Shiroi Suna no AquatopeAnimeReviewSimak

[Review] Shiroi Suna no Aquatope – Episode 16 — 24 (END)

0
shiroi suna no aquatope episode 16-24 end

Shiroi Suna no Aquatope, episode 24 yang sekaligus merupakan episode terakhir telah ditayangkan pada hari Jumat (17/12). Tidak terasa, anime ini telah menemani kita sejak musim panas (Summer 2021) lalu, dan menjadi salah satu anime yang paling dramatis di musim tersebut.

Baca juga: [Review] Shiroi Suna no Aquatope – Episode 14 & 15

[Review] Shiroi Suna no Aquatope – Episode 16 — 24 (END) 1

Shiroi Suna no Aquatope

Episode 24

Banyak hal yang terjadi di anime ini. Yang awal-nya hanya sekedar menyajikan slice of life, kemudian bertambah dengan menyajikan berbagai drama ringan sebagai penghilang rasa kantuk dalam mengikuti cerita.

Meskipun sudah tamat, sebenarnya mimin merasa seperti banyak hal yang sebenarnya bisa diceritakan lebih banyak dari anime ini. Namun entah kenapa meskipun sudah 24 episode, cerita yang disajikan dari anime ini pun terasa masih sedikit kurang.

Sebut saja, untuk menambah kesan cerita, mungkin saja bisa menambah gambaran lebih di masa lalu bagaimana Kakek Kukuru di masa jaya-nya. Atau mungkin menampilkan Fuuka dengan sedikit momen ketika ia masih menjadi idol, atau masa lalu Kuuya yang dikatakan cukup kelam di masa SMA, dan lain-lain.

Namun meskipun bagian-bagian itu tidak ditampilkan, sebenarnya ada sisi baik dari hal ini, yakni alur dari anime ini yang konsisten membawakan alur maju dan tidak membawa flashback yang terlalu banyak. Bahkan kalau diingat-ingat, anime ini hampir tidak menampilkan flashback sama sekali. Paling tidak sesekali saja, namun itu bukan-lah flashback yang lama bahkan hingga bertahun-tahun seperti anime drama pada umum-nya.

 

Cerita Berubah Semenjak Gama Gama Tutup

Pada awalnya, mungkin para penonton yang termasuk mimin akan berpikir bahwa anime ini nantinya akan menampilkan momen dimana Gama Gama akan berhasil dipertahankan hingga akhir. Namun siapa sangka, ternyata Gama Gama berakhir di episode 12, dimana akuarium tua tersebut pada akhirnya ditutup untuk selama-lamanya.

Bahkan dunia ilusi yang pernah terlihat di Gama Gama pun jadi terlupakan disini. Awalnya mimin berpikir cerita akan berjalan ke pemecahan misteri darimana ilusi itu berasal, sembari mempertahankan Gama Gama. Namun na’as, alur cerita berkata lain.

[Review] Shiroi Suna no Aquatope – Episode 16 — 24 (END) 2

Meskipun begitu, ilusi ini masih diperlihatkan di episode terakhir, dimana Fuuka dan Kukuru sendiri yang bersama merasakan ilusi tersebut. Para pengunjung sendiri diperlihatkan juga hanyut di dalam dimensi tersebut, namun tidak diketahui apakah mereka sadar seperti Fuuka dan Kukuru atau tidak.

[Review] Shiroi Suna no Aquatope – Episode 16 — 24 (END) 3

 

Beberapa Staf telah Naik Pangkat

Di episode ini kita diperlihatkan dengan Fuuka dan Kaoru yang pergi selama 2 tahun dalam program USTD. Banyak hal yang terjadi di Tingarla, seperti Kuuya yang menjadi ketua menggantikan Kaoru, Akari dan Udon yang menjadi staf tetap, dan tidak terkecuali juga untuk Kukuru yang akhirnya naik pangkat dari plankton menjadi nekton~.

