Shiroi Suna no AquatopeAnimeReviewSimak

[Review] Shiroi Suna no Aquatope – Episode 12

0
shiroi suna no aquatope episode 12 review

Episode ke-12 anime Shiroi Suna no Aquatope telah ditayangkan pada hari Jumat (24/9). Kisah dua orang gadis yang bertemu dan saling mewujudkan satu mimpi bersama, bekerja di sebuah tempat wisata bernama Akuarium Gama Gama dan menjalani hari dengan dikelilingi satwa laut yang indah.

Cerita sebelumnya di anime Shiroi Suna no Aquatope membawakan suasana badai di pantai lokasi Gama Gama dan menyebabkan kerusakkan kecil pada bangunan wisata tersebut.

Preview untuk Shiroi Suna no Aquatope episode 12 membawakan judul “Lautan Kita Tidak Akan Ada Habisnya“. Hal menarik apa saja yang diperlihatkan dari episode ini?

Baca juga: [Review] Shiroi Suna no Aquatope – Episode 11

 

Shiroi Suna no Aquatope

Episode 12: “Lautan Kita Tidak Akan Ada Habisnya

Sayang sekali minna-san, Akuarium Gama Gama harus tutup dan berakhir di episode ini. Ternyata Gama Gama tidak bertahan hingga akhir episode, namun hanya sampai pertengahan musim saja.

Episode ini bisa dibilang cukup menarik, berhubung ceritanya perpisahan dengan Gama Gama. Tidak hanya di episode ini, di episode sebelumnya juga anime ini membawakan suasana cerita yang tidak biasa, yakni cukup menegangkan karena badai yang menerjang Gama Gama.

Dan.. tidak seperti episode-episode sebelumnya. Pengunjung Gama Gama di hari terakhir sangat ramai. Banyak yang mengenang masa lalu mereka di tempat ini. Maklum mengingat Gama Gama adalah salah satu akuarium tertua (di anime ini..).

[Review] Shiroi Suna no Aquatope - Episode 12 1

Oh ya, ada hal menarik juga yang tidak biasa dari episode ini, meskipun ini cuma hal sepele. Yaitu opening yang ditayangkan langsung saat anime ini mulai tayang. Karena biasanya anime ini selalu menampilkan intro awal cerita yang akan dibawakan di masing-masing episode.

 

Kebenaran Kakak Kukuru

Akhirnya di episode ini, kebenaran mengenai kakak Kukuru yang pernah diperlihatkan di episode-episode sebelumnya terjawab. Sosok misterius yang saat ini menjadi pertanyaan para penonton dimana-kah keberadaan-nya.

Ternyata kakak Kukuru itu adalah saudara kembar Kukuru. Mereka lahir di waktu yang sama, namun hanya Kukuru yang selamat. Sang kakak tidak dapat meneruskan hidup lebih lama karena kecil-nya peluang hidup dalam mempertahankan keselamatan bayi kembar.

Kebenaran ini diungkapkan oleh nenek Kukuru. Ia sengaja tidak pernah memberitahukan-nya pada Kukuru karena berniat menunggu Kukuru saat sudah dewasa.

[Review] Shiroi Suna no Aquatope - Episode 12 2

Yah, mimin pikir awalnya sang onee-san masih hidup dan mungkin saja bisa menjadi daftar baru di Waifumesta kita, hehe.. Sayang sekali ya, ternyata sang kakak telah wafat sejak lahir.

shiroi suna no aquatope episode 12 review


 

Fuuka Ternyata Juga Anak Sekolah(?)

Fuuka akhirnya pulang ke Tokyo, dan salah satu alasan-nya adalah “saat-nya waktu sekolah“. Wah, apa berarti selama ini Fuuka anak sekolahan juga? Mungkin saja benar demikian mengingat di episode ini Fuuka bekerja di Gama Gama saat liburan musim panas.


 

Gama Gama Pindah ke Tingara

Meskipun Gama Gama telah resmi berhenti beroperasi disini, aset dan staf dari Gama Gama diserahkan kepada akuarium baru yaitu Tingara.

Kukuru sendiri telah memutuskan untuk akhirnya pindah kesana, meskipun awalnya ia ragu. Ia akan mulai bekerja setelah lulus SMA. Selain itu, Karin yang saat ini tengah bekerja di rumah sakit mengaku ingin pindah juga ke Tingara, diikuti juga dengan Udon.

Maklum mengingat inovasi baru dari mereka berdua di Gama Gama hanya bertahan sebentar, dan rasanya tidak puas jika akan berakhir begitu saja. Apakah nantinya akan ada lebih keramaian suasana di akuarium baru mereka?


 

Akhir dari Gama Gama

Inilah akhir cerita dari Akuarium Gama Gama. Akhir