012 – ?

Sinopsis

Setelah epidemi bencana membunuh setiap orang dewasa di bumi, vampir muncul dari bayang-bayang untuk memperbudak populasi manusia yang tersisa. Yuichiro melarikan diri dari penawanan dan bergabung dengan Tentara Iblis Kekaisaran Jepang. Tapi sebelum dia diizinkan bertarung melawan vampir, dia harus menyelesaikan misinya yang pertama dan menakutkan — berteman baru dengan sesama pembantai monster yang bercita-cita tinggi! Yuichiro dan teman-temannya disimpan sebagai makanan ternak vampir di sebuah lembaga menyeramkan yang menyamar sebagai panti asuhan. Suatu hari, mimpi Yuichiro untuk melawan terwujud ketika anak-anak yatim piatu lolos dengan berani. Tapi segalanya berjalan sangat salah, dan mimpinya tetap hidup dengan harga yang kejam. Sumber: Viz

Opini Wibumesta

Mungkin seperti ini jika ada cabang lain dari manusia melakukan serangan. Dengan menghancurkan hampir seluruh populasi manusia, dengan hanya menyisakan anak-anak dibawah umur untuk dijadikan pangan kaum penghisap darah. Yah awalnya itu yang terlintas, namun serangan yang mematikan itu nampaknya memang tidak sepenuhnya menjamah seluruh dunia, karena ada tempat-tempat tertentu dimana orang-orang yang sudah berumur masih dapat untuk hidup ditempat khusus.

Terdapat banyak acuan dari Bible, yang sedikit menarik untuk dilihat. Tapi yang paling menarik dari cerita ini adalah peperangan antara kaum manusia dengan senjata khusus dan juga ras penghisap darah.

4. Eden: It’s an Endless World!

eden-its-an-endless-world-775

Pengarang : Endo Hiroki
Genre : Action, Sci Fi, Seinen, Military, Pandemic, Post-apocalyptic
Volume : 18; Ch: 126
Diterbitkan : 1997 – 2008

Sinopsis

Dalam waktu dekat, sebagian besar umat manusia dimusnahkan oleh virus baru yang brutal yang mengeraskan kulit sambil melarutkan organ dalam. Mereka yang tidak kebal lumpuh parah atau diizinkan hidup dengan tubuh yang ditingkatkan secara cyber. Mengambil keuntungan dari dunia dalam kekacauan, kekuatan paramiliter yang dikenal sebagai Propater menjatuhkan PBB dan mencari dominasi dunia. Elia, seorang pemuda yang bertahan hidup mencari ibunya, melakukan perjalanan menuju Pegunungan Andes dengan robot tempur buatan yang cerdas. Ketika dia bertemu sekelompok pejuang kebebasan anti-Propater, sebuah pusaran karakter unik terungkap. Sumber: Dark Horse

Opini Wibumesta

Seperti cerita Hachi yang mencari Ibunya namun mode nya dibuat sedikit extreme di mana manusia yang tidak dapat bertahan dari virus mematikan harus bergantung kepada sebuah mesin. Dan seperti kebanyakan manusia, dalam keadaan apapun pasti akan selalu memanfaatkan kesempatan yang ada, biarpun jika itu memang harus membuat salah satu dari yang lain tak bernyawa lagi.

3. Reversi

reversi-19625

Pengarang : Eun Song
Genre : Manhwa, Sci Fi, Webtoon, Pandemic, School Life, Superpowers
Chapter : 68
Diterbitkan : 2016-2018

Sinopsis

Pada musim panas 2016, organisasi asing yang tidak dikenal menyerang Bumi dan memusnahkan 20% ras manusia dalam kurun waktu satu bulan. Namun, para penyintas virus ini ditransformasikan menjadi makhluk mengerikan bernama “Worms” atau menjadi manusia super yang disebut “Heteros”. Heteros membentuk organisasi pertahanan bersenjata yang disebut “ISO (International Safety Oranization)” untuk melawan cacing. Haru, seorang hetero muda tetapi juga pembuat masalah nakal, ingin bergabung dengan oragnisasi tersebut. Tapi itu bukan jalan yang mudah. _ Sumber Lezhi

Opini Wibumesta

Sebagaimana bocah yang masih sekolah yang memiliki banyak delusi dan impian, begitulah Haru berusaha berjuang keras untuk mencapai yang dia inginkan, dengan kehidupan sosial yang tetap sama entah dengan keadaan dunia seperti apapun. Yang menarik jelas gadis manis memakai jubah dan masker wajah penuh, terlebih lagi pertemuan di awal yang memberikan antara keganasan dan juga ke gemesan pada gadis tersebut.

