AnimeKimetsu no YaibaNews

Seorang Pria Didakwa dengan Merekam Film Anime Demon Slayer Secara Ilegal

0
Seorang Pria Didakwa dengan Merekam Film Anime Demon Slayer Secara Ilegal 1

Polisi Prefektur Chiba mengajukan dakwaan terhadap seorang pria berusia 53 tahun pada tanggal 26 Maret karena diduga merekam film anime Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba – The Movie: Mugen Train secara ilegal di bioskop dengan ponsel pintar miliknya, dengan demikian melanggar Undang-Undang Hak Cipta Jepang dan Undang-Undang Pencegahan Perekaman Film Tanpa Izin. Ini adalah kasus pertama dari jenisnya untuk film khusus ini di Jepang.

Anggota penonton lainnya telah menelepon polisi untuk melaporkan seorang pria yang merekam film di bioskop Keisei Rosa 10 di Chūō Ward, Kota Chiba pada bulan Desember 2020. Tersangka, yaitu seseorang yang mengakui dirinya sebagai karyawan perusahaan yang tinggal di Chūō Ward, mengklaim bahwa dia telah melihat filmnya sekali sebelumnya dan hanya merekam “adegan keren” untuk ditonton sendiri nanti. Tersangka menambahkan bahwa dia tidak bermaksud untuk mengunggah rekamannya, yang berdurasi sekitar 30 menit, ke Internet atau untuk mendapatkan keuntungan.

Seorang Pria Didakwa dengan Merekam Film Anime Demon Slayer Secara Ilegal 2

Perekaman film yang tidak sah di bioskop adalah kriminal di Jepang, berdasarkan Undang-Undang Pencegahan Perekaman Film Tanpa Izin. Mengunggah rekaman seperti itu ke YouTube, Twitter, Facebook, dan layanan lain juga merupakan pelanggaran hak cipta. Orang-orang yang melanggar undang-undang perekaman yang tidak sah dan Undang-undang Hak Cipta umum Jepang menghadapi hukuman 10 tahun penjara, denda hingga 10 juta yen (sekitar US$90.000), atau keduanya.

Studio anime Khara memposting pemberitahuan pada awal bulan Maret 2021 tentang perekaman tidak sah dan pengunggahan cuplikan dari Evangelion: 3.0+1.0: Thrice Upon A Time (Shin Evangelion Gekijō-ban :||), film Evangelion “final” yang telah dibuka di Jepang pada tanggal 8 Maret. Studio menambahkan bahwa dakwaan telah diajukan dalam kasus serupa yang terjadi pada bulan Juli 2018.

Tersangka ditahan atau didakwa berdasarkan hukum karena merekam film di bioskop dari Space Battleship Yamato Resurrection pada tahun 2010, Mobile Suit Gundam 00 the Movie: A Wakening of the Trailblazer pada tahun 2011, Magical Girl Lyrical Nanoha the Movie 2nd A’s pada tahun 2012, dan The Wind Rises pada tahun 2014.

Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba – The Movie: Mugen Train mulai ditayangkan di Jepang pada tanggal 16 Oktober. Film ini memiliki hasil akhir pekan pembukaan pertama tertinggi secara global selama akhir pekan 16-18 Oktober. Film ini menjual 3.424.930 tiket dan memperoleh 4.623.117.450 yen (sekitar US$43,85 juta) di Jepang dalam tiga hari pertamanya. Film ini menjual 910.507 tiket dan memperoleh lebih dari 1.268.724.700 yen (sekitar US$12,03 juta) pada hari pembukaannya saja, menjadikannya hasil hari pembukaan tertinggi pada hari kerja di Jepang.

Film ini telah menjual total 28,12 juta tiket dan memperoleh total kumulatif 38,7 miliar yen (US$356,0 juta) di Jepang pada tanggal 21 Maret. Film ini menduduki peringkat nomor 7 pada akhir pekan ke-23-nya.

Setelah 12 minggu berturut-turut di peringkat nomor 1 di box office Jepang, Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba – The Movie: Mugen Train turun ke nomor 2 selama akhir pekan 9-10 Januari, akhir pekan ke-13-nya. Film ini menempati peringkat tiga teratas setiap minggu di Jepang sejak saat itu, hingga akhir pekan ke-22-nya.

Film ini telah melampaui Spirited Away tahun 2002 karya Hayao Miyazaki, saingan terakhirnya untuk pendapatan tertinggi sepanjang masa dalam sejarah box office Jepang. (Spirited Away memperoleh 30,8 miliar yen dalam penayangan orisinalnya, tetapi sejak itu memperoleh total 31,68 miliar yen setelah penayangan kebangkitan pada musim panas lalu.) Film ini juga melampaui Spirited Away sebagai film Jepang berpenghasilan tertinggi nomor 1 sepanjang masa di seluruh dunia.

Sumber: ANN

Mito.Chan

Anime Sekuel Tiger & Bunny 2 Mengungkapkan Desain Karakter Anime dan Setelan Hero Baru

Previous article

Anime ‘Welcome to Demon School, Iruma-kun’ Season 2 Diperankan oleh Tatsuhisa Suzuki

Next article

More in Anime

You may also like

Komentar