Zombieland SagaAnimeSimak

[Review] Zombieland Saga: Revenge – Episode 12 (END)

0
zombieland saga revenge end

Anime Zombieland Saga: Revenge atau musim ke-2 dari anime Zombieland Saga telah berakhir pada hari Kamis (24/6) malam. Tidak terasa anime ini sudah tayang sekitar kurang lebih 3 bulan, dan telah memberikan kita banyak sekali kisah-kisah lanjutan dari seri musim sebelumnya.

Sekarang karena sudah mencapai episode terakhir, apa saja misteri yang sudah terjawab dari musim ke-2 ini?

Baca juga: [Review] Zombieland Saga: Revenge – Episode 11

 

Episode 12:

Untuk kalian yang sepertinya sangat menyayangkan penampilan Franchouchou yang sangat minim di musim ke-2 ini karena lebih banyak menampilkan cerita yang sedikit serius dan beberapa drama, maka di episode 12 anime ini, telah dikhususkan untuk kalian bisa menikmati penampilan Franchouchou lebih lama.

Tidak seperti episode sebelum-sebelumnya, episode terakhir anime ini membawakan durasi sekitar 27 menit, tanpa opening maupun ending. Semua-nya adalah cerita, dan sekitar hampir 50% seluruh-nya adalah tarian dan nyanyian Franchouchou.

Episode ini benar-benar sebuah Revenge untuk kalian para penonton Franchouchou, baik untuk penonton di dalam anime maupun kalian sebagai penonton asli anime ini. Tidak tanggung-tanggung Franchouchou membawakan 3 lagu dengan durasi penuh sampai episode ini berakhir.

end

Tentu saja mereka tampil di Stadion Ekimae, yang merupakan tempat dimana mereka runtuh 1 tahun yang lalu. Namun akhirnya disini Franchouchou berhasil mendatangkan penonton yang memenuhi seluruh Stadion tersebut.

Kedatangan penonton diawali oleh 2 orang metal yang merupakan fans pertama Franchouchou dari awal musim. Dilanjutkan dengan rombongan-rombongan dari kalangan penggemar seperti ayah Lily dan teman-teman kerja-nya, rombongan Maimai, anak-anak dan orang tua Saga yang sebelumnya mengungsi dan dihibur oleh Franchouchou, White Ryu dan tim-nya, Ozora Light, bahkan grup idol Iron Frill.

Semua yang pernah tampil sebagai sampingan datang memenuhi Stadion ini, kecuali orang-orang era Meiji di episode 8 dan 9, karena mereka sudah tiada. Namun menurut Yugiri, mereka yang telah tiada pun pasti tetap memperhatikan mereka dari jauh.

Tentunya semua penonton ini datang tidak secara tiba-tiba. Bagaimana mereka bisa datang sebanyak ini? Itu karena pengumuman dari Saki melalui siaran radio-nya, dan di tempat lain karena permintaan dari Kotarou terhadap wali kota Saga untuk mengizinkan mereka tampil di Stadion Ekimae meskipun saat ini sedang bencana.

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 12 (END) 1

Bagaimana dengan Ookoba? Ternyata Kotarou yang sebelumnya meminta bantuan kepada Ookoba itu adalah untuk menyebarkan surat kabar tentang penampilan Franchouchou di Stadion Ekimae pada tanggal 8 Maret.

end

Tentu saja, Master Jofuku juga hadir menonton Franchouchou bersama Kotarou. Meskipun sebenarnya ia tampak sehat, dan masih misterius mengapa ia sakit-sakitan saat di episode 10.

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 12 (END) 2

Di akhir scene, ada sebuah UFO yang mengeluarkan sinar laser mematikan yang menyerang sebuah kota. Belum diketahui secara pasti kota yang diserang, dan bisa jadi itu adalah Saga.

Sekilas anime ini malah memberikan cerita yang menyimpang lagi, mengingat banyak penonton yang mengeluh karena anime ini sering kali menceritakan sesuatu yang jauh dari genre asli-nya. Dan sekarang, dari zombie, apakah kita harus beralih ke invasi alien?

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 12 (END) 3

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 12 (END) 4


Review:

Misteri yang belum terpecahkan

Seperti yang kita ketahui bahwa anime ini masih menyisakan banyak tanda tanya yang membuat penonton semakin penasaran dengan tujuan dari seri Zombieland Saga. Masalah yang belum terpecahkan sebenarnya cukup banyak, seperti identitas Tae, Master Jofuku yang masih hidup, masa lalu Kotarou, bagaimana proyek Zombieland Saga bisa berjalan, dan lain-lain.

Mimin sampai tidak bisa menghitung lagi berapa banyak misteri yang muncul dalam anime ini nih.. Bahkan sekarang dengan akhir scene yang memperlihatkan sebuah UFO muncul, membuat misteri pada anime ini sebenarnya semakin membingungkan saja.

Dan untuk saat ini, tidak banyak yang bisa kita tebak, berhubung anime original tidak memiliki versi alternatif ataupun sumber untuk dijadikan bahan teori. Jadi kita berharap saja ya, mudah-mudahan akan ada musim ke-3 dan bisa memberikan semua jawaban yang belum terungkap.

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 12 (END) 5


 

Pesan Moral:

“Apa yang kalian bangga-kan para zombie bodoh? Hanya dengan reaksi penonton seperti itu saja kalian bangga? Tindakan kalian itu hanya masih sebagian kecil saja untuk menyelamatkan Saga. Jangan larut dalam kesenangan yang berlebihan hanya karena kalian berhasil hari ini!
Coba dengarkan-lah suara mereka! Mereka ingin kalian tampil lagi! Cepat kesana dan penuhi harapan mereka..!

Ayo, go! go! go! – go! go!- go! – go!”

Tatsumi Kotarou

Kata-kata Kotaoru mengisnpirasi kita bahwa “Jangan bangga hanya dengan pujian~ Ingat banyak nyamuk mati karena tepuk tangan”.

[Review] Zombieland Saga: Revenge - Episode 12 (END) 6

Bagaimana pendapat kalian mengenai musim ke-2 anime Zombieland Saga ini? Menurut kalian apakah musim ke-3 nantinya akan datang? Menurut mimin seharusnya ada, karena berhubung anime ini masih menyisakan banyak misteri, dan ending yang masih samar-samar kejelasan-nya. Apalagi ini anime asli buatan studio MAPPA, jadi mungkin seharusnya tidak dibiarkan berakhir dengan cerita yang “gantung” kan?

Mari kita nantikan sama-sama, mudah-mudahan akan ada kabar segera untuk musim ke-3 nya~!

 

🔗 Zombieland Saga: Revenge Official Website

Yu_Muyya

Film Anime Ai no Utagoe o Kikasete Mendapatkan Manga

Previous article

Versi Switch Game Dragon Star Varnir Akan Diluncurkan di Barat pada Tanggal 3 Agustus

Next article

You may also like

Komentar