Tantei wa Mou, ShindeiruAnimeReviewSimak

[Review] Tantei wa Mou, Shindeiru – Episode 1

0
tantei wa mou shindeiru

Anime Tantei wa Mou, Shindeiru. akhirnya mulai ditayangkan pada hari Minggu (4/7). Salah satu anime pembuka sesi musim panas (Summer 2021) tahun ini.

Dan tidak seperti anime pada umum-nya, Tantei wa Mou, Shindeiru. membawakan episode perdana-nya ini dengan durasi kurang lebih 46 menit! Tidak tanggung-tanggung, anime ini memberikan prolog cerita yang lebih luas agar kalian para penonton bisa mengikuti cerita anime ini dengan hikmat, tanpa terlalu terburu-buru untuk mengejar cerita di tiap episode.

Baca juga: [Review] Bokutachi no Remake – Episode 1

 

Sinopsis:

Kimizuka Kimihiko adalah penarik berbagai masalah. Ia selalu saja menjadi saksi mata dari berbagai masalah yang selalu datang menghampiri-nya dari berbagai sudut. Bahkan suatu hari saat sedang berada di pesawat, tiba-tiba kondisi memasuki keadaan darurat dengan sangat membutuhkan seorang detektif di dalamnya. Berniat untuk menghindari masalah, na’as ia kembali dihadapkan masalah di dalam pesawat ini oleh seorang gadis cantik berambut perak yang menggunakan nama sandi Siesta. Ia adalah seorang detektif, dan tanpa basa-basi menyeret Kimihiko sebagai asistennya.

Hidup berwarna dari Kimihiko pun sesaat dimulai, setidaknya sampai 3 tahun, setelah akhirnya Siesta dihadapkan dengan kematian. Kimihiko pun memutuskan untuk menjalani kehidupan SMA-nya seperti biasa. Namun, sebuah takdir datang, ketika seorang gadis dengan kemiripan yang luar biasa dengan Siesta datang ke dalam hidupnya.

 

Tantei wa Mou, Shindeiru.

Episode 1: “Apakah ada Detektif Diantara Para Penumpang?

Sebenarnya dari judul anime ini kalian sudah mengetahui satu hal, bahwa ada seseorang yang mati. Dan itu adalah sang detektif, yakni Siesta. Jadi kalian tidak perlu kaget jika waifu baru kalian ini hanya tampil di episode pertama saja.

Untuk saat ini kemungkinan seperti itu, tapi jika kalian mengikuti cerita dari light novel-nya, mungkin kalian bisa menemukan jawaban yang sebenarnya, mengenai apakah Siesta benar-benar sudah mati atau belum?

[Review] Tantei wa Mou, Shindeiru - Episode 1 1

Oke, jadi seperti yang disertakan dalam sinopsis, bahwa anime ini bermula pada protagonist Kimihiko yang sangat sering dikelilingi oleh banyak masalah. Bukan karena ia adalah pembuat onar dan selalu membuat masalah, melainkan masalah selalu mendatangi-nya di saat-saat yang kurang tepat.

Dan di episode ini, menceritakan awal pertemuan-nya dengan Siesta di pesawat. Saat itu ia masih SMP. Bahkan di dalam pesawat pun ia harus mengalami masalah, yaitu pesawat yang mereka tumpangi tengah dibajak oleh seorang anggota bawahan dari organisasi SPES.

Namun masalah ini dapat berakhir dengan pertarungan yang dilakukan oleh combo Siesta dan asisten-nya, Kimihiko. Meskipun Kimihiko sendiri sebenarnya tidak mengerti apa yang terjadi, dan yang ia tahu hal ini masalah seperti ini telah terjadi beberapa kali padanya. Jadi sebenarnya bukan suatu hal yang mengejutkan.

[Review] Tantei wa Mou, Shindeiru - Episode 1 2

Dari sekian banyak pertemuan masalah Kimihiko, yang berbeda kali ini adalah ia dipertemukan oleh seorang detektif misterius bernama Siesta ini. Gadis imut yang suka berbicara hal rumit dan memojokkan lawan bicara-nya. Terlebih untuk orang seperti Kimihiko, yang tegar dan ingin menjaga wibawa, Siesta semakin suka untuk menggoda diri-nya.