2. Housekeeper

housekeeper-39181

Pengarang : Chae Yong-Taek, Yu Hyeon
Genre : Action, Manhwa, Sci Fi, Webtoon, Androids, Non-Human Protagonists, Pandemic, Robots, Mecha, Zombies
Chapter : 44+
Diterbitkan : 2019

Sinopsis

Dalam waktu dekat di mana Android (A.I) menjadi umum di antara manusia, wabah virus tiba-tiba terjadi, mengubah lebih dari 70% manusia menjadi “Makhluk” seperti zombie. A.I segera melepaskan diri dari pemiliknya yang terinfeksi karena mereka tidak diprogram untuk mengenali “Makhluk” sebagai manusia, tetapi salah satu dari mereka, pembantu rumah tangga Hasty, bertindak sebaliknya ketika tuan mudanya yang terinfeksi, kata-kata terakhir Neville menyentuh sesuatu di dalam dirinya. Tetap bersamanya setelah semua manusia lain telah terinfeksi di daerah tempat mereka tinggal, Hasty bersumpah untuk melakukan apa pun untuk menyembuhkan tuan Neville, bahkan jika dia harus bertarung melawan seluruh dunia yang sekarang mencari untuk memusnahkan semua Makhluk untuk memutus sepenuhnya sumber infeksi.

Opini Wibumesta

Cukup menyentuh, biarpun memang Hasty bukanlah manusia, namun apa yang dia perbuat terhadap tuannya sangatlah menawan. Bisa dibayangkan jika seluruh dunia ingin mencoba membunuhmu, sebagai yang tidak berdaya, apa yang dapat diperbuat.

Jika bukan karena masih adanya sang penopang yang setia untuk merawat dan menjaga dirinya, patut dipertanyakan akan kewarasan dan juga rasa ingin bertahan hidupnya, biarpun sudah bukan lagi menjadi manusia, tapi itu merupakan hal murni yang ada pada setiap mahluk. Jika hanya ada rasa depresi dan frustasi tanpa adanya penopang dalam hati, untuk apa berjuang mati-matian untuk bertahan hidup?

1. Ooku: The Inner Chambers

ooku-the-inner-chambers-2709

Pengarang : Fumi Yoshinaga
Genre : Drama, Romance, Shoujo, Sejarah, Pandemic, Politik
Volume : 17+
Diterbitkan : 2005

Sinopsis

Di era Tokugawa, cacar redface yang ditakuti menghancurkan populasi pria muda di negara itu, dan setelah beberapa generasi, rasio gender turun menjadi kira-kira satu pria untuk setiap empat wanita. Karena anak laki-laki jarang bertahan hingga dewasa, perdagangan keluarga sekarang diteruskan dari ibu ke anak perempuan, dan perempuan memegang posisi pemerintahan yang penting. Untuk mencegah seluruh dunia dari menemukan keadaan ini, Jepang melembagakan kebijakan isolasionis yang ketat, dan pejabat wanita mengadopsi nama maskulin sehingga bahkan catatan resmi tidak mengungkapkan apa yang terjadi. Meskipun di luar sana banyak yang menderita karena kekurangan pria yang dapat dinikahi, kamar-kamar dalam kastil Edo adalah tempat yang mewah, diisi dengan ratusan orang yang berfungsi baik sebagai pasukan darurat, dan juga sebagai harem pribadi untuk shogun baru – seorang wanita bernama Yoshimune yang bertekad untuk memperbaiki ketidaksetaraan dan pemborosan yang merajalela di negaranya.

