Sony: ‘Mayoritas Besar’ dari Game PS4 Akan Dapat Dimainkan di PS5

GamesNews
Sony: 'Mayoritas Besar' dari Game PS4 Akan Dapat Dimainkan di PS5 1

Hello Sobat Wibumesta, Sony telah mengumumkan bahwa “mayoritas besar” lebih dari 4.000 judul PlayStation 4 akan dapat dimainkan di PlayStation 5. Perusahaan menyatakan bahwa judul terbelakang yang kompatibel akan berjalan pada frekuensi yang ditingkatkan pada PS5, yang dapat menghasilkan frame rate yang lebih tinggi atau lebih stabil dan resolusi yang lebih tinggi. Perusahaan telah mengevaluasi dan menguji ratusan game untuk menemukan masalah yang perlu penyesuaian, dan berencana untuk menguji ribuan lebih sebelum peluncuran konsol.

Arsitek Lead System PlayStation 5 Mark Cerny menyatakan selama presentasi livestream “The Road to PS5” pada tanggal 18 Maret bahwa “hampir semua” judul PlayStation 4 akan dapat dimainkan di PS5 saat diluncurkan. Perusahaan mengharapkan bahwa 100 judul PS4 teratas berdasarkan peringkat waktu bermain akan dapat dimainkan.

Konsol ini akan mendukung beberapa drive M2, dan Sony Interactive Entertainment (SIE) akan mengumumkan di masa depan drive mana yang cocok. Graphic konsol ini akan menggunakan ray tracing dan shader primitif untuk memungkinkan beragam detail.

Pengembang konsol ini menargetkan SSD PS5 untuk memiliki IO Throughput sebesar 5,5 GB/detik dengan waktu pencarian instan. RDNA 2 khusus konsol akan memiliki 10,28 TFLOPS dan 36 CU (compute unit) dengan frekuensi variabel dibatasi pada 2,23 GHz.

Pengembang menargetkan untuk memanfaatkan ratusan sumber suara canggih untuk PS5. Sistem akan menggunakan Head-Related Transfer Function (HRTF) untuk memberikan audio 3D melalui headphone dan speaker TV dengan mesin Tempest 3D Audio Tech. Konsol ini akan memiliki 5 HRTF yang tersedia saat diluncurkan.

Jim Ryan, presiden dan CEO baru SIE, sebelumnya mengumumkan bahwa kontroler PS5 akan menampilkan umpan balik haptic untuk menggantikan teknologi “bergemuruh” saat ini. Selain itu, “Pemicu Adaptif” yang tergabung ke dalam tombol pemicu kontrolernya (L2, R2) akan memungkinkan pengembang menyesuaikan resistensi pada pemicu-pemicunya, atau bisa dibilang dapat mengubah kekerasan tombol.

Game fisik PS5 akan menggunakan cakram optik 100GB yang dapat dimasukkan ke drive optik yang juga berfungsi sebagai pemutar Blu-ray Disc 4K. PS5 juga akan menyertakan fitur untuk menangguhkan gameplay dengan konsumsi daya yang lebih rendah daripada PlayStation 4, dengan perkiraan konsumsi daya sekitar 0,5w.

PS5 dijadwalkan rilis saat musim liburan 2020. Cerny telah mengungkap pada bulan April lalu bahwa konsol baru sedang dalam pengembangan selama empat tahun.

Sumber: ANN