NusantaraSimak

Selamat Jalan, Situs Berita “Jejepangan” Jurnal Otaku Indonesia (JOI) Akan Ditutup

0
Jurnal Otaku

Jurnal Otaku Indonesia adalah salah satu situs berita “Jejepangan” yang mempengaruhi terbentuknya WibuMesta


Selamat Jalan, Situs Berita "Jejepangan" Jurnal Otaku Indonesia (JOI) Akan Ditutup 1

Pada tanggal 1 Juni, Jurnal Otaku Indonesia (JOI), situs web berita Indonesia tentang animanga dan budaya Jepang, mengumumkan bahwa situs itu sendiri akan ditutup pada tanggal 1 Juli 2021. Situs ini sudah berjalan selama 8 tahun sampai saat ini. Sementara itu, situs ini masih akan terus menyediakan artikel seperti biasa sampai penutupannya.

Staf JOI menyatakan bahwa mereka akan menutup situs ini setelah sudah dipertimbangkan secara matang dalam diskusi mereka. Dari hasil diskusinya, “yang akan ditutup adalah situs JOI dan segala aktivitas media sosial, tetapi laman media sosial JOI akan tetap ada untuk saat ini. Lalu untuk channel Discord kami akan tetap aktif.” Peladen Discord JOI bisa kalian akses melalui tautan ini. Kalian juga bisa menanyakan apa yang ingin kalian tanyakan melalui peladen Discord tersebut.

Selamat Jalan, Situs Berita "Jejepangan" Jurnal Otaku Indonesia (JOI) Akan Ditutup 2

Salah satu pendiri JOI, Randy Alidjurnawan, mengatakan dalam pengumumannya:

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pembaca setia JOI yang sampai hari ini masih setia mengunjungi situs dan media sosial JOI, dan juga kepada para tim JOI baik yang dari awal turut membangun brand ini sampai yang saat ini masih membantu menulis artikel-artikel terbaru.

Selamat Jalan, Situs Berita "Jejepangan" Jurnal Otaku Indonesia (JOI) Akan Ditutup 3

Tampilan situs JOI dulu (source: berita yahoo)

Situs JOI berdiri pada bulan Desember 2012. Awalnya JOI didirikan sebagai kanal YouTube. Tujuan situs ini adalah untuk menyediakan informasi untuk otaku yang lengkap dan up-to-date, karena saat itu belum ada situs yang seperti itu. Situs ini memiliki maskot resmi yang bernama Shimako Umigawa yang diperkenalkan pada tahun 2013. Selain yang berkaitan dengan Jepang, situs ini terkadang menyediakan artikel yang berkaitan dengan Indonesia, dan negara lainnya. Situs ini paling dikenal dengan rubrik “Waifu Wednesday”-nya, di mana waifu-waifu dari anime dan karya lainnya dibahas secara mendetail dalam artikel setiap hari Rabu.

Selamat Jalan, Situs Berita "Jejepangan" Jurnal Otaku Indonesia (JOI) Akan Ditutup 4

Selain “Waifu Wednesday,” di situs ini juga ada rubrik “Husbando Friday,” yang membahas husbando, meskipun jarang sekali ada pembaruan. JOI juga menawarkan berbagai macam merchandise, seperti kaus T, clearfile, tas kain tenteng, dan lain-lain. Informasi di situs ini cukup menarik seperti informasi tentang penerbitan manga Jepang ke Indonesia, informasi penayangan anime di Indonesia secara legal, berita aneh dari Jepang, dan juga ada “JOI Spotlight,” di mana para stafnya memberikan impresi untuk berbagai seri di minggu tertentu.

Selamat Jalan, Situs Berita "Jejepangan" Jurnal Otaku Indonesia (JOI) Akan Ditutup 5

Para staf JOI saat ini

Sekedar Cerita dari Saya

Seperti yang saya sampaikan di keterangan singkat di bagian atas artikel ini, JOI merupakan salah satu dari “inspirasi” yang membuat saya bersama kawan saya untuk membentuk situs WibuMesta ini. Sebenarnya bukan sebatas itu saja, karena situs ini juga, saya menjadi bisa membuat artikel seperti saat ini.

Pada awalnya, saya sendiri hanyalah orang biasa yang tidak pandai dalam menulis artikel, yang bahkan menerjemahkan “official website” ke bahasa Indonesia saja saya kebingungan. Saya sendiri baru mulai mengikuti artikel JOI “secara konsisten” pada tahun 2018, meskipun pada tahun-tahun sebelumnya saya sempat menerima sedikit informasi dari situs ini.

Satu hal yang membuat saya mengikuti berita dari JOI adalah karena dulu saya adalah pengurus laman Facebook yang tujuannya memberikan informasi tentang Jepang, yang saya mulai sekitar awal tahun 2018. Saat itu saya selalu mengambil informasi dari JOI dan situs-situs lainnya yang berkaitan dengan informasi tentang Jepang, dan membagikannya di laman Facebook saya itu, hanya dengan salin-tempel-periksa-edit-kirim saja. Namun, dirasa masih kurang lengkap informasi yang ada di laman saya, saya pun merambah ke situs berita luar yang berbahasa Inggris.

