Ensiklopedia & FaktaJepang

Mengenal Susanoo, Nama Dewa yang Dipakai dalam Anime Naruto

0
Mengenal Susanoo, Nama Dewa yang Dipakai dalam Anime Naruto 1

Dewa Susanoo atau nama lengkapnya Takehaya Susanoo-no-Mikoto. Sudah bukan rahasia umum lagi kalau clan uchiha dalam anime naruto banyak menggunakan nama-nama dewa dalam karakter maupun jurus-jurusnya. Beberapa waktu lalu kita sudah membahas dewi Amaterasu yang namanya dipakai dalam anime Naruto khususnya jurus khusus clan uchiha. Dan ternyata masih ada nama dewa dalam mitologi agama Shinto, dia adalah Dewa Susanoo atau menurut mitologi Shinto dewa laut dan petir. Dalam anime naruto, Susanoo digunakan untuk nama jurus yang bisa dibilang sangat Uchiha banget. Jurus ini berupa aura yang biasanya berwarna ungu(ada juga hijau milik shisui, biru milik kakashi, merah milik itachi) dan memiliki bentuk yang berbeda-beda tergantung penggunanya. Jurus ini bisa digunakan ketika mata sharinggan sudah bertransformasi menjadi mangekyou sharinggan yang notabene memiliki syarat yang unik.

Untuk catatan tentang dewa Susanoo sendiri ada dalam buku kojiki pada tahun 680 M dan 720 M di buku Nihongi.

Seperti yang kita tau dari artikel saya sebelumnya yang berjudul SEJARAH DEWI MATAHARI(AMATERASU)SECARA SINGKAT bahwa Dewa susanoo yang tidak lain adalah saudara dari dewi Amaterasu dan lahir kehika ayahnya membasuh hidung dengan tujuan mennyucikan diri setelah pulang dari dunia bawah untuk menyelamatkan istrinya. Kelahiran Dewa Susanoo juga berbarengan dengan dewi izanami yang melahirkan dewa-dewi lainnya. Dewa susanoo juga merupakan (Tiga Anak Terhormat) bersama dua saudara lainnya yaitu dewi Amaterasu(dewi matahari) dan dewa Tsukoyomi(dewa bulan). Meskipun seorang dewa, Susanoo dikenal sebagai dewa yang destruktif dan penipu sehingga dikenas sebagai penipu ulung.

Meskipun dewa ini dikenal sebagai penipu ulung yang buruk tapi Susanoo juga memberikan banyak manfaat kepada manusia, salah satunya adalah memberikan ilmu agrikultura.

Susanoo

“Susanoo sang dewa laut”

Izanagi yang tidak lain adalah ayah Susanoo memberi perintah kepadanya untuk menjaga lautan, namun Susanoo malah pergi ke dunia bawah atau neraka untuk menjenguk ibunya yang gagal diselamatkan oleh Izanagi. Karena kelakuan Susanoo yang absurd maka ia langsung diusir. Setelah itu Susanoo menjenguk saudara perempuannya Amaterasu(dewi matahari), tapi Amaterasu tidak menyambut baik karena Susanoo yang dikenal pembohong dan masalah yang dibuat Susanoo kepada ayah mereka. Tapi Susanoo tidak mudah menyerah, ia malah menantang Amaterasu jika ia(Susanoo) bisa melahirkan 5 dewa maka Amaterasu harus memaafkannya. Kemudian Susanoo mengambil 500 perhiasan saudaranya dan menelan, dan memuntahkannya untuk melahirkan 5 dewa.

Ada juga kisah tentang dewa Susanoo yang turun ke sebuah daerah bernama Izumo untuk menolong keluarga malang yang akan mengorbankan anak mereka. Melihat hal itu Susanoo langsung membantu mereka dengan mengalahkan ular raksasa berkepala delapan Yamata-no-orochi, atas usahanya itu ia mendapatkan pedang sakti bernama Kusanagi. Kemudian gadis yang Susanoo tolong dari Yamata no orochi dinikahinya dan melahirkan banyak dewa dan dewi, dan salah satu dewa dewi yang dilahirkan oleh istri Susanoo yang paling terkenal adalah Okuninushi. Lalu ada juga kisah dari cacatan Kojiki yang menceritakan bahwa dewa Susanoo membunuh dewa makanan yang membuat ia menjadi dewa di dunia bawah atau neraka, dan masih banyak kasus yang membuat Susanoo menjalani persidangan sampai akhirnya dikirim ke Okuninushi.

Mengenal Susanoo, Nama Dewa yang Dipakai dalam Anime Naruto 2

“dewa susanoo melawan yamata no orochi

Kisah di atas merupakan versi cerita Amaterasu dari catatan Kojiki dan Nihongi. Ada juga versi dari Prefektur Shimane yang tentunya sangat berbeda dari cerita versi Kojiki dan Nihongi. Hal itu bisa kita lihat dari tradisi oral di kuil Izumo yang mengaitkan Susanoo sebagai tokoh budaya dari wilayah semenanjung korea yang memiliki peran dan jasa yaitu memperkenalkan metalurgi dan penanaman kembali hutan yang gundul atau saat ini disebut reboisasi. Ada banyak kuil Shinto yang ditujukan dan didedikasikan kepada Susanoo. Menurut perbandingan antara sejarah korea dan material yang ditemukan di Shimane,Jepang. Wilayah Shimane pernah atau telah mengadakan hubungan baik dengan wilaya barat daya dari semenanjung korea.

Mengenal Susanoo, Nama Dewa yang Dipakai dalam Anime Naruto 3

“susanoo dalam anime naruto”

Susanoo juga memiliki popularitas yang lumayan luas, banyak figur Susanoo yang sudah tercipta dan dikenal masyarakat luas. Karakter Susanoo sudah banyak di adaptasikan sebagai Anime, game, film dan lain-lain. Salah satu yang paling terkenal yang bahkan orang tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang Jepang tau akan hal ini, yak sepertu yang di paparkan di awal artikel bahwa Susanoo dijadikan sebagai nama jurus di anime shounen terkenal karya Masashi Kishimoto (Naruto). Selain anime naruto ternyata Susanoo juga diadaptasi di anime Gundam yang terkenal dengan nama GNX-Y901TW Susanoo, ada juga di anime Yu-Gi-Oh sebagai kartu yang bernama Superheavy Koujin Susano-O.

Baca juga : kaisar Jimmu, kaisar pertama Jepang pewaris Amaterasu | sejarah dewi matahari[Amaterasu] secara singkat.

 

referensi :

Wikipedia | britanica.Com

Andi kunz
Seorang penulis pemula yang berusaha untuk tidak menjadi beban keluarga

    Mengenal Sejarah Sang Dewi Matahari, Amaterasu

    Previous article

    Murakumogiri, Pedang Legendaris Shirohige yang Mampu Berduel dengan Pedang Ace Roger

    Next article

    You may also like

    Komentar