Super CubAnimeSimak

[Review] Super Cub – Episode 6

0
[Review] Super Cub - Episode 6 1

Sinopsis:

Siswi SMA kelas dua, Koguma tidak menjalani kehidupan yang sangat menarik. Ia tidak memiliki orang tua, dan tidak memiliki teman atau hobi untuk menyibukkan kehidupan sehari-harinya. Suatu hari, ia membeli sepeda motor Honda Super Cub bekas dan menggunakannya untuk pergi ke sekolah. Seiring berjalannya waktu, Koguma tidak hanya memiliki kehidupan petualangan yang baru, namun ia juga menjalin persahabatan yang berharga berkat sepeda motor kecilnya yang berharga.

Anime Super Cub akhirnya mulai ditayangkan pada hari Rabu (7/4) di channel AT-X, Tokyo MX, TV Aichi, KBS Kyoto, dan BS11.

Episode 6 telah ditayangkan pada hari Rabu (12/5). Di episode sebelumnya, Super Cub menceritakan keseharian musim panas Reiko yang berusaha untuk menaklukkan Gunung Fuji. Alhasil, ia tidak pernah bisa untuk bisa sampai di puncak.

Di bagian preview untuk episode 6 menampilkan judul “Cub ku”. Bagaimanakah kisah-nya?

Baca juga: [Review] Super Cub – Episode 5

Episode 6:

Sebelumnya di episode 5, Koguma pernah bilang akan membuat SIM normal, dan berniat memodifikasi motor-nya atas saran Reiko. Mimin kira mungkin di episode ini akan menceritakan bagaimana Koguma mendapatkan semua itu, namun… ternyata tidak.

Di awal episode 6, telah diceritakan bahwa musim panas telah usai dan Koguma sudah mendapatkan SIM baru serta memodifikasi motor-nya dari 49 cc ke 52 cc.

Dan… itu saja untuk bagian awal. Sekarang kita disajikan sebuah plot baru, yaitu pelajaran setelah liburan musim panas. Koguma dan teman sekelas-nya akan mengadakan darmawisata.

[Review] Super Cub - Episode 6 2

Reiko dan Koguma sangat menantikan darmawisata tersebut. Masing-masing sudah tidak sabar untuk menantikan pemandangan indah dan menikmati makanan daerah di Kamakura.

Hari darmawisata telah tiba, dan sayangnya, Koguma mengalami demam.

[Review] Super Cub - Episode 6 3

Ia menelpon ke sekolah dan meminta izin untuk tidak hadir saat darmawisata. Keseharian-nya yang diluar ekspetasi dan membosankan tersebut pun akhirnya dimulai. Namun, Koguma menolak untuk beristirahat setelah melihat motor Cub-nya yang terparkir tak digunakan.

Ia pun ber-inisiatif untuk pergi darmawisata dengan menggunakan motor Cub-nya. Hal ini baru diketahui oleh Reiko yang menelpon-nya. Reiko menyarankan Koguma untuk tidak melakukan hal berbahaya tersebut, tapi dibalik peringatan-nya ia juga berpikir bahwa kemungkinan Koguma tidak akan menuruti hal tersebut. Dan hal tersebut ternyata benar, Koguma menolak untuk kembali ke rumah karena sudah melakukan perjalanan. Sementara itu, Reiko dan murid lain pergi darmawisata menggunakan bis.

Koguma menelusuri perjalanan wisata ini menggunakan bantuan peta, dan mencari beberapa jalan terdekat untuk bisa sampai ke Kamakura.

[Review] Super Cub - Episode 6 4

Koguma sesekali berhenti sejenak untuk mengisi bensin dan membeli air. Selain itu ia juga sempat berhenti untuk melihat beberapa pemandangan yang indah. Perjalanan yang dilakukan anak ini tentunya tidak semudah yang dibayangkan.

Ia sampai di tempat tujuan pada sore hari, bersamaan dengan bis kelas-nya. Dan tentu saja, hal ini membuat kaget seluruh siswa karena Koguma izin untuk tidak hadir, tapi malah datang sendirian menggunakan motor.

Sebagai teman (yang mungkin satu-satunya), Reiko keluar dari bis dan menyambut kedatangan Koguma.

[Review] Super Cub - Episode 6 5

Dan tentu saja tindakan Koguma mendapatkan kritikan dari guru. Namun disini ia dibantu oleh Reiko untuk menguatkan alasan tindakan Koguma dan menemani-nya sepanjang darmawisata.

