Suka Main Game Among Us? Ini 7 Rekomendasi Anime yang Mirip dengan Game Among Us

SimakAnimeAnotherBoku dake ga Inai MachiDanganronpaDetective ConanRokka no YuushaSubete ga F ni NaruUmineko no Naku Koro ni
Suka Main Game Among Us? Ini 7 Rekomendasi Anime yang Mirip dengan Game Among Us 1

Akhir-akhir ini, game Among Us menjadi sebuah topik trending sebagai game yang paling banyak diunduh sepanjang tahun 2020. Jumlah unduhan pada game ini mulai melonjak sejak Agustus lalu, dan berhasil menyandang gelar sebagai game terpopuler sepanjang tahun 2020 dengan total unduhan sebanyak 85 juta kali menurut riset dari situs Sensor Tower.

Among Us merupakan sebuah game berlatar di sebuah kapal luar angkasa, dimana isinya adalah kru yang sedang bertugas dalam sebuah perjalanan di antariksa. Total kru dalam 1 kapal biasanya ada 10 orang atau kurang. Dan diantara kru tersebut, ada seorang impostor, atau istilah lainnya adalah penjahat yang menyamar ikut bekerja sebagai kru, dan tugas penjahat itu adalah sebisa mungkin membunuh anggota kru di kapal tersebut tanpa ketahuan oleh orang lain.

Syarat untuk menyelesaikan game ini adalah berhasil menebak siapakah sang impostor tersebut jika peran kita adalah kru normal, atau berhasil membunuh seluruh anggota kru tanpa ketahuan jika peran kita adalah impostor.

Nah, buat kalian yang gemar memainkan Among Us, Wibumesta bakal merekomendasikan 7 anime yang jalan ceritanya mirip banget dengan game Among Us, yaitu mencari sang impostor! Penasaran? Berikut daftar nya.

1. Another

Suka Main Game Among Us? Ini 7 Rekomendasi Anime yang Mirip dengan Game Among Us 2

Another menceritakan tentang SMP Yomiyama Utara yang dikutuk karena kisah 26 tahun yang lalu, dimana ada seorang murid bernama Misaki kelas 3-3 yang sangat disukai oleh guru dan teman-temannya karena baik hati, serta pintar dalam akademik maupun olahraga. Suatu hari, Misaki mengalami kecelakaan dan nyawanya tidak tertolong. Guru serta murid sekolah tersebut tidak dapat menerima kabar tersebut. Mereka menyangkal keberadaan Misaki yang telah tiada dan tetap menganggap seolah-olah Misaki masih hidup. Bahkan saat sesi berfoto saat upacara kelulusan pun, guru rela menyediakan sebuah kursi kosong yang dianggap sebagai tempat untuk Misaki. Perlakuan mereka itu selanjutnya membuat sosok Misaki turut muncul dalam foto kelas di album kelulusan.

Semenjak hari itu, SMP Yomiyama Utara mendapat kutukan, dimana kutukan nya adalah pada kelas 3-3, ketika jumlah murid yang terisi adalah 30 orang (total keseluruhan murid dalam satu kelas), maka hal-hal seperti kasus kematian mendadak akan terjadi di sekolah tersebut. Dan untuk menyingkirkan kutukan tersebut, mereka harus memilih 1 orang di kelas tersebut untuk dianggap tidak ada, agar bisa mengisi tempat arwah Misaki yang masih bersemayam.

Sebenarnya di tiap angkatan, kasus arwah yang masih bersemayam berbeda-beda. Arwah tersebut masih bersemayam karena tidak rela untuk pergi meninggalkan dunia. Maka dari itu, sang arwah pun menjadi impostor dan menyamar diantara murid.

Meniadakan 1 orang di kelas bukanlah cara efektif agar kutukan tersebut hilang. Karena apabila ada seseorang di kelas 3-3 yang berinteraksi dengan murid yang dianggap tidak ada, maka kutukan nya akan kembali datang. Cara permanen untuk menghilangkan kutukan nya adalah dengan menebak langsung siapakah murid yang menyamar tersebut.

Nah, kira-kira menurut kalian siapakah sang impostor pada anime ini? Anime ini menyisipkan genre Horror, Mystery, dan Thriller. Jadi harap persiapkan mental kalian sebelum menonton nya ya!

