PeopleAstro BoyNews

Seiyuu Veteran Hisashi Katsuta, yang Mengisi Suara Dr. Ochanomizu Dalam Astro Boy, Telah Meninggal Dunia

0
Seiyuu Veteran Hisashi Katsuta, yang Mengisi Suara Dr. Ochanomizu Dalam Astro Boy, Telah Meninggal Dunia 1

Berita duka kini datang lagi dari dunia seiyuu, Koran Asahi Shinbun telah melaporkan bahwa seiyuu veteran Hisashi Katsuta meninggal dunia pada hari Jumat lalu (21/2) karena demensia. Beliau berusia 92 tahun.

Katsuta mungkin paling dikenal sebagai seiyuu yang telah menyuarakan Dr. Ochanomizu dalam seri anime Astro Boy. Beliau mengulangi peran itu dalam anime Astro Boy versi tahun 1980 dan 2003, serta dalam film Astro Boy: Hero of Space dan Astro Boy: Shinsen-gumi dan anime spesial Tezuka Osamu ga Kieta?! 20 Seiki Saigo no Kaijiken. Beliau juga menyuarakan Louis XV dalam anime TV The Rose of Versailles, Professor Izumi dalam anime TV dan film Tōshō Daimos, Dr. Hoshi dalam Astroganger, dan Prof. Hideki Tobijima dalam Groizer X.

Beliau juga menarasikan anime Sasuke, dan menyuarakan peran kecil dalam banyak anime seperti Oishinbo, Megazone 23, Cat’s Eye, Dororo, Perman, Jungle Emperor Leo, Kimba the White Lion, Jetter Mars, The Legend of the Galactic Heroes, Musashi no Ken, dan Kaibutsu-kun: Demon no Ken, serta karya lainnya. Beliau juga bekerja sebagai seorang narator dari iklan-iklan.

Katsuta, bersama dengan Mari Shimizu dan Yoko Mizugaki, menerima Synergy Award di Annual Seiyū Awards Ke-3 pada tahun 2009.

Beliau yang lahir tahun 1927, adalah salah satu dari pemuda yang direkrut untuk bekerja di pabrik-pabrik militer pada hari-hari terakhir dari Perang Dunia Kedua. Pada tahun 1946, beliau memulai studi drama di Kamakura, dan pada tahun 1948, saat sekolahnya masih belum selesai, ia tampil di The Hill Where the Bell Tolls karya Kazuo Kikuchi, sebuah melodrama panjang tentang orang-orang negeri yang berjuang mengatasi gelombang pengungsi masa perang.

Peran awalnya yang paling berkesan adalah sebagai Shi Jin, “Naga Sembilan Tato” dalam seri Water Margin di radio NHK. Beliau menghabiskan enam tahun berikutnya sebagai seiyuu di bawah naungan NHK, sebelum menjadi seiyuu freelance pada tahun 1954 ketika TV Jepang mulai berkembang, dan penyiar nasional mendapatkan sejumlah pesaing. Katsuta kemudian akan menjadi pionir dalam akting suara di Jepang.

Beliau memulai pekerjaaan pesulih suara berbahasa Jepang di The Buccaneers, drama TV yang diproduksi di Inggris pada tahun 1956. Beliau kemudian menyulih suara Surfside 6 dan The Beverly Hillbillies, acara live-action Amerika pada tahun 1960an, sebagai dua dari karya sulih suaranya yang paling berkesan.

Katsuta diajarkan oleh “seiyuu veteran” dan merasa bahwa dia ingin mengajar seiyuu, dan setelah menjadi dosen di beberapa sekolah seiyuu, dia memulai sekolah seiyuu pada bulan April 1982, yang kemudian pada bulan April 1987 menjadi Katsuta Voice Acting Academy (Katsuta Seiyū Gakuin), di mana ia akan menjadi dekannya. Sekolah ini berjalan hingga ditutup pada bulan Maret 2015. Katsuta terpaksa menutup sekolahnya karena umurnya yang sudah cukup tua dan kondisi kesehatannya sudah memburuk. Salah satu seiyuu yang menjadi murid beliau adalah Nobuyuki Kobushi, seiyuu dari Koutarou Katsuragi di Shirobako, Tecchi di Sword Art Online, Tarou Beppu di Gin no Saji dan Computer Research Society President di Suzumiya Haruhi no Yuuutsu.

Kami para staf WibuMesta berbelasungkawa atas meninggalnya beliau. Semoga beliau diterima di sisiNya

Sumber: ANN

Mito.Chan

Toshio Sako Memindahkan Manga Batuque Ke Online

Previous article

Hiroshi Takahashi Memulai ‘Bagian Ketiga’ dari Manga Jank Runk Family pada Bulan April

Next article

You may also like

More in People

Komentar