Shiroi Suna no AquatopeAnimeReviewSimak

[Review] Shiroi Suna no Aquatope – Episode 9

0
shiroi suna no aquatope episode 9

Episode ke-9 anime Shiroi Suna no Aquatope telah ditayangkan pada hari Jumat (3/9). Kisah dua orang gadis yang bertemu dan saling mewujudkan satu mimpi bersama, bekerja di sebuah tempat wisata bernama Akuarium Gama Gama dan menjalani hari dengan dikelilingi satwa laut yang indah.

Di episode sebelumnya, Shiroi Suna no Aquatope menceritakan sebuah inovasi baru yang diterapkan oleh Akuarium Gama Gama yaitu akuarium berjalan. Berbagai upaya dan metode yang dilakukan oleh pekerja akuarium ini kian bertambah demi mempertahankan krisis penutupan Gama Gama yang sudah mendekati ajal.

Preview untuk episode ke-9 Shiroi Suna no Aquatope membawakan judul “Cinderella, sang Mata-Mata“. Hal menarik apa saja yang diperlihatkan dari episode ini?

Baca juga: [Review] Shiroi Suna no Aquatope – Episode 8

 

Shiroi Suna no Aquatope

Episode 9: “Cinderella, sang Mata-Mata

Ada mata-mata? Seorang Cinderella? Dua-duanya tidak benar. Sebenarnya tidak ada Cinderella disini, dan sebenarnya juga tidak ada mata-mata, hehe.. Seperti yang kalian saksikan pada episode ke-9 ini, bahwa cerita kali ini membawakan sosok anak magang dari sebuah akuarium baru yang akan bekerja sembari belajar di Akuarium Gama Gama.

 

Sosok Karakter Baru: Haebaru Chiyu

Gadis yang berasal dari Akuarium Tingaara, sebuah akuarium baru yang berasal dari pusat kota. Gadis ini datang ke Gama Gama untuk magang karena ingin memperdalam ilmu bekerja di akuarium, dan merupakan rekomendasi dari pembimbing-nya untuk memilih Gama Gama sebagai tempat magang.

[Review] Shiroi Suna no Aquatope - Episode 9 1

Meskipun sekilas aneh juga ya, Gama Gama harus menerima karyawan magang yang berasal dari saingan mereka sendiri. Bukan tanpa alasan, Chiyu ditempatkan di Gama Gama dikarenakan ada seorang legendaris yang mendapatkan julukan “Penjaga Akuarium Legendaris” yang telah bekerja di berbagai akuarium dan berhasil menjaga-nya sampai tidak tutup. Chiyu sendiri diharuskan belajar dari orang tersebut.


 

Penjaga Akuarium Legendaris

Sang penjaga legenda tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah kakek Kukuru. Kalau kita memandang kakek Kukuru ini sebagai manajer Gama Gama yang legendaris memang ada benar-nya. Salah satu orang yang pernah merasakan bahwa kakek Kukuru adalah seorang yang benar-benar hebat adalah Kuuya.

Namun lain hal-nya saat Chiyu meminta bimbingan langsung dari kakek Kukuru. Pekerjaan yang dilakukan oleh sang legendaris ini hanya menyapa para pengunjung yang sepertinya hanya numpang duduk dan mondar-mandir di Gama Gama, bukan untuk melihat ikan. Kemudian ia juga menyapa anak-anak dan orang tua lain yang kegiatan-nya juga sekilas bukan sebagai pengunjung di Gama Gama.

[Review] Shiroi Suna no Aquatope - Episode 9 2

Hal ini memang benar jika dilihat sekilas, para pengunjung tersebut diibaratkan hanya numpang ngobrol di Gama Gama. Namun tahukah kalian, bahwa sebenarnya mereka bukan-nya pengunjung sembarangan. Mereka adalah pengunjung setia Gama Gama, yang sudah mengenal orang-orang di Gama Gama dan dikenal oleh orang Gama Gama.