Opini Wibumesta

Mungkin, ini adalah salah satu genre shoujo yang tidak terlalu mainstream. Memang ini juga memiliki unsur sejarah namun kau tak perlu mengetahui sejarah yang sesungguhnya terjadi di Jepang untuk dapat menikmati cerita yang disuguhkan oleh manga ini.

Dalam kasus manga ini, beban mental yang diterima baik dari kaum hawa maupun adam memiliki masalah yang rumit. Khususnya dalam kastil edo yang di isi oleh para lelaki tampan yang seolah terpenjara dalam reverse-harem yang ada disitu. Yang perlahan juga memunculkan naluri-naluri liar yang ada pada manusia.

Rekomendasi Top 10 Manga Tentang Virus

10. Kansen Rettou

Kansen Rettou

Pengarang: Kakizaki, Masasumi
Genres: Drama, Horror, Psychological, Seinen
Volumes: 1
Diterbitkan: 2008

Sinopsis

Matsuoka Tsuyoshi telah melihat banyak virus dalam hidupnya menjadi dokter UGD. Namun, suatu hari ketika ia berurusan dengan seorang pasien dengan apa yang tampak sebagai influenza, Matsuoka terpana melihat kekuatan virus. Pasien dihari pertama sakit dan setelahnya di hari kedua, mati karena kegagalan banyak organ. Jika ini tidak cukup mengkhawatirkan, pasien yang terinfeksi ini bukan satu-satunya karena banyak yang masuk ke rumah sakit dengan gejala yang sama! Dengan tingkat infeksi Jepang mencapai angka tinggi, ini tergantung oleh dokter seperti Matsuoka untuk melihat apakah ada cara untuk menghentikan infeksi agar tidak memusnahkan Jepang.

Opini Wibumesta

Cerita dalam manga ini yang membahas tentang virus Influenza, memang terbilang sangat ekstrem jika terjadi dalam kehidupan nyata. Khususnya jika penyebarannya sangatlah mudah hanya lewat perantara udara. Setiap yang terekan, akan dipastikan mati. Namun memang pada dasasrnya virus jenis seperti tidaklah tidak mungkin untuk tidak muncul dalam kehidupan nyata, mengingat setiap hari selalu ada perubahan yang terjadi.

9. Emerging

Emerging-manga

Pengarang: Hokazono, Masaya
Genres: Drama, Horror, Psychological, Seinen
Volumes: 2
Diterbitkan: 2004

Sinopsis

Jepang, oleh banyak orang, dianggap sebagai salah satu negara terbaik di sekitar. Dengan model sistem pemerintahan dan pencegahan krisis, Jepang tampaknya hampir tahan terhadap ancaman skala besar. Namun, bagaimana jika virus menyebar dan mulai menginfeksi daerah yang lebih besar seperti Shinjuku? Bagaimana tanggapan Jepang dan apakah ada cara untuk menghindari kepanikan massal? Cari tahu di Emerging di mana beberapa pria dan wanita berlomba melawan waktu untuk mencegah Jepang dari kehancuran akibat wabah virus.

Opini Wibumesta

Cerita manga ini memang terbilang memiliki konsep yang sama dari sebelumnya. Serangan virus dan wabah yang menyebar dari hanya sentuhan dan juga udara dapat memberikan ancaman yang luar biasa yang bisa menghancurkan negara, bahkan dunia.

Dan ini terbukti dalam kehidupan nyata, yang berdampak memberikan kepanikan dan juga penurunan ekonomi yang membuat negara tidak lagi aman. Jika infeksi yang terus menyebar semakin parah, dan sumber daya semakin menipis, akan sangat sulit untuk orang-orang yang tak memiliki jalan lain selain mengambil tindakan ekstreme untuk bertahan hidup, atau pun menghidupi keluarganya.

