Tantei wa Mou, ShindeiruAnimeReviewSimak

[Review] Tantei wa Mou, Shindeiru – Episode 12 (END)

0
anime tantei wa mou, shindeiru episode 12 end terakhir tamat

Episode ke-12 sekaligus terakhir anime Tantei wa Mou, Shindeiru telah ditayangkan pada hari Minggu (19/9). Kisah seorang magnet masalah Kimizuka Kimihiko yang pernah menjalani hidup-nya bersama seorang gadis detektif hebat dengan nama samaran Siesta.

Tidak terasa, kurang lebih sudah 3 bulan anime ini menemani kita setiap hari Minggu malam dan sekarang telah sampai pada penghujung episode.

Preview untuk episode 12 anime Tantei wa Mou, Shindeiru membawakan judul  “3 Tahun Mempesona yang Aku Habiskan Bersama-mu adalah…”. Hal menarik apa saja yang diperlihatkan dari episode terakhir ini?

Baca juga: [Review] Tantei wa Mou, Shindeiru – Episode 10 & 11

 

Tantei wa Mou, Shindeiru

Episode 12: “3 Tahun Mempesona yang Aku Habiskan Bersama-mu adalah…” (END)

Di episode sebelumnya, mimin sempat merekap ulang cerita anime Tantei wa Mou, Shindeiru untuk kalian yang sekilas tidak paham dengan alur cerita anime ini karena sering melompat-lompat waktu dan kesadaran pada tiap karakter.

Dan seperti yang telah mimin bahas juga pada episode sebelumnya, bahwa inti cerita dari anime ini adalah “jantung”, baik itu jantung dari para klon ciptaan Seed, jantung Nagisa, dan juga jantung Siesta semuanya adalah bagian inti dari cerita ini.

Kemudian setelah merekap ulang cerita di episode sebelumnya, pertanyaan mimin yang sebelumnya masih belum terjawab adalah “Kemana-kah perginya tubuh Hel yang diambil alih oleh Siesta? Apakah lenyap? Dikubur? Menghilang? Atau ada hal lain?“.

Dan akhirnya, jawaban-nya terungkap juga di episode ini..

[Review] Tantei wa Mou, Shindeiru - Episode 12 (END) 1

Tubuh Hel yang Diambil Alih Siesta adalah Nagisa yang Sekarang

Yah, seperti yang telah mimin jelaskan sebelumnya, bahwa Nagisa itu terdiri dari jiwa Alicia, tubuh Hel, dan jantung Siesta. Di akhir kebersamaan Kimihiko dengan Siesta sebelum ingatan-nya dilenyapkan oleh serbuk bunga beracun, Siesta mengikat rambut-nya menggunakan pita milik Alicia menjadi model ponytail menyamping, yang sama seperti model Nagisa sekarang.

Dan nama Natsunagi Nagisa ini juga Siesta-lah yang menamai wujud baru dari tubuh tersebut.

[Review] Tantei wa Mou, Shindeiru - Episode 12 (END) 2


Apakah Nagisa Termasuk Kategori Manusia Buatan?

Dari jawaban yang diberikan dari episode ini, mungkin kalian jadi bertanya-tanya, bahwa bukan-kah itu berarti Nagisa bukan-lah manusia asli dari lahir sejak kecil? Bukan-kah sifat-nya itu dibentuk dari sifat Alicia?

Kalau ditanya apakah dia itu manusia buatan, jawaban-nya tentu saja tidak, karena manusia buatan itu seperti SPES. Sementara Nagisa ini hanya-lah jiwa baru yang wadah-nya menggunakan tubuh dari Hel yang ditekan oleh Siesta.

 

Lalu Alicia itu Siapa?

Untuk saat ini dapat disimpulkan bahwa masa lalu Nagisa mengenai jantung-nya yang bermasalah itu hanyalah ingatan dari banyak jiwa yang sudah ditampung di dalam tubuh Hel.

Dan untuk Alicia ini… mimin juga masih belum tahu jawaban-nya, karena tidak diperlihatkan dengan jelas asal usul muncul-nya Alicia. Untuk menemukan jawaban-nya, kalian bisa membaca versi novel ringan-nya. Disini sengaja tidak mimin ungkap-kan karena kita disini cukup membahas versi anime-nya saja ya, hehe..