Ia kerap kali meminta Kimihiko untuk menjadi asisten-nya. Meskipun sebenarnya harus melewati berbagai usaha yang keras untuk meminta Kimihiko menjadi asisten-nya. Itu pun setelah mereka menyelesaikan masalah di sekolah Kimihiko, yaitu masalah hantu toilet wanita, yakni “Hanako”.

[Review] Tantei wa Mou, Shindeiru - Episode 1 3

Namun masalah sekecil hantu toilet bukan-lah apa-apa bagi detektif kelas 1 Siesta. Ia bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan singkat. Seperti kata-kata andalan-nya, “Detektif tingkat 1 dapat memecahkan masalah sebelum masalah itu terjadi”.

Menurut mimin ini adalah kata-kata yang cukup keren, mengingat detektif hebat biasanya bisa menyelesaikan masalah apapun, tapi kali ini berbeda, karena detektif ini bisa menyelesaikan masalah bahkan jika masalah itu belum terjadi.

[Review] Tantei wa Mou, Shindeiru - Episode 1 4

Di akhir scene, berakhir-lah kisah dari Kimihiko dan Siesta. Setelah 3 tahun menjalin hubungan partner kerja sebagai detektif, kini Siesta telah mati. Tidak diketahui apa penyebab kematian Siesta, dan tidak diperlihatkan juga apakah Siesta benar-benar mati dengan mayat-nya, atau hanya sekedar menghilang?

Kehidupan Kimihiko yang bercahaya pun kembali redup setelah hilang-nya Siesta dari kehidupan-nya.

[Review] Tantei wa Mou, Shindeiru - Episode 1 5


 

Review:

1. Konsep cerita

Untuk permulaan, cerita yang dibawakan sebenarnya cukup menarik. Dan karena berpatokan pada genre, mimin cukup tidak menyangka jika ada sedikit adegan action yang melibatkan kemampuan yang sifat-nya non-human.

Adegan action di pesawat cukup menarik, meskipun sebenarnya kalian bisa ber-spekulasi bahwa musuh bisa saja menang dan mengalahkan Siesta jika ia serius. Namun Siesta juga bukan-lah orang sembarangan. Terbukti dari kecepatan gerakan-nya yang sudah hampir seperti melakukan teleportasi.

 

2. Durasi

Durasi yang panjang dalam anime ini tidak membuat cerita terasa membosankan. 46 menit yang disajikan menurut mimin cukup baik, dan cerita prolog yang dibawakan juga cukup menarik sehingga cukup membuat penasaran untuk cerita di episode selanjutnya.

 

3. Siesta

Untuk kalian yang belum tahu, Siesta dalam bahasa Inggris berarti “tidur siang”. Namun Siesta adalah code name, atau nama samaran. Jadi kemungkinan itu hanya istilah yang menggambarkan kepribadian-nya.

[Review] Tantei wa Mou, Shindeiru - Episode 1 6


 

Pesan Moral:

“Detektif tingkat 1 itu, bisa memecahkan kasus sebelum itu terjadi”

Siesta

Kata-kata andalan Siesta, yang mencerminkan pencegahan masalah sebelum masalah itu terjadi.

Banyak orang yang baru menyelesaikan masalah ketika hal tersebut terjadi, bahkan ada yang telah menjadi besar dan baru ingin diselesaikan. Namun tidak untuk Siesta. Ia menyelesaikan-nya bahkan sebelum itu terjadi (meskipun sebenarnya ia tidak benar-benar menyelesaikan-nya sebelum itu terjadi, namun hanya me-minimalisir dampak buruk-nya saja. Seperti saat di pesawat, yang mana pembajakan pesawat tetap saja terjadi).

[Review] Tantei wa Mou, Shindeiru - Episode 1 7

Bagaimana pendapat kalian mengenai anime ini? Apa diantara kalian ada yang mengikuti serial light novel-nya? Jangan sungkan untuk men-spoiler berkomentar~!

Next Episode:

Preview untuk episode selanjutnya menampilkan judul “Akan Selalu Kuingat” dengan cuplikan muncul-nya karakter baru, yaitu Natsunagi Nagisa. Kira-kira bagaimana-kah kelanjutan kehidupan Kimihiko tanpa maser-nya Siesta?

Simak kelanjutan-nya minggu depan~!

 

🔗 Tantei wa Mou, Shindeiru Official Website

Yu_Muyya

[Review] Bokutachi no Remake – Episode 1

Previous article

Anime Obey Me! akan Mulai Ditayangkan pada Tanggal 16 Juli

Next article

You may also like

Komentar