8. Apocalypse no Toride (Fort of Apocalypse)

apocalypse-no-toride-manga

Pengarang: Kuraishi, Yuu- Inabe, Kazu
Genres: Action, Mystery, Horror, Sci-Fi, Shounen, Psychological
Volumes: 10
Diterbitkan: Sep, 2011- Aug, 2015

Sinopsis

Yoshiaki Maeda di fitnah secara hukum atas kasus pembunuhan dan telah dikirim ke Pusat Penahanan Remaja Akademi Shouran. Di sini Maeda dimasukkan ke dalam Sel 4 dan sementara ia berteman dengan beberapa teman satu selnya, ia tidak senang mengetahui adanya perebutan kekuasaan yang terjadi di pusat penahanan. Sayangnya bagi Maeda, ini hanyalah awal dari hal-hal buruk yang akan datang. Di luar pusat penahanan, sebuah virus telah mulai menyebar mengubah orang menjadi zombie dan sebuah bus datang ke pusat penahanan membawa lebih banyak tahanan yang membawa salah satu …

Opini Wibumesta

Saat tempat yang awalnya terisolasi dan akan aman dari serangan luar, namun tiba-tiba saja karena satu orang yang membawa virus, semuanya berubah bagaikan bencana. Cerita dengan konsep zombie memanglah sangat mainstream, tapi ini tidak menutup kemungkinan bahwa virus berbahaya dapat menyebar dengan sangat agresif dan cepat hanya dengan satu inang manusia yang tidak sehat.

Dari satu virus itu, sekuat apapun pertahanan negara, saya rasa akan sulit untuk menghindarinya, dan ini sepertinya sudah terbukti dalam kehidupan nyata, dimana satu inang manusia yang membawa virus, dapat memporak-porandakan kesehatan dan juga kewarasan sosial.

7. Kamiyadori

Kamiyadori-manga

Pengarang: Sanbe, Kei
Genres: Action, Drama, Ecchi, Seinen, Sci-fi, Shounen
Volumes: 5
Diterbitkan: Mar, 2004- Mar, 2006

Sinopsis

Dunia yang dulunya indah telah menjadi mimpi buruk yang nyata. Setelah virus biologis menyebar, manusia mulai berubah menjadi monster. Monster yang disebut Kamiyadori ini harus dibunuh untuk mencegah umat manusia dari 100% dimusnahkan. Dengan demikian, sebuah kelompok bernama Right Arms telah memberikan individu versi minor dari virus Kamiyadori untuk memberi mereka kekuatan yang ditingkatkan. Sebagai agen Rights Arms, para pejuang ini harus menggunakan kekuatan mereka untuk membunuh Kamiyadori dan menyelamatkan apa pun yang tersisa di dunia.

Opini Wibumesta

Itulah yang kita sebut pahlawan, berjuang keras untuk membasmi virus-virus yang ada untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia, biarpun memang ada saja niat yang berbeda dalam setiap individu, namun rasa ingin menyelamatkan dan memberikan bantuan kepada orang lain sangatlah harus diberi apresiasi. Bagaikan dokter dan perawat medis yang rela menghabiskan waktunya untuk menyembukan penyakit, mereka (Right Arms) berjuang dan mempertaruhkan hidupnya untuk menyelamatkan umat manusia yang tersisa di dunia itu.

6. I Am a Hero

I-Am-a-Hero-manga

Pengarang: Hanazawa, Kengo
Genres: Drama, Horror, Psychological, Seinen
Volumes: 22
Diterbitkan: Apr, 2009- Feb, 2017

Sinopsis

Hideo Suzuki yang berusia 35 tahun adalah mangaka yang hebat pada suatu waktu. Namun, setelah seri Hideo mulai menghasilkan angka penjualan yang mengerikan, ia diturunkan menjadi asisten mangaka. Dengan banyak masalah mental dan pacar yang mungkin selingkuh, kehidupan Hideo telah mencapai titik terendah. Padahal hidup bagi Hideo hanya bertambah buruk ketika Jepang diliputi dengan zombie. Sekarang Hideo perlu entah bagaimana menjadi pahlawan dan mungkin mengubah hidupnya menjadi lebih baik terlepas dari keadaan yang mengerikan di sekitarnya.

Opini Wibumesta

Sangatlah sulit untuk seseorang yang telah jatuh kedalam titik keterpurukkan untuk bangkit, apalagi memiliki niat untuk memberikan bantuan ditengah gejolak wabah zombie yang melanda. Tekad yang kuat dan rasa ingin bangkit untuk memberikan bukti bahwa dia adalah se sosok yang masih berharga dan berhati mulia biarpun keadaan sekitar sangatlah tidak ramah.

