Square Enix Umumkan Game Final Fantasy XVI untuk PS5

Final FantasyGamesNews
Square Enix Umumkan Game Final Fantasy XVI untuk PS5 1

Saat presentasi livestream PlayStation 5 Showcase, Sony telah mengumumkan judul baru dalam seri Final Fantasy dari Square Enix, Final Fantasy XVI. Trailer “Awakening” untuk game tersebut mengungkap bahwa action RPG single-player ini akan diluncurkan untuk PS5 sebagai eksklusif konsol PlayStation, dan kemungkinan juga akan tersedia untuk PC. Rekaman trailer diambil dari PC “mengemulasikan pengalaman PS5.”

 

Trailer dan situs resmi dari Square Enix untuk game Final Fantasy XVI hanya menyebutkan bahwa game-nya dirilis untuk PlayStation 5, dan tidak menyebutkan untuk PC, meskipun PlayStation 5 Showcase awalnya mengumumkan bahwa game-nya akan dirilis baik untuk PS5 maupun PC. Situs berita game Gematsu menyatakan bahwa Square Enix mengatakan kepadanya, “Kami tidak memiliki informasi lebih lanjut apakah Final Fantasy XVI akan dirilis di platform selain PS5.”

Trailernya menampilkan pesan berikut: “Warisan kristal telah membentuk sejarah kita cukup lama.” Divisi Creative Business Unit III dari Square Enix sedang mengembangkan game ini. Naoki Yoshida (Final Fantasy XIV) memproduksi Final Fantasy XVI, dan Hiroshi Takai (Final Fantasy XIV) mengarahkan game ini.

Situs resmi Square Enix telah mengungkapkan pada bulan November lalu bahwa First Development Division (Divisi Pengembangan Pertama) dari Square Enix sedang mengerjakan game untuk konsol HD tanpa pengumuman. Halaman rekrutmen untuk tim pengembangan menyatakan bahwa game dengan kekayaan intelektual baru ini akan menampilkan “pengalaman game aksi generasi mendatang.” Halaman tersebut mencatat bahwa “para ahli dalam berbagai bidang dengan pengalaman pengembangan dengan judul ‘kelas AAA’ berkumpul dari seluruh dunia” untuk proyek ini. Halaman rekrutmen juga mencatat pekerjaan First Development Division pada game Final Fantasy VII Remake, Kingdom Hearts, SaGa SCARLET GRACE: AMBITIONS, Romancing SaGa 3, dan Romancing SaGa Re; Universe.

Square Enix mulai mencantumkan pada bulan April 2019 di halaman rekrutmennya bahwa 3rd Development Division (Divisi Pengembangan ke-3) yang baru dibentuk sedang mengerjakan “judul HD berskala besar.” Produser dan direktur Final Fantasy XIV: A Realm Reborn yaitu Naoki Yoshida adalah kepala divisi baru tersebut, yang didasarkan pada “Business Division 5.” Pencantuman tersebut menyatakan bahwa divisi tersebut sedang mengerjakan “proyek kunci baru” dan “memulai tantangan baru yang ditujukan untuk generasi berikutnya.” Proyek baru ini telah menyelesaikan pengembangan awal, dan baru saja akan memulai pengembangan utama skala penuh. Perusahaan ingin merekrut mereka yang “memiliki keinginan untuk menantang industri global”.

Sumber: ANN