[Review] Tantei wa Mou, Shindeiru - Episode 12 (END) 3


 

Apakah SPES Masih Ada?

Jawaban-nya adalah ya. Seed juga masih hidup, jadi manusia buatan tentunya akan terus berkeliaran.

 

Siapa Nama Asli Siesta?

Mengingat Siesta adalah code name yang berarti “tidur siang”, menurut kalian siapakah nama asli dari gadis detektif nomor 1 yang mampu memecahkan masalah sebelum masalah terjadi ini?

Mungkin-kah Origami-san? Eh..?

[Review] Tantei wa Mou, Shindeiru - Episode 12 (END) 4


Kelebihan dan Kekurangan Anime Tanmoshi

Anime Tantei wa Mou, Shindeiru sejak perilisan-nya di musim panas 2021 menjadi salah satu anime yang paling populer dan paling ditunggu-tunggu di musim ini, bahkan mungkin tahun ini. Di setiap peluncuran anime musiman, tentunya tidak akan luput dari berbagai hal menarik dan juga hal absurd di dalam anime tersebut.

Berikut daftar hal yang cukup menjadi sorotan dalam anime Tantei wa Mou, Shindeiru:

Kelebihan:

  1. Desain karakter yang cukup memanjakan mata, didukung juga dengan desain latar dan penataan warna.
  2. Cerita yang sejenak calm dan terkadang menjadi tegang. Namun saat masuk momen komedi, hal yang ditampilkan cukup mengundang tawa.
  3. Beberapa adegan membuat penonton tertipu dimana mereka berasumsi tentang kematian Siesta yang sepertinya sudah di depan mata (mengingat anime ini menceritakan Siesta yang sudah mati).

Kekurangan:

  1. Adegan action yang (menurut mimin) sedikit kurang terasa ketegangan-nya.
  2. Terlalu banyak flashback, membuat impresi terhadap cerita anime Tantei wa Mou, Shindeiru berubah karena tidak sesuai perkiraan (awal-nya mimin pikir ini akan merujuk ke kasus yang berbeda-beda tiap episode).
  3. Kurang melibatkan peran orang asing, sehingga hanya berputar pada karakter yang memang diperkenalkan saja (seperti saat konser Saikawa Yui, dimana penonton-nya terlihat absurd).

Meskipun ada 3 poin yang mimin rangkum di masing-masing kelebihan dan kekurangan, sebenarnya jika dilihat seksama poin kekurangan sangat berpengaruh besar pada anime ini, khusus-nya untuk adegan action dan alur cerita.

Sekilas para penonton juga mungkin berpikir bahwa anime ini sedikit melenceng dari alur cerita detektif pada umum-nya.

Namun menurut mimin secara keseluruhan pembawaan animasi yang dipersembahkan oleh ENGI ini bisa dibilang patut di-apresiasi dan tetap pantas untuk diberi tepuk tangan. Anime apapun pasti memiliki sisi menarik dan sisi absurd di luar-nya. Namun jangan sampai kita lupa dengan bagaimana mereka memproses animasi tersebut di dalam-nya.


Momen VTuber yang Viral telah Terlupakan

Jangan lupa bahwa anime ini pernah menampilkan Virtual YouTuber (VTuber) yakni Shirakami Fubuki dan Natsuiro Matsuri. Salah satu momen yang mengejutkan jagat otaku (meskipun padahal sudah diumumkan bahwa akan ada bintang tamu VTuber sebelumnya).

[Review] Tantei wa Mou, Shindeiru - Episode 12 (END) 5

Disini juga merupakan awal-nya mimin berekspetasi bahwa anime ini akan mengarah ke lebih banyak kegiatan idol dari Saikawa Yui.


[Review] Tantei wa Mou, Shindeiru - Episode 10 & 11 11

Selesai sudah penayangan musim pertama anime Tantei wa Mou, Shindeiru. Apakah kira-kira nantinya akan ada proyek untuk musim ke-2 nya? Dan bagaimana kesan kalian terhadap anime ini selama satu musim ini? Silakan tulis di kolom komentar~

 

🔗 Tantei wa Mou, Shindeiru Official Website

Yu_Muyya

[Musicamesta] wowaka – Rolling Girl

Previous article

[Review] Shiroi Suna no Aquatope – Episode 11

Next article

You may also like

Komentar