Cerita zombie yang satu ini memang sangat menarik saat menceritakan bagaimana proses manusia yang telah jatuh berusaha bangkit kembali. Dengan sentuhan gaya penggambaran yang membuat berdebar-debar menjadi salah satu alasan cerita ini layak untuk untuk dibaca.

5. Alive: Saishuu Shinkateki Shounen (Alive- The Final Evolution)

New-Edition-Alive-Saishu-Shinkateki-Shonen-manga

Pengarang: Kawashima, Tadashi- Adachitoka
Genres: Adventure, Sci-Fi, Shounen, Supernatural
Volumes: 21
Diterbitkan: Oct, 2003- Feb, 2010

Sinopsis

Alive: Saishuu Shinkateki Shounen memfokuskan kisah kami pada seorang pria muda bernama Taisuke Kanou. Dengan kehidupan sekolah menengah yang normal dan banyak teman yang normal, kehidupan untuk Taisuke tampaknya cukup rata-rata. Padahal normalitas ini hancur suatu hari ketika infeksi misterius mengubah dunia. Mereka yang terinfeksi cenderung melakukan bunuh diri tetapi sebagian kecil yang terinfeksi akhirnya mengalami perubahan. Perubahan ini terjadi di Taisuke dan sekarang dengan kekuatan khusus ia harus berjuang bersama orang lain untuk menjaga teman-teman dan hidupnya sendiri dari dihancurkan oleh mereka yang ingin menyalahgunakan “hadiah” ini.

Opini Wibumesta

Jika virus ini memang benar-benar ada, tidak bisa dibayangkan akan seberapa parah kerusakan yang terjadi di muka bumi ini, terlebih lagi jika penyebaran virusnya cepat.

Virus ini seolah merupakan senjata dari alien yang menginfeksi orang-orang untuk melakukan tindakan bunuh diri jika seseorang yang terinfeksi terlalu lemah untuk menerima virus tersebut, namun jika dia cukup kebal, virus ini mungkin bisa disebut sebagai “hadiah” atau anugrah untuk melakukan tindakan yang tidak seharusnya tidak dilakukan.

4. Dawn: Tsumetai Te

Dawn-Tsumetai-Te-manga

Pengarang: Ueda, Shinshu
Genres: Drama, Horror, Josei
Volumes: 6
Diterbitkan: Apr, 2002- Aug, 2007

Sinopsis

Pernah dengar pepatah lama ini? Sejarah pasti akan terulang? Bagi Nagasawa Takashi, dia akan belajar tentang kengerian pernyataan itu. Virus lama yang dikenal sebagai Nightshift telah kembali ke dunia. Setelah terinfeksi, kamu akan berubah menjadi zombie yang mengerikan dan itu berarti bagi Takashi dan teman-temannya saatnya untuk berperang melawan wabah zombie.

Opini Wibumesta

Sejarah puluhan tahun yang lalu, wabah yang menginfeksi dan menewaskan banyak manusia yang ada di muka bumi ini, itu adalah sejarah, dan sejarah memang tak menutup kemungkinan jika tak akan pernah terulang kembali. Pepatah itu tetap akan sangat pantas bahkan untuk digunakan dalam kehidupan nyata. dan sejarah juga bisa menjadi acuan untuk tidak melaukan tindakan bodoh agar dimasa mendatang tidak perlu ada yang disesali.

3. Biomega

Biomega-manga

Pengarang: Nihei, Tsutomu
Genres: Action, Horror, Sci-Fi, Seinen
Volumes: 6
Diterbitkan: Jun, 2004- Jan, 2009

Sinopsis

Suatu waktu di masa depan infeksi yang mengerikan mulai menyebar di dunia. Diberi nama oleh manusia sebagai Infeksi NSS, mereka yang terinfeksi mulai berubah. Virus mulai mengubah yang terinfeksi dan mengubah tubuh mereka menjadi sekam bermutasi. Tanpa obat, Infeksi NSS mulai membuat dunia menjadi gurun penuh zombie. Zouichi Kanoe dan mitra AI-nya Fuyu Kanoe disewa oleh Toha Heavy Industries untuk mencari mereka yang kebal seperti Zouichi. Bersama-sama keduanya harus memasuki lanskap yang mengerikan untuk mencari cara untuk menghentikan kepunahan umat manusia.