[Review] Shiroi Suna no Aquatope – Episode 16 — 24 (END) 4

Salah satu hal yang mimin cukup perhatikan disini adalah Akari, yang padahal lebih dulu berada di Tingarla dan mengajarkan beberapa hal ke Kukuru. Dan sekarang setelah menjadi staf tetap, ia menjadi junior dari Kukuru.

Dunia kerja memang penuh kejutan ya. Apalagi jika itu di akuarium…

[Review] Shiroi Suna no Aquatope – Episode 16 — 24 (END) 5

 

Aquatope di Pasir Putih

Judul ini baru diperlihatkan saat episode terakhir anime ini. Dimana makna dari judul ini adalah memperlihatkan sebuah tempat yang beralaskan pasir putih dan dikelilingi oleh makhluk-makhluk laut di dalam akuarium. Tempat yang dirujuk disini adalah sebuah tempat resepsi pernikahan.

[Review] Shiroi Suna no Aquatope – Episode 16 — 24 (END) 6

Namun mimin jadi berpikir rasanya judul ini hanya termaknai di akhir episode saja. Selain di episode terakhir, untuk episode lain rasanya tidak terlalu tergambar dengan makna dari Shiroi Suna no Aquatope. Apakah mungkin kalian berpikir hal yang sama? Atau mungkin kalian mendapatkan makna-nya?

 

Siapa Sosok Anak Kecil Misterius yang Kerap Melompat dan Muncul di Anime ini?

Salah satu sosok paling misterius, dan mimin sendiri berpikir bahwa ia ini hanya maskot saja. Jadi tidak diperhitungkan di dalam anime. Ada juga yang mengatakan bahwa makhluk ini merupakan Kijimuna, sejenis roh yang penampilan-nya kurang lebih dengan sosok ini.

[Review] Shiroi Suna no Aquatope – Episode 16 — 24 (END) 7

 

Apakah Mungkin Ada Musim ke-2?

Untuk hal ini, mimin sendiri sebenarnya cukup ragu jika ini terjadi, hehe.. Pasalnya meskipun masih berkesan slice of life, yang dalam artian tidak memiliki tujuan inti dalam cerita, namun akhir dari anime ini sudah cukup memperlihatkan tiap karakter dimana mereka telah sampai di titik pencapaian yang mereka inginkan.

Sebenarnya sah-sah saja apabila mendapatkan musim ke-2, karena seperti yang mimin katakan sebelumnya bahwa masih banyak hal yang bisa diceritakan dari anime ini. Namun mengingat sang dua gadis telah menemukan mimpi mereka, maka kemungkinan anime ini mendapatkan musim ke-2 sangatlah kecil.

Mimin juga merasa anime ini sebenarnya mengikuti jejak Nagi no Asukara, yang cukup berakhir di musim pertama saja. Namun tidak menutup kemungkinan jika Shiroi Suna no Aquatope akan membawakan musim ke-2 nantinya. Karena banyak hal yang bisa terjadi dalam dunia kerja, apalagi… jika itu di akuarium~.

Kita nantikan saja ya kabar baik dari anime ini di waktu yang akan datang.

[Review] Shiroi Suna no Aquatope – Episode 16 — 24 (END) 8

Bagaimana kesan kalian mengenai anime Shiroi Suna no Aquatope? Selesai sudah anime yang selalu menemani kita di tengah malam Jumat ini. Anime yang sangat cocok sebagai pembawa tidur, hehe..

Mudah-mudahan ada lagi anime seperti Shiroi Suna no Aquatope yang menyajikan banyak pengetahuan tentang alam ya.

 

🔗 Shiroi Suna no Aquatope Official Website

Yu_Muyya

Film Anime “Ryuu to Sobakasu no Hime” akan Dibuka di Indonesia pada Tanggal 12 Januari

Previous article

Anime Girls Frontline akan Mulai Tayang pada Tanggal 7 Januari

Next article

You may also like

Komentar