Zombieland SagaAnimeSimak

[Review] Zombieland Saga: Revenge – Episode 8 & 9

0
[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 8 & 9 1

Anime Zombieland Saga: Revenge memulai perubahan plot-nya saat memasuki episode 7, dimana yang kita tahu disini seorang siswi normal Maimai Yuzuriha telah resmi bergabung ke dalam grup idol Franchouchou, meskipun hanya sebentar. Hal ini diikuti oleh kebenaran mengenai grup idol Franchouchou yang telah terungkap, bahwa mereka semua selain Kotarou merupakan sekumpulan orang dengan identitas sebagai “mayat hidup” atau “zombie”.

Hingga saat ini, setidaknya ada 3 orang yang mengetahui identitas asli Franchouchou, yaitu Master kenalan Kotarou, Maimai, dan Ookoba.

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 8 & 9 2

Franchouchou sendiri belum tahu kalau identitas mereka telah diketahui oleh Ookoba. Hingga saat ini kita masih belum tahu apa yang akan dilakukan oleh Ookoba dengan informasi yang telah ia miliki saat ini.

Beralih ke episode selanjutnya, yaitu episode 8, dengan judul “Insiden SAGA”, dimana plot cerita-nya berubah lagi.

Ya.. seperti yang telah kalian ketahui bahwa anime ini tiba-tiba menceritakan flashback ke masa hidup Yugiri di musim gugur Meiji tahun ke-14, atau lebih tepatnya tahun 1882 Masehi.

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 8 & 9 3

Di preview untuk episode 8 yang ditampilkan di akhir durasi episode 7 memang memberikan gambaran bahwa episode selanjutnya akan memberikan cerita mengenai masa lalu Yugiri. Tapi siapa sangka kalau masa lalu yang diberikan disini berbeda dengan anggota Franchouchou yang lain.

Biasanya pasti akan didahulukan dengan kegiatan-kegiatan Franchouchou atau pembukaan aneh dari Kotarou yang selalu memberikan arahan yang tidak jelas untuk apa saja yang harus grup idol ini lakukan nantinya. Setelah itu di dalam cerita, nanti-nya akan disinggung suatu hal yang menyebabkan terjadinya flashback terhadap suatu karakter, dan disinilah seharusnya cerita dimulai.

Untuk saat ini kita tidak tahu apakah ini memang dari alur anime-nya yang sengaja memberikan flashback secara cuma-cuma atau ini merupakan bagian dari ingatan orang lain. Tapi satu hal yang pasti bahwa di dalam flashback ini, ada suara orang tua yang mengarahkan cerita masa lalu zaman Meiji ini. Suara-nya terdengar seperti Master di telinga mimin, tapi ini hanya pendapat saja. Mungkin nanti akan diberi tahu siapa yang menceritakan flashback ini.

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 8 & 9 4

Oke, kembali mengenai cerita di episode 8. Jadi di sini diceritakan tentang zaman pemerintahan Meiji dimana tentunya ada Yugiri di sini. Ia sendiri dikenal sebagai Oiran yang sangat legendaris. Oiran sendiri bisa kalian artikan sebagai wanita penghibur di zaman Edo. Di episode ini menceritakan awal mula Yugiri datang ke Saga.

Uniknya di episode ini.. tidak hanya Yugiri, tapi terdapat seluruh anggota Franchouchou juga ada disini, hanya saja tidak saling mengenal. Selain Franchouchou, ada juga si polisi sepeda dan juga Romero si anjing. Wujud Romero sendiri terlihat seperti zombie.

Mimin tidak tahu apakah Romero memang zombie sejak zaman Meiji atau memang seperti itulah penampilan-nya ketika hidup. Tapi jika diingat-ingat pada episode dimana Tae dan Romero jalan-jalan keliling kota, di sana wujud Romero juga sama dan tidak ada perubahan. Jadi untuk saat ini bisa disimpulkan bahwa memang seperti itulah wujud Romero semasa hidup.

Untuk anggota Franchouchou sendiri, masing-masing tidak mengenal satu sama lain, dan di zaman ini mereka memiliki profesi yang berbeda-beda. Yang terlihat pertama adalah Sakura, yang menjual jajanan tradisional dan makanan lainnya, kemudian ada Junko dan Ai yang sepertinya hanya rakyat jelata. Kemudian ada Saki yang terlihat menggendong Lily yang sedang menangis. Disini Lily sangat kecil, mungkin masih balita. Dan terakhir Tae, yang sepertinya merupakan seorang putri karena ia diperlihatkan pada saat melintas di depan Yugiri menggunakan kereta kuda.

Hal yang mengejutkan disini adalah Tae yang berpenampilan manusia normal, dan sempat mengeluarkan suara asli-nya, meskipun ia hanya mengeluarkan suara yang sepatah kata saja, yaitu “ha?” saat melihat ada orang yang jatuh di dekat-nya.