Opini Wibumesta

Cerita zombie ini terbilang sedikit berbeda dari zombie-zombie sebelumnya, khususnya dalam penggambaran terror dari virus yang membuat orang-orang menjadi zombie. Karena zombie disini jauh lebih horror dan jauh lebih mengerikan dari apa yang bisa dibayangkan terhadap kebanyakan zombie yang lain. Dengan beragam twist cerita yang memberikan ketegangan, penyebaran virus NSS ini sangat mengerikan dan juga menarik untuk dibaca.

2. Bloody Monday

Bloody-Monday-manga

Pengarang: Kibayashi, Shin- Megumi, Kouji
Genres: Action, Drama, School, Sci-Fi, Shounen, Psychological
Volumes: 11
Diterbitkan: Mar, 2007- Apr, 2009

Sinopsis

Jauh di tanah Rusia, tercipta virus bernama Bloody X. Begitu seorang korban terinfeksi virus itu, mereka akan musnah dalam waktu 3 jam. Sayangnya bagi dunia, virus telah dibawa ke tangan organisasi teroris. Dengan informasi yang hanya terlihat di ruang online pemerintah Jepang terpaksa mengambil tindakan. Menyewa Fujimaru Takagi muda — dikenal secara online sebagai peretas terkenal The Falcon — Fujimaru harus buru-buru memecahkan serangkaian misterius untuk mencegah umat manusia dari infeksi virus mematikan ini.

Opini Wibumesta

Bayangkan jika kamu menjadi satu-satunya penyelamat untuk mempertahankan umat manusia dari virus yang mengerikan. Hanya butuh waktu 3 jam setelah terinfeksi dan yang terinfeksi akan langsung mati? memang penyebaran virus ini tidak secepat gigitan dari zombie yang dapat mengubah manusia normal menjadi zombie tak berpikiran. Namun kematian yang hanya membutuhkan waktu 3 jam perlu diperhatikan dan ditangani dengan serius. Karena manga ini juga merupakan perlombaan waktu. Secepat mungkin untuk mendapatkan informasi untuk mencegah dan melawan virus itu.

1. Higurashi no Naku Koro ni: Onikakushi-hen

Higurashi-no-Naku-Koro-ni-Onikakushi-hen-manga

Pengarang: Suzuragi, Karin- Ryukishi07
Genres: Mystery, Drama, Horror, Psychological
Volumes: 2
Diterbitkan: Mar, 2005- Mar, 2006

Sinopsis

Keiichi Maebara pergi bersama keluarganya dari kota ke kota kecil bernama Hinamizawa. Di sini, di tahun 1983, kota ini tampaknya hampir terisolasi dari dunia luar dengan perasaan tenang dan gaya lama yang menakutkan. Meskipun cepat, Keiichi mampu memanfaatkan rumah barunya dan bahkan berteman dengan sekelompok gadis seperti Rena Ryuuguu dan Mion Sonozaki. Namun, Hinamizawa memiliki masa lalu kelam yang tersembunyi jauh didalam lubuk hatinya. Apakah dia mau atau tidak, Keiichi akan mempelajari kegelapan yang membayangi Hinamizawa ketika ia dan teman-temannya mulai mengalaminya secara langsung …

Opini Wibumesta

Sindrom Hinamizawa, virus aneh yang tidak diketahui dengan cara apa virus ini dapat menginfeksi, namun hal yang terlihat jelas adalah orang-orang yang terinfeksi mengalami halusinasi yang cukup berat. Biarpun ada yang berpendapat manga ini bukanlah tentang virus, namun ini juga masih menjadi manga dengan genre misteri dengan unsur horror dan kengerian yang dapat membuat bulu kuduk mu bangkit.

Nominasi Manga Yang Membahas Virus (Khusus)

Sejenak kami berpikir list yang kami buat serasa tidak lengkap jika tidak menyebutkan satu franchise yang sempat tenar beberapa waktu lalu. Sebuah cerita yang cukup unik, bagaimana jika cerita yang di ambil bukanlah dari sudut pandang manusia ataupun monster. Melainkan dari virus-virus itu sendiri ataupun sel-sel yang bertahan untuk hidup dari serangan virus.

