JepangSimak

Suka Kuliner Jepang? Ini 10 Film Dokumenter Yang Wajib Anda Tonton!

0
Suka Kuliner Jepang? Ini 10 Film Dokumenter Yang Wajib Anda Tonton! 1

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa banyak sekali orang yang menyukai Jepang. Dengan bermacam macam faktor yang membuat mereka menyukai Jepang mulai dari aspek kebudayaan hingga kuliner yang ada di Jepang. Tentu saja jika kita berbicara kuliner di benua Asia yang terlintas di pikiran kita pasti setidaknya ada beberapa makanan yang berasal dari Jepang. Nah jika kalian merupakan tipikal seseorang yang menyukai kuliner dari Jepang, kalian harus mencoba untuk menonton beberapa rekomendasi film dokumenter yang menyajikan cerita bertema kuliner Jepang. Penasaran kan? Berikut adalah list film dokumenter yang wajib anda tonton jika menyukai kuliner Jepang :

1. Salt, Fat, Acid, Heat (Episode: Salt)

Suka Kuliner Jepang? Ini 10 Film Dokumenter Yang Wajib Anda Tonton! 2

‘Salt, Fat, Acid, Heat’ adalah serial Netflix yang mengeksplorasi dasar-dasar memasak bersama chef Samin Nosrat. Di episode kedua, ‘Salt’, Nosrat melakukan perjalanan ke Jepang untuk mengeksplorasi garam sebagai bahan mentah dan bumbu masakan Jepang. Dipandu oleh Yuri Nomura dari restoran Tokyo yang terkenal, Eatrip, bersama dengan penulis buku masak dan penduduk lama Jepang Nancy Hachisu, Nosrat mengunjungi sebuah peternakan garam di Hiroshima dan bertemu dengan seorang ahli miso organik dan pembuat kecap generasi kelima. Ikuti perjalanan Nosrat dan temukan bagaimana garam Jepang dibuat dari rumput laut, miso itu lebih dari sekadar sup, dan bagaimana kecap asli bisa terasa kaya dan seperti karamel.

2. Chef’s Table (Episode: Niki Nakayama)

Suka Kuliner Jepang? Ini 10 Film Dokumenter Yang Wajib Anda Tonton! 3

Kata dalam bahasa Jepang kuyashii menggambarkan perasaan ketika seseorang menjatuhkan Anda dan Anda memiliki keinginan membara untuk berhasil membuktikan bahwa mereka salah – kata ini juga menggambarkan motivasi Niki Nakayama sebagai koki, seperti yang ditunjukkan dalam episode Chef’s Table ini.

Baca juga : Lagi Mempelajari Keunikan Negeri Jepang? Ini 4 Podcast Yang Wajib Kamu Dengar! – Wibumesta

Lahir di Los Angeles dari orang tua Jepang, Nakayama dibesarkan dalam keluarga di mana peran wanita hanya untuk mendukung pria. Bertekad untuk membuktikan kemandirian dan nilainya sendiri, Nakayama bekerja di Takao, sebuah restoran sushi terkenal di LA, kemudian pindah ke Jepang, di mana dia terpikat oleh masakan kaiseki. Sekarang menjalankan restorannya sendiri yang berbintang Michelin di Los Angeles, Nakayama menyajikan versi masakan kaiseki modernnya – makanannya sangat kreatif, tetapi perjalananlah yang menghasilkan semua itu.

3. The Birth of Sake

Suka Kuliner Jepang? Ini 10 Film Dokumenter Yang Wajib Anda Tonton! 4

Film dokumenter yang memikat ini menawarkan sudut pandang yang langka ke dalam kehidupan sebagai pekerja pembuat sake, diceritakan melalui musim di Tedorigawa, pabrik pembuatan sake berusia 144 tahun di prefektur Ishikawa. Ikuti proses pembuatan sake dari awal hingga akhir, yang masih dikerjakan dengan tangan di Tedorigawa, dan dapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang kompleksitas pembuatan minuman nasional Jepang yang lembut. Pekerjaan yang melelahkan, jam-jam yang mengerikan, dan cuaca yang buruk diimbangi dengan adegan-adegan yang mengungkapkan ikatan erat antara pekerja pembuatan bir, kehidupan rumah mereka, dan penghormatan terhadap kerajinan mereka.

4. No Reservations (Episode: Tokyo)

Suka Kuliner Jepang? Ini 10 Film Dokumenter Yang Wajib Anda Tonton! 5

No Reservastions , Jika dia harus tinggal di satu kota selamanya, Bourdain mengatakan Tokyo akan menjadi pilihannya, dan dalam episode ini, Anda bisa melihat itu benar. Mustahil untuk tidak berbagi kegembiraannya saat dia berburu pisau dapur di seluruh Tokyo, bersenang-senang dengan peralatan sensorik yang diwarnai dengan teknik di Restoran Robot, mengunjungi bar di Omoide Yokocho Shinjuku, dan makan sushi, soba, dan sashimi ayam. Bourdain dicintai karena pendekatannya yang jujur ​​terhadap makanan dan karismatik, cerdik yang disampaikan dengan serak, dan dia dalam kondisi yang baik dalam episode Tokyo ini.

5. Street Food (Episode: Osaka)

Suka Kuliner Jepang? Ini 10 Film Dokumenter Yang Wajib Anda Tonton! 6

Jajanan pinggir jalan tidak terlalu besar di Jepang seperti di banyak negara lain di Asia, dengan sebagian besar santapan dilakukan di dalam ruangan. Tapi Osaka beralih ke ketukan drum mereka sendiri, dan penekanan pada makanan jalanan di menceriminkan kuliner kota ini.