Jika kalian ingin tahu suara Tae yang asli seperti apa, sebenarnya kalian bisa membayangkan-nya dari pengisi suara Mitsuishi Kotono yang merupakan pengisi suara Tae.

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 8 & 9 5

Satu-satunya yang tidak terlihat disini adalah Kotarou. Di episode ini Yugiri dikisah-kan dengan dua orang karakter lainnya, yaitu Kichi dan Ito.

Kichi adalah orang yang selalu berteriak-teriak untuk menyelamatkan Saga. Ia mungkin kurang lebih Kotarou, hanya saja kurang gagah. Kemudian Ito adalah teman dari Kichi.

Kichi sendiri memiliki seorang kakek, dan kakek-nya adalah si Master pemilik bar langganan Kotarou, yang mengatakan berhutang budi pada Yugiri. Sebenarnya kakek ini hanya merawat Kichi saja, saat ia kehilangan ayah-nya dalam perang Saga 8 tahun yang lalu (di episode ini).

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 8 & 9 6

Kalian bisa melihat sendiri bahwa ia senang sekali memakan cumi yang menjadi makanan favorit Romero. Di sini diperlihatkan juga kalau ia memberi makan Romero dengan cumi tersebut. Dan jika kalian ingat, di musim pertama anime ini juga saat sosok Master juga sempat memakan cumi tersebut.

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 8 & 9 7

Inti dari episode ini adalah awal perebutan Saga yang ingin dikerahkan oleh Kichi. Ia melakukan hal tersebut juga merupakan keinginan dari kakek-nya. Hal ini merupakan bentuk balas budi terhadap kakek-nya yang telah memungutnya.

Saga sendiri telah terbagi menjadi 2 provinsi, yakni Mizuma dan Nagasaki. Setelah muncul-nya 2 provinsi ini, nama Saga pun dihapuskan. Hal ini-lah yang ingin direbut kembali oleh Kichi. Namun kenyataan-nya, Kichi sebenarnya bukan ingin merebut kembali nama provinsi tersebut, melainkan ingin menciptakan Saga yang baru. Tapi menurut mimin.. sepertinya tidak ada bedanya.

Usaha yang dilakukan Kichi untuk mengumpulkan orang-orang yang ingin bekerja sama dengan-nya perlahan membuahkan hasil. Ada beberapa orang yang berniat bergabung dan ingin merebut kembali Saga seperti hal-nya dengan Kichi.

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 8 & 9 8

Episode 8 diakhiri dengan adegan dimana Ito memberikan sebuah secarik kertas kedalam mangkuk pengemis misterius yang tidak diketahui siapa. Terlihat sepertinya Ito merupakan agen ganda disini.

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 8 & 9 9

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 8 & 9 10

Berlanjut di episode 9, yang menceritakan kelanjutan dari kisah sejarah yang ada di episode 8. Bisa dibilang episode ini cukup menyedihkan, karena disini akhirnya terungkap kematian dari Yugiri.

Jadi, disini Kichi telah mendapatkan orang-orang yang bisa membantunya untuk merebut Saga. Yugiri sendiri juga ikut serta dalam membantu Kichi mencapai tujuan-nya tersebut. Kichi sendiri beranggapan bahwa Ito juga mendukung-nya, meskipun ia tidak tahu siapa Ito sebenarnya.

Secara keseluruhan, di episode ini menceritakan tentang usaha Kichi yang sudah mulai bisa tercapai, namun Ito yang berniat untuk menghentikan-nya. Tentu saja Ito akan mengerahkan segala cara, dan cara yang dilakukan-nya adalah bertarung sendirian dengan orang-orang yang bergabung dengan Kichi di malam hari.

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 8 & 9 11

Kichi sempat melihat tindakan Ito tersebut, dan disana ia mengakui bahwa ia memiliki tugas untuk mengamati pemberontak yang mengintai di Saga. Artinya, orang-orang seperti Kichi sebenarnya merupakan orang yang harus dibasmi-nya. Kichi sendiri padahal merupakan teman dekat dari Ito, maka dari itulah Ito sering kali untuk menyuruh Kichi untuk menyerah. Namun karena Kichi, tidak pernah menyerah, pada akhirnya ia pun berniat untuk membunuh Kichi.

Namun tindakan Ito dihalangi oleh Yugiri, dengan sebuah pedang yang selama ini disembunyikan di dalam senar-nya. Tragedi malam pembunuhan yang terjadi disini dihentikan oleh polisi, dan Ito kabur untuk menyelamatkan diri.