2. Boku dake ga Inai Machi (Erased)

Suka Main Game Among Us? Ini 7 Rekomendasi Anime yang Mirip dengan Game Among Us 3

Menceritakan Satoru Fujinuma, seorang pekerja paruh waktu yang memiliki kemampuan time travel (menjelajah waktu). Ia bisa memundurkan waktu sesaat sebelum terjadi suatu bencana di sekitarnya. Suatu hari, ibu Satoru datang mengunjungi nya ke rumah. Keesokan harinya, ibu nya terbunuh di rumah Satoru, dan malangnya Satoru lah yang dianggap sebagai tersangka. Berniat kabur dengan mengulang waktu, Satoru yang biasanya memundurkan waktu beberapa saat, tanpa sengaja malah kembali ke waktu saat ia masih kelas 5 SD. Satoru bertekad untuk menyelamatkan ibunya, yang ternyata merupakan korban dari pembunuhan berantai yang terus berlanjut sejak ia kelas 5 SD.

Anime ini cocok buat kalian yang tertarik dengan genre Mystery dan Supranatural. Di anime ini, sebenarnya tiap karakter tidak saling menuduh siapakah sang impostor. Melainkan penonton lah yang dibuat penasaran nantinya, siapakah impostor atau dalang dibalik pembunuhan berantai ini?

3. Danganronpa: The Animation

Suka Main Game Among Us? Ini 7 Rekomendasi Anime yang Mirip dengan Game Among Us 4

Bercerita tentang Naegi Makoto dan ke-14 murid lainnya yang masing-masing memiliki bakat spesial. Suatu hari, mereka dikurung dalam gedung sekolah oleh boneka beruang bernama Monokuma. Agar dapat keluar dari gedung tersebut, mereka harus saling bunuh satu sama lain. Awalnya tidak ada satupun yang berniat untuk saling bunuh, hingga pada suatu hari, ada salah satu dari mereka yang menjadi kasus korban pembunuhan pertama. Mereka pun langsung menggelar diskusi untuk mencari motif pelaku dan menebak siapa diantara mereka yang merupakan dalang dari pembunuhan ini.

Anime ini bisa dibilang merupakan anime yang paling mirip dengan game Among Us. Diskusi untuk menebak siapa pelaku serta saling menguatkan alibi pada anime ini juga sangat terasa, karena tidak memiliki batasan waktu. Anime ini sangat cocok buat kalian yang suka dengan jalan cerita berupa penyelidikan dan investigasi.

4. Detective Conan

Suka Main Game Among Us? Ini 7 Rekomendasi Anime yang Mirip dengan Game Among Us 5

Shinichi Kudou, seorang siswa sekolah menengah dengan bakat luar biasa dalam pekerjaan detektif, terkenal karena telah memecahkan beberapa kasus yang menangtang. Suatu hari, ketika Shinichi melihat dua pria yang mencurigakan dan memutuskan untuk mengikuti mereka, dia secara tidak sengaja menjadi saksi aktivitas ilegal yang mengganggu. Sayangnya, dia tertangkap basah, jadi orang-orang itu memberinya obat percobaan yang diformulasikan oleh organisasi kriminal mereka, meninggalkannya sampai mati. Namun, dengan herannya sendiri, Shinichi hidup untuk melihat hari lain, tetapi sekarang dalam tubuh seorang anak berusia tujuh tahun.

Dengan menjaga kecerdasan aslinya, dia menyembunyikan identitas aslinya dari semua orang, termasuk teman masa kecilnya Ran Mouri dan ayahnya, detektif swasta Kogorou Mouri. Untuk tujuan ini, ia mengambil nama samaran Conan Edogawa, terinspirasi oleh penulis misteri Arthur Conan Doyle dan Ranpo Edogawa.

Detective Conan mengikuti Shinichi yang, sebagai Conan, diam-diam mulai memecahkan kasus Mouri senior dari belakang layar dengan keterampilan detektifnya yang masih luar biasa, sambil secara diam-diam menyelidiki organisasi yang bertanggung jawab atas keadaannya saat ini, berharap untuk membalikkan efek obat itu suatu hari nanti.

Kalian pasti tentunya sudah sering mendengar tentang anime satu ini. Cerita penyelidikan kasus pada anime ini sangat banyak dan cukup bikin penasaran, dijamin kalian bakal puas menonton nya!