Awalnya saya bingung menerjemahkan berita dari situs-situs bahasa Inggris itu, karena banyak kata-kata bahasa Inggris yang belum diketahui bahasa Indonesia-nya oleh saya. Salah satunya adalah bahasa Inggris seperti “official website” yang mana sering saya dengar dan tahu maknanya tetapi tidak tahu bahasa Indonesia-nya. Saya mulai belajar menerjemahkan dengan menggunakan Google Translate, tetapi seperti yang kalian kebanyakkan tahu, layanan penerjemahan ini sering memberikan hasil yang absurd, sehingga saya tidak terlalu mengandalkannya. Saat menerjemahkan “official website” itu lewat Google Translate, sepertinya yang saya ingat hasil terjemahannya aneh di bagian “official” (meskipun sekarang Google Translate menerjemahkannya secara tepat, tampaknya layanan ini sudah berkembang jauh lebih baik). Kemudian saya lihat JOI, yang kebetulan kebanyakkan sumber berita artikelnya dari situs Inggris, dan di situ mereka menerjemahkannya dengan “situs resmi” yang akhirnya saya ambil.

Tidak hanya “official website” saja, banyak kata-kata lain yang saya terjemahkan menurut terjemahan JOI, seperti “issue” (edisi) yang selalu diterjemahkan “masalah” oleh Google Translate padahal sedang membahas soal majalah. Karena itu JOI berpengaruh besar dalam pembelajaran penerjemahan saya, yang sekarang bisa menerjemahkan artikel bahasa Inggris secara akurat.

Selamat Jalan, Situs Berita "Jejepangan" Jurnal Otaku Indonesia (JOI) Akan Ditutup 6

Salah satu gambar untuk pos saya di salah satu laman saya yang bernama Planet Wibu

Tidak hanya soal penerjemahan saja, saya juga bisa lancar menyusun kata, penyambungan kata (mis. Yuumikan’s Bofuri menjadi Bofuri karya Yuumikan), penggunaan tanda baca, dan hal-hal berkaitan kepenulisan artikel lainnya. Akhirnya saya sekarang bisa lancar membuat artikel, bahkan seringkali tanpa menggunakan bantuan Google Translate sama sekali.

Begini saya biasanya menerjemahkan artikel bahasa Inggris di tablet saya, mengetik dengan hanya satu jari

Selama saya masih mengurus laman Facebook saya dengan mengepos artikel hasil salin-tempel dan menerjemahkan-meriset sendiri, pengalaman saya semakin bertambah dan bertambah dalam menulis artikel, ditambah saya juga selalu dibantu salah satu teman saya dalam penerjemahan. Sampai saya tidak mengurus laman Facebook itu lagi (karena hangus), pada akhir tahun 2019, saya mulai berencana membuat situs WibuMesta.

Dengan menginspirasi JOI, tujuan WibuMesta ini jadinya hampir sama dengan situs JOI, membagikan berita tentang hal-hal yang berkaitan dengan Jepang, tetapi saya ingin menjadikan WibuMesta ini sebagai “versi lengkap,” yang mana kami tidak memilih-milih berita meskipun berita itu tentang seri yang belum dikenal sama sekali di Indonesia, dan membuat lebih banyak lagi artikel berita per harinya. Jadi begitulah mengapa situs berita JOI berpengaruh terhadap situs kami ini, termasuk saya yang akhirnya bisa buat artikel. Saya akan terus membuat artikel berita di sini, yang walaupun kebanyakkan hanya terjemahan dari artikel luar, seakurat mungkin sesuai informasi yang disampaikan di sana, dan saya akan selalu meningkatkan kualitas terjemahan saya.

Yah, meskipun begitu, WibuMesta ini juga terancam ditutup karena “berbagai keadaan.” Salah satunya kurangnya dukungan yang mana membuat saya menimbulkan pikiran untuk menutup situs ini. Bagi yang melihat ini, saya harap kalian mau membagikan artikel-artikel berita yang diterbitkan di situs ini yang menurut kalian menarik. Singkatnya “apa gunanya menghabiskan waktu membuat artikel sebanyak-banyaknya setiap hari tetapi hanya segelintir orang yang baca.”

Lewat Discord, bapak Randy juga memberikan alasan mengapa situs JOI ditutup, yaitu karena pengurus utamanya punya kesibukkan dengan urusan masing-masing, dan mereka lebih memilih lepas penat kalau ada luang. Kemungkinan situs WibuMesta ini juga akan segera ditutup dengan alasan yang sama, tetapi jika ada banyak dukungan mungkin WibuMesta ini akan terus saya pertahankan.

Untuk JOI, saya sampaikan terima kasih atas artikelnya, yang membantu saya belajar otodidak dalam membuat artikel, dan juga info-info menariknya yang selalu saya bagikan dari dulu. Semoga para staf JOI sukses selalu. Sampai nanti resmi ditutup, saya ucapkan selamat tinggal JOI.

Mito.Chan

7 Quirk Murid Kelas 1-B yang Dapat Berguna di Kehidupan Nyata

Previous article

Anime Shaman King Baru Diperankan oleh Kishō Taniyama dan Tatsuhisa Suzuki

Next article

You may also like

More in Nusantara

Komentar