Tidak hanya itu, mereka pun sudah tahu apa isi dari Akuarium Gama Gama, berbagai jenis satwa-nya, penempatan-nya, dan lain-lain. Mereka sudah cukup familiar dengan akuarium ini, dan yang menjadi pertanyaan adalah “Mengapa mereka tetap mengunjungi Gama Gama? Apakah ada yang membuat mereka betah disana?“.


 

Halusinasi Dimensi Lain di Gama Gama adalah Nyata

Seorang anak yang bermain kartu di Gama Gama mengaku pernah melihat anjing-nya yang telah mati di Gama Gama, dan ia merasakan kenangan yang nikmat disana. Dari episode-episode sebelumnya kita memang sudah sering diperlihatkan sebuah dimensi laut yang mampu menghubungkan seseorang dengan hal yang mereka sayangi.

Sudah banyak yang mengalami hal demikian, dan kita bisa katakan bahwa kekuatan dimensi itu nyata, dan hanya bisa dirasakan oleh orang-orang yang memiliki ikatan dengan Gama Gama.

[Review] Shiroi Suna no Aquatope - Episode 9 3

Kira-kira apakah sang Penjaga Akuarium Legendaris tahu mengenai hal ini? Rasanya sangat tidak mungkin sih, seorang legenda seperti kakek Kukuru tidak pernah merasakan hal ini..


 

Kakak Kukuru

Mimin sebelumnya pernah berspekulasi bahwa sosok orang lain yang dilihat oleh Kukuru dalam dimensi lain itu adalah Kukuru di masa depan. Dan disini kita ralat spekulasi tersebut, karena sosok tersebut sekarang telah diyakini adalah kakak dari Kukuru.

Kira-kira kemana-kah sang kakak ini sekarang?

[Review] Shiroi Suna no Aquatope - Episode 9 4


 

Tanda Nasib Gama Gama Beruntung di Akhir Cerita(?)

Di dalam anime.. atau mungkin tidak perlu cerita anime. Cukup mengulik cerita dari berbagai sumber seperti manga, novel, teater drama, film, cerpen, dan lain-lain. Mungkin kalian sudah sering melihat yang nama-nya karma, dimana ketika suatu hal yang awalnya direndahkan, nantinya akan berhasil di akhir cerita. Kalau di dalam istilah game, biasanya cukup familiar dengan nama epic comeback.

Chiyu diperlihatkan sudah cukup merendahkan Gama Gama di episode ini, dan ia sendiri mengatakan pada dirinya bahwa ia enggan untuk mengunjungi Gama Gama lagi. Apakah ini sebuah gambaran bahwa nanti-nya Gama Gama itu sebenarnya bisa selamat, mengingat “karma is real” dan kemungkinan Chiyu akan kembali ke Gama Gama?

[Review] Shiroi Suna no Aquatope - Episode 9 5


 

Pesan Moral:

Makna yang dapat diambil dari Shiroi Suna no Aquatope episode ke-9, yaitu jangan meremehkan manusia dari sampul-nya. Orang seperti kakek Kukuru sekilas memang terlihat seperti orang tua biasa, yang mungkin sudah mulai pikun, dan hanya bisa menggaruk punggung. Namun perhatikan-lah dengan baik, mengapa ia bisa dijuluki Legendaris jika memang sifat-nya seperti itu.

Hal ini berlaku juga untuk kalian jika menemui sosok orang yang cukup mirip dengan karakteristik ini.

[Review] Shiroi Suna no Aquatope - Episode 4 5

Sudah 9 episode minna-san~! Bagaimana kesan kalian mengenai anime Shiroi Suna no Aquatope? Apakah yang membuat sang kakek menjadi legendaris? Dan dimana-kah kakak Kukuru sekarang?

Simak kelanjutan review Shiroi Suna no Aquatope minggu depan~!

 

🔗 Shiroi Suna no Aquatope Official Website

Manga Ao no Iris akan Hiatus untuk Sementara Waktu

Previous article

[Musicamesta] Kana Nishino – Wishing

Next article

You may also like

Komentar