5. Rokka no Yuusha (Rokka: Braves of the Six Flowers)

Suka Main Game Among Us? Ini 7 Rekomendasi Anime yang Mirip dengan Game Among Us 6

Bercerita tentang Rokka no Yuusha (The Brave of Six Flowers) yang merupakan julukan untuk 6 orang yang terpilih langsung oleh dewi untuk mengalahkan Raja Iblis. Suatu hari, tiba saat dimana para Rokka no Yuusha yang berasal dari berbagai penjuru dan tidak saling mengenal satu sama lain berkumpul di satu tempat dalam rangka mengadakan pertemuan. Namun Rokka no Yuusha yang harusnya berjumlah 6 orang, kini berjumlah 7 orang pada pertemuan tersebut. Mereka pun berasumsi bahwa adanya pahlawan palsu diantara mereka, dan mulai saling mencurigai satu sama lain.

Tidak seperti anime yang ada di urutan sebelumnya, anime ini lebih mengedepankan genre Action dan Fantasy. Anime ini juga cocok untuk kalian yang suka dengan jalan cerita yang berisi pertarungan dengan monster. Anime ini dijamin bakal membuat kalian penasaran siapakah impostor yang ada pada anime ini.

6. Subete ga F ni Naru (The Perfect Insider)

Suka Main Game Among Us? Ini 7 Rekomendasi Anime yang Mirip dengan Game Among Us 7

Menceritakan tenang Saikawa Souhei, orang jenius yang bekerja di Saikawa Research Lab. Souhei memiliki seseorang yang sangat ia kagumi. Orang itu adalah Magata Shiki, seorang jenius yang mendapatkan gelar doktor pada usia 11 tahun.

Suatu hari, Souhei diajak oleh Nishinosono Moe yang merupakan anak dari mantan dosen nya dulu untuk mengunjungi laboratorium doktor Magata. Laboratorium tersebut berada di suatu pulau yang tidak sembarangan orang bisa memasukinya. Tentunya Souhei tidak mungkin menolak ajakan tersebut. Bersama anggota Lab yang lain, mereka pun mengunjungi laboratorium doktor Magata.

Namun sesampainya di sana, mereka langsung mendapatkan kabar bahwa telah terjadi pembunuhan tak terduga di area Laboratorium Magata. Korban tersebut ialah doktor Magata sendiri, yang berada di ruangan terkunci dan tidak pernah dibuka selama 15 tahun.

Dari sini lah Saikawa Souhei dan rekan-rekan nya akan menguak misteri kasus pembunuhan yang terjadi. Siapakah dalang dibalik pembunuhan misterius ini? Apakah ada seorang impostor diantara mereka?

Anime ini cocok untuk kalian yang suka melihat sosok karakter jenius yang bisa menguak kasus kejahatan.

7. Umineko no Naku Koro ni (Umineko When They Cry)

Suka Main Game Among Us? Ini 7 Rekomendasi Anime yang Mirip dengan Game Among Us 8

Anime ini mengisahkan sebuah keluarga yang sangat kaya raya bernama Ushiromiya. Mereka memiliki adat istiadat yang dilakukan setiap tahun, yaitu saling berkumpul dan selalu membicarakan tentang keuangan mereka masing-masing.

Suatu hari, mereka mendapatkan sebuah surat dari wanita misterius bernama Beatrice yang mengaku telah meminjamkan modal usaha berupa emas kepada sang kepala keluarga Ushiromiya, yaitu Ushiromiya Kinzo. Hal-hal aneh setelah surat tersebut diterima pun terjadi, seperti pembunuhan yang terjadi satu-persatu pada anggota keluarga Ushiromiya. Apakah yang sebenarnya terjadi? Apakah ada yang berkhianat diantara mereka? Apakah ada diantara mereka yang berniat mengambil alih kekuasaan keluarga Ushiromiya dengan cara yang tidak halal? Kalian bisa menemukan jawabannya setelah menonton anime ini.

Sama seperti anime Another, anime ini mengarah ke hal-hal gore dan penuh darah. Jadi harap persiapkan mental kalian sebelum menonton anime ini.

Itulah 7 rekomendasi anime yang jalan ceritanya mirip dengan game Among Us versi Wibumesta. Kalian juga punya saran anime yang mirip dengan game Among Us selain dari yang sudah di list-kan di atas? Silakan komentar di bawah ya~!

Baca juga artikel rekomendasi manga tentang COVIDS-19, eh virus maksudnya¬ huhu.