Inilah dua manga dari satu franchise yang sama yang ingin kami hadirkan

Hataraku Saibou

Hataraku Saibou

Pengarang: Shimizu, Akane
Genres: Komedy, Shounen
Volumes: ?
Diterbitkan: Januari 2015

Sinopsis:

Di dalam tubuh manusia dikatakan ada sekitar 60 juta sel. Sel darah putih, sel darah merah, trombosit, makrofag, sel memori, sel T pembunuh, sel pembunuh alami, sel B, sel mast dan banyak lagi!

Semua sel yang berbeda ini bekerja tanpa lelah di dalam tubuh, tidak pernah beristirahat sejenak, kapan saja mau melawan invasi entitas asing seperti kuman dan virus sampai akhir yang pahit!

Hataraku Saibou Black

Hataraku Saibou Black (TV)

Pengarang: Harada, Shigemitsu , Hatsuyoshiya, Issei
Genres: Seinen, Aksi
Volumes: ?
Diterbitkan: Juni 2018

Sinopsis:

Manga mengikuti jejak Hataraku Saibou, tetapi diatur di dalam tubuh seseorang yang minum terlalu banyak alkohol, merokok, memiliki stres tinggi, kolesterol dan aktivitas fisik yang tidak mencukupi, dengan sel-sel berjuang untuk memenuhi tugas mereka, dan di mana kemungkinan sel mati adalah realitas sehari-hari.

Opini tentang Hataraku Saibou dan Hataraku Saibou Black

Kedua manga tersebut memang dari satu franchise yang sama, namun mereka memiliki cerita yang unik dan berbeda dari satu kesatuan. Yang satu kehidupan yang sehat dan penuh warna, dan yang satu bagaikan dunia yang kelam dari tubuh yang tidak dapat menjaga kesehatan.

Dalam Hataraku ini, diceritakan bagaimana beratnya menjadi sel-sel yang berjuang keras setiap hari untuk menjaga tubuh tetap dalam keadaan baik, atau tetap berusaha untuk sebisa mungkin mempertahankan fungsi-fungsi sel yang ada. Seperti pekerjaan salah satu virus yang bertugas untuk melawan virus. Namun salah satu yang cukup menyayat hati adalah tentang ironi mengapa virus yang sama sekali dilahirkan harus segera dibunuh. Mereka seolah memiliki perasaan. Memang ada juga bakteri bakteri yang jahat, namun kita juga perlu mempertimbangkan tentang bakteri yang baik.

Dari kedua manga tersebut juga, kita bisa membayangkan tentang seorang manusia dengan pola hidup sehat dan yang tidak sehat. Kejadian ini sangatlah nyata dalam kehidupan. Orang-orang yang memiliki pola hidup sehat, aktivitas yang dilakukan sel pada manga tersebut tidaklah se suram manga sebelah, yang tiap hari bagaikan medan tempur agar dapat membuat semua organ-organ dan system yang ada manusia tetap berfungsi dengan semestinya.

Untuk menyikapi itu, mari sama-sama kita berusaha untuk menjadi pribadi yang sehat. Untuk yang sudah melakukan itu, kalian adalah orang-orang yang baik.

Akhir Kata

Yah, Kami berterima kasih kepada HoneyAnime untuk artikel yang berjudul Top 10 Manga Viruses [Best Recommendations] untuk referensi seputar manga yang membahas tentang Virus dan Anime-Planet untuk daftar Pandemic manga yang memberikan referensi tentang Pandemic dan juga MyAnimeList untuk Cells at Work! dan Cells at Work! Code Black yang telah memberikan banyak informasi hingga akhirnya artikel tentang Manga Tentang Virus Dan Pandemic ini jadi, biarpun masih banyak kekurangannya. Silahkan hubungi tim editorial kami di editorial@wibumesta.com untuk bertanya seputar apa saja. Atau kalian bisa berikan kritik dan saran pada kolom komentar di bawah ini.