Suzumiya Haruhi Pecahkan Teka-Teki Matematika Tak Terpecahkan Selama 25 Tahun

FaktaSuzumiya Haruhi no Yuuutsu
Suzumiya Haruhi Pecahkan Teka-Teki Matematika

Ada argumen fans lama tentang cara yang benar untuk menonton The Melancholy of Haruhi Suzumiya. Ketika musim anime pertamanya ditayangkan di TV pada tahun 2006, episodenya tidak ditayangkan dalam urutan kronologis. Anime ini kemudian dirilis dalam home video tetapi dengan episode ulang secara teratur berurutan. Urutan episode orisinalnya menambahkan elemen misteri ke seri yang sudah ada ESPers, penjelajah waktu, dan alien. Mengingat peristiwa supranatural terjadi di mana-mana, ada argumen yang harus dibuat tentang urutan episode yang lebih “benar.”

Seorang pengguna 4chan menanyakan sebuah pertanyaan sederhana pada tahun 2011 di forum science, “Manakah urutan yang paling efisien untuk menonton setiap episode pada anime The Melancholy on Haruhi Suzumiya yang berjumlah 14 episode?”. Tidak ada yang menyangka jika jawaban dari pertanyaan itu sangat berguna untuk diterapkan di dunia nyata dan di luar dari komunitas anime tersebut, anime Suzumiya Haruhi pecahkan teka-teki matematika, terlebih lagi membantu memecahkan teka-teki membingungkan para ahli matematika selama 25 tahun terakhir.

Berawal Dari Ketidaksengajaan Pertanyaan Anime

Seorang ilmuwan komputer dan matematikawan Robin Houston menemukan pertanyaan di halaman wikia Matematika dan Sains dan men-tweet tentang itu. Seorang pengguna 4chan anonim telah menawarkan solusi untuk pertanyaan tersebut dan secara tidak sengaja juga membantu memecahkan bagian dari persamaan matematika yang berfokus pada superpermutasi.

Penayangan TV yang berantakan tersebut kadang dinamai Kyon Order dan yang teratur (home video) kadang dinamai Haruhi Order. Sesuatu yang aneh tapi tak begitu diprotes karena ini justru menambah elemen misteri dan puzzle pada anime tersebut. Anggap 1 permutasi adalah Kyon Order dan 1 lagi adalah Haruhi Order, jadi sebuah Superpermutasi adalah dengan menonton setiap permutasi tunggal anime Haruhi dalam sekali duduk. Solusi ini bisa membantu pencarian formula pengkalkulasian superpermutasi terpendek, dan juga telah disetujui oleh matematikawan professional Jay Pantone.

Dalam 25 tahun terakhir, belum ada pemikiran yang menemukan rumus untuk menghitung supermutasi terpendek. Tetapi Haruhi Problem telah membantu pencarian itu. Greg Egan, seorang penulis fiksi ilmiah, juga membuat terobosan pada awal bulan Oktober 2018 dengan mencari tahu bagaimana menemukan kemungkinan superpermutasi terbesar.

Ahli matematika profesional telah mengecek ulang jawaban dari pengguna anonim tersebut dan ia memeriksanya. Jay Pantone dari Universitas Marquette menawarkan penulisan ulang dari bukti jawaban untuk matematikawan lainnya.

Rumus superpermutasi belum selesai, tetapi berkat terobosan oleh penggemar Haruhi anonim dan Egan, para matematikawan mendekati titik terang.

Situs The Verge bertanya pada Pantone untuk mengkalkulasi superpermutasi anime Suzumiya Haruhi yang sependek mungkin, dan ditemukan kalau penonton perlu melihat anime Haruhi kira-kira sebanyak 93.884.313.611 episode. Jumlah yang membuat penonton bisa merasakan apa yang terjadi pada karakter Nagato Yuki dalam kisah Endless Eight.

Jika anime Suzumiya Haruhi saja mampu memberikan inspirasi untuk pecahkan rumus teka-teki matematika, tak menutup kemungkinan akan ada anime lain yang mengikuti jejaknya.

Ref: ANN, AkibaNation