[Review] Super Cub - Episode 6 6

Setelah selesai diceramahi oleh guru, mereka berdua pun istirahat, dan menikmati onsen di tempat tersebut. Selama di onsen, Koguma menceritakan perjalanan-nya selama darmawisata menggunakan Cub, dan ternyata Koguma juga sempat mencoba melewati Gunung Fuji.

Keesokan hari-nya, Koguma dan Reiko kembali berbuat nakal, yaitu pergi menggunakan motor Cub milik Koguma di saat kegiatan darmawisata berlangsung. Mereka naik motor berboncengan dan berjalan-jalan menikmati darmawisata hanya berdua saja.

[Review] Super Cub - Episode 6 7

Di akhir scene, Reiko mengungkapkan bahwa motor Cub-nya sudah tidak selamat. Kali ini benar-benar rusak total, dan sudah tidak bisa dipakai. Ia pun mengatakan akan membeli motor Cub baru nantinya.


 

Review:

1. Episode ini membawakan cerita yang sedikit diluar ekspetasi

Disini, ada 2 hal yang ternyata diluar ekspetasi mimin terhadap episode 6 Super Cub. Yang pertama tentang cerita-nya yang mimin pikir mungkin masih menceritakan tentang liburan musim panas, namun ternyata telah selesai, dan disini telah diceritakan bahwa Koguma telah mendapatkan SIM biasa serta memodifikasi motor-nya. Padahal di episode sebelumnya, hal tersebut masih sebuah rencana.

Kemudian yang kedua mengenai Koguma yang demam. Sekilas dengan pergi darmawisata menggunakan motor Cub dengan jarak yang cukup jauh, seharusnya bisa saja membuat Koguma drop di jalan atau membuat demam-nya semakin parah saat sampai di tempat tujuan. Namun ternyata tidak. Karena hingga keesokan harinya pada kegiatan darmawisata mereka, Koguma masih terlihat baik-baik saja.

Tapi mengenai demam Koguma sebenarnya hal ini tidak-lah janggal, karena seperti yang terlihat pada saat ia mengecek menggunakan termometer, suhu tubuh-nya memang naik, namun disini tidak diperlihatkan Koguma batuk ataupun pilek, atau bahkan menggunakan kompres. Di episode sebelumnya juga tidak memperlihatkan tanda-tanda dari kegiatan Koguma yang berpotensi dapat menimbulkan demam. Terakhir di episode 4 saat liburan musim panas dimana Koguma kehujanan, namun itu seharusnya cukup jauh karena pada episode 6 liburan musim panas telah selesai.

Untuk saat ini bisa disimpulkan, bahwa Koguma sebenarnya tidak benar-benar demam. Tapi hal ini belum terjawab sepenuhnya karena bisa saja di episode selanjutnya efek dari kelalaian istirahat Koguma akan terlihat.

 

2. Koguma sedang demam, namun mengapa tetap pergi darmawisata?

Sebenarnya sekilas pada episode ini terlihat bahwa Koguma tertantang untuk menikmati darmawisata menggunakan motor Cub-nya. Hal ini terlihat saat Koguma menendang sebuah batu, lalu batu tersebut mengarah ke motor Cub milik-nya yang terparkir.

Seandainya bukan karena motor Cub, anggap saja karena sekedar ingin menikmati onsen atau melihat pemandangan, pasti ia tidak mungkin izin kepada guru, dan tetap memaksa ikut darmawisata dengan naik bis.

 

3. Pesan moral

Koguma memang sering mencontohkan hal-hal yang baik kepada penonton, terutama dari cara-nya membawa motor. Namun untuk episode ini, kalian tidak boleh meniru Koguma ya.. hehe..

Kalian harus istirahat ketika sakit, dan jangan berbuat yang tidak-tidak dan berpotensi berbahaya hanya untuk kesenangan sendiri. Sekilas Koguma malah tertular sifat Reiko yang nekat merusak motor hanya untuk pergi ke puncak Gunung Fuji.


 

Next Episode:

Episode selanjutnya menampilkan judul “Langit Musim Panas dan Gadis Aqua”. Memperlihatkan kata gadis, sepertinya akan ada muncul karakter lain lagi nih. Mengingat masih ada satu main character lagi yang belum muncul di anime ini.

Tapi di episode 6 gadis ini sudah sempat muncul di beberapa adegan. Apakah kira-kira dia akan muncul di episode selanjutnya?

Mari kita nantikan kelanjutannya minggu depan~!

Yu_Muyya

Elex Media Akan Menerbitkan “Come to My Infirmary” di Indonesia pada Tahun 2021

Previous article

Anime ‘I’ve Been Killing Slimes for 300 Years and Maxed Out My Level’ Tambahkan 6 Anggota Seiyuu

Next article

More in Super Cub

You may also like

Komentar