Dalam episode serial Netflix tentang makan jalanan ini, Anda akan mengunjungi restoran makanan laut terbuka dan berdiri Toyo Izakaya – di mana pemilik energik adalah pemain yang sama dengan koki – bersama dengan takoyaki (bola gurita) berdiri Umai-ya dan okonomiyaki (pancake gurih) berdiri Fue. Selain itu, Anda akan bertemu dengan para koki lokal Osaka yang bersemangat di sepanjang jalan.

6. Washoku: Beyond Sushi

Suka Kuliner Jepang? Ini 10 Film Dokumenter Yang Wajib Anda Tonton! 7

Pada tahun 2013, washoku (masakan tradisional Jepang) ditetapkan oleh Unesco sebagai bagian dari Warisan Budaya Jepang. Itu hanya menggabungkan dua masakan lain untuk menerima penghargaan seperti itu: Prancis dan Meksiko. Meskipun sushi mungkin adalah anak dari washoku, film dokumenter ini bertekad untuk memberi Anda kesan yang lebih besar tentang masakan tradisional Jepang melalui wawancara dengan koki terkenal dan tokoh industri seperti Nobu Matsuhisa, koki pemilik restoran Nobu, dan master ramen Shige Nakamura. Washoku: Beyond Sushi tidak hanya mencakup berbagai bahan dan jenis masakan tradisional Jepang, tetapi juga memperkenalkan Anda dengan prinsip dan filosofi yang mendasari makanan Jepang, termasuk agama, alam, dan fokus pada citra rasa.

7. Jiro Dreams of Sushi

Suka Kuliner Jepang? Ini 10 Film Dokumenter Yang Wajib Anda Tonton! 8

Stasiun kereta bawah tanah yang biasa-biasa saja di Ginza adalah rumah bagi restoran sushi yang sangat luar biasa: Jiro Sukiyabashi, restoran sushi pertama di dunia yang menerima tiga bintang berasal dari Michelin, yang daftar pengunjungnya termasuk David Beckham, Arnold Schwarzenegger, dan Barack Obama. Jiro Dreams of Sushi adalah potret sentimental pemilik-chef Jiro Ono, yang membuka 10 restoran pada tahun 1965. Film dokumenter ini juga memberikan wawasan tentang budaya shokunin (pengrajin) Jepang. Seperti yang dikatakan oleh Jiro yang berusia 85 tahun, ‘bahkan pada usia saya, setelah puluhan tahun bekerja, saya tidak berpikir saya telah mencapai kesempurnaan. Tapi saya merasa senang sepanjang hari – saya suka membuat sushi. Itulah semangat shokunin.

8. Ramen Heads

Suka Kuliner Jepang? Ini 10 Film Dokumenter Yang Wajib Anda Tonton! 9

Jika Anda menganggap diri Anda pecinta ramen, Anda mungkin pernah mendengar – dan bahkan mungkin makan di – Tomita Ramen di Matsudo. Ini dipimpin oleh koki mie legendaris Osamu Tomita, yang menjadi inti dari film ini yang mendokumentasikan prosesnya yang teliti dalam menciptakan semangkuk mie yang sempurna. Dijalin melalui ceritanya adalah sejarah ramen di Jepang dan pertunjukan tersebut melihat beberapa toko ramen top lainnya, mengungkapkan filosofi dan rasa masing-masing, bersama dengan tips untuk mendapatkan ramen yang tepat.

9. Kakehashi

Suka Kuliner Jepang? Ini 10 Film Dokumenter Yang Wajib Anda Tonton! 10

Koki yang lahir dan besar di Tokyo, Nobuo Fukuda, selalu merasa tidak pada tempatnya saat tumbuh di masyarakat Jepang. Pada usia 20 tahun, Fukuda pindah ke Arizona untuk bekerja sebagai pencuci piring di dapur restoran. Selama beberapa dekade berikutnya, Fukuda membuka beberapa restoran Jepang yang sukses di AS dan bahkan menerima Penghargaan James Beard yang bergengsi untuk masakannya.

Ketika Fukuda lahir, ayahnya menulis bahwa dia ingin putranya menjadi kakehashi, atau ‘jembatan antara Jepang dan budaya lain’. Selama ‘Kakehashi’, Anda dapat melihat Fukuda perlahan-lahan menjadi – dan menyadari dia menjadi – jembatan itu. Lebih dari sekadar potret koki, ini adalah pandangan tentang bagaimana makanan dapat mengubah budaya dan orang.

10. Ugly Delicious (Episode: Pizza)

Suka Kuliner Jepang? Ini 10 Film Dokumenter Yang Wajib Anda Tonton! 11

Anda mungkin berpikir bahwa sebuah episode di Jepang akan berfokus pada mie atau ikan, tetapi di episode pertama Ugly Delicious, pembawa acara David Chang (koki dan pemilik grup restoran Momufuku) pergi ke Jepang untuk berburu pizza. Bersama dengan penulis makanan Peter Meehan, Chang memulai perjalanan dari ahli pizza di Brooklyn hingga koki di Jepang yang sama-sama menciptakan kembali pizza klasik bergaya Napoli dan melakukan spin mereka sendiri di atasnya.

Jika Anda terbiasa dengan pizza di Tokyo, Anda pasti akan mengenali restoran Savoy di Roppongi dan Serinkan di Nakameguro. Ini adalah pengingat yang tepat bahwa kehebatan kuliner Jepang melampaui masakan tradisional Jepang.

Sumber: TimeOut

 

Yoruterushi
Six Trillion Years and Overnight Story

Manga Legal Egg Akan Berakhir pada Tanggal 9 Maret

Previous article

Santa Inoue akan Meluncurkan Manga Zange pada Tanggal 9 Maret

Next article

You may also like

More in Jepang

Komentar