Untuk menghindari penangkapan dari orang-orang seperti Ito yang akan mendatangi Saga, Kichi dan Yugiri lari ke hutan dan berencana untuk kabur dari Saga. Awalnya Kichi ingin menyerahkan diri, namun hal ini ditolak oleh Yugiri. Ia telah merencanakan sesuatu agar Kichi dapat bertahan hidup. Ia diminta untuk kabur ke Nagasaki, dan disana terdapat teman-teman lama Yugiri yang dijamin akan melindungi Kichi. Tidak diketahui siapakah yang dimaksud teman-teman lamanya disini.

Dan selagi Kichi kabur, disini Ito bertemu dengan Yugiri yang sendirian di hutan, dan mereka pun bertarung dengan 1 serangan.

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 8 & 9 12

Dan seperti yang kalian ketahui, bahwa hasil pertarungan ini dimenangkan oleh Yugiri. Yang meskipun pada akhirnya ia ditangkap karena menetap di Saga dan tidak ikut kabur dengan Kichi. Dengan dianggap sebagai pemberontak di Saga, maka disini Yugiri pun mendapat hukuman, yakni hukuman eksekusi mati dengan cara dipenggal.

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 8 & 9 13

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 8 & 9 14

Itulah akhir dari kenangan Yugiri. Ia memberikan perkataan terakhir lewat surat kepada kakek Kichi yang ditempatkan di dalam kotak obat yang sebelumnya pernah diberikan oleh-nya. Yugiri sempat menyuruh kakek Kichi untuk menghabiskan obat tersebut, dengan maksud apabila telah habis, maka kakek Kichi akan dapat menemukan surat tersebut. Tapi disini sebenarnya kakek Kichi tidak menghabiskan obat pemberian Yugiri, melainkan tidak sengaja menumpahkan-nya.

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 8 & 9 15

Di akhir scene, Franchouchou kembali beraksi di panggung, dengan center-nya tidak lain dan tidak bukan adalah Yugiri, yang membawakan lagu Saga Jihen.

Tidak sampai disitu, disini kita diperlihatkan dengan adegan dimana Yugiri mengunjungi bar milik Master atau kakek Kichi, dan masih misteri mengapa ia masih hidup hingga sekarang.

 

Review:

1. Franchouchou di era Meiji

Sampai saat ini mimin juga bingung, sama seperti kalian, yang berpikir mengapa bisa ada anggota Franchouchou di zaman ini. Apakah ini hanya fatamorgana yang diberikan oleh MAPPA kepada penonton supaya kita tidak bosan?

 

2. Foto Yamada Tae

Di episode 9, ada satu penampakan dimana saat terlihat dua buah bingkai foto yang terpajang di sebuah pos penjagaan.

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 8 & 9 16

Foto di sebelah kanan memperlihatkan Ito, Yugiri, dan Kichi. Namun foto yang satu lagi memperlihatkan Yamada Tae. Masih misterius mengapa bisa ada foto Tae disana, dan apa sebenarnya jabatan Tae di era tersebut. Apakah ini juga hanya sekedar kiasan yang dibuat oleh MAPPA?

 

3. Apa yang dilakukan Kichi sehingga nama Saga kembali?

Tidak diceritakan lebih detail apa yang dilakukan Kichi sehingga bisa membuat Saga baru yang diimpikan-nya menjadi kenyataan. Namun sepertinya Saga dapat tercipta karena sebuah petisi yang menyatakan berpisahnya Prefektur Saga dengan Prefektur Nagasaki pada 9 Mei, tahun ke-16 Meiji.

 

4. Kematian Yugiri

Dari semua anggota Franchouchou, kematian Yugiri merupakan yang paling berbeda diantara yang lain. Anggota Franchouchou umum-nya meninggal karena kecelakaan, dalam artian “tidak sengaja”. Tapi disini Yugiri mati dengan mengorbankan nyawa-nya sendiri. Ia rela berkorban untuk menyelamatkan Saga yang saat ini ditempati oleh para idol Franchouchou untuk tampil. Siapa sangka bahwa Yugiri merupakan legenda yang paling legendaris diantara semua legenda.

Tapi kita masih belum tahu mengenai Yamada Tae. Apakah kematian-nya akan menjadi yang paling legendaris yang pernah ada? Atau mungkin ini hanya tipuan muslihat dari MAPPA yang ingin membuat penonton penasaran, padahal sebanarnya Tae itu tidak legenda? Hal ini mungkin saja, karena mengingat kuburan-nya ada di dekat Sakura yang bukan seorang legenda, maka seperti-nya Tae juga bukan seorang legenda.

 

5. Penyebab kematian anggota Franchouchou terlihat dari balutan perban dan bekas luka-nya

Mimin sebenarnya menyadari hal ini sudah cukup lama, mungkin dari musim pertama-nya. Namun hal ini masih menjadi spekulasi mimin saja. Tapi setelah mengetahui kematian Yugiri, maka bisa ditebak bahwa balutan perban dari tiap anggota Franchouchou menjadi sebuah petunjuk untuk gambaran kematian mereka.

Yugiri memiliki bekas jahitan yang pas di bagian leher-nya, yang telah memberi gambaran bahwa ia mati karena dipenggal. Lily detak jantung-nya keluar, menandakan kematian karena serangan jantung. Sakura tidak perlu ditebak karena sudah tertera di sinopsis dan episode 1 nya. Tapi saat menjadi zombie, tanda kematian-nya ada di kepala-nya, yang memberi gambaran bahwa ia mati karena terbentur (seperti kecelakaan).

Untuk Ai, perban di hampir seluruh badan, yang memberikan gambaran luka bakar. Untuk Saki (jatuh ke jurang dengan motor) dan Junko (kecelakaan pesawat), karena mati dalam kecelakaan (bukan kecelakaan seperti Sakura), maka sebenarnya sedikit sulit ditebak, karena perban-nya tidak terlalu memberi petunjuk. Melihat dari penyebab kematian mereka berdua, seharusnya tubuh mereka hancur saat kecelakaan terjadi.

Nah, untuk Tae yang perban-nya ada di badan seperti mumi, silakan kalian tebak sendiri kira-kira apa penyebab kematian-nya~

 

6. Apakah anime ini mengalami perubahan Genre?

Beberapa penonton mungkin beranggapan bahwa anime ini mulai berubah genre. Hal ini dikarenakan episode 9 dengan adegan pertarungan dengan katana yang membuat anime ini mengarah seperti cerita samurai. Adegan flashback disini sebenarnya hanya sebentar saja, bahkan mungkin sangat singkat.

Perubahan plot cerita yang tajam disini juga sebenarnya merupakan daya tarik dari anime itu sendiri, dan bukan berarti genre-nya akan berubah. Grup idol Franchouchou memiliki variasi karakter, dan hidup di zaman yang berbeda-beda. Ada yang pure seorang idol, ada yang mantan geng motor, bahkan ada gadis sekolah biasa. Dari sinilah banyak cerita yang bisa disajikan oleh anime ini, termasuk adegan pertarungan samurai yang merupakan masa lalu Yugiri sekalipun.

Hal ini menurut mimin membuat Zombieland Saga cukup menarik untuk ditonton, bahkan memberi kesan yang lebih mendalam dibandingkan dengan anime idol-idol biasa.

 

7. Mengapa harus idol untuk menyelamatkan Saga?

Masih menjadi misteri mengapa Kotarou menginstruksikan untuk mendirikan idol agar dapat menyelamatkan Saga. Jika dilihat dari musim pertama-nya saat Sakura 1 sekolah dengan Kotarou, sepertinya ini adalah bentuk rasa kasih dari Kotarou karena impian Sakura tidak terwujud.

 

8. Semakin akhir, semakin banyak misteri

Dan.. hal unik lainnya yang ada pada serial anime ini. Yaitu dimana kita telah semakin dekat dengan penghujung musim anime ini, bukannya meminimalisir misteri yang ada, tapi anime ini malah semakin memberikan banyak misteri.

Untuk misteri yang terdapat pada episode 8 & 9 yang merupakan flashback ini, sebaiknya tidak perlu kalian pikirkan, karena hal ini sepertinya tidak akan ada hubungan-nya dengan episode-episode yang akan datang. Paling tidak mungkin hanya beberapa misteri saja.

 

9. Adegan dimana pengemis misterius mengatakan sesuatu pada Ito

Ada 1 adegan dimana kita diperlihatkan bahwa seorang pengemis yang sebelumnya menerima surat rahasia dari Ito mengatakan sesuatu saat berpapasan dengan-nya. Namun disini kita tidak diperlihatkan atau pun diberi gambaran mengenai apa yang diucapkan oleh pengemis itu kepada Ito.

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 8 & 9 17

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 8 & 9 18

 

Next Episode:

Untuk episode selanjutnya akan berjudul “Bagaimana Zombie Mendapatkan Pembalasannya SAGA”. Dan disini, preview memperlihatkan adegan dimana Ookoba yang berbicara dengan Kotarou. Wah, sepertinya telah mulai terungkap secara terang-terangan nih.. Bagaimana menurut pendapat kalian?

Mari kita nantikan kelanjutan-nya minggu depan~!

 

 

Yu_Muyya

Akatsuki, DMM.com, The Anime Times Company, Kadokawa Berinvestasi di MyAnimeList

Previous article

Sutradara Anime Shinji Takamatsu Membahas Pengaruh Streaming China pada Jadwal Produksi Anime

Next article

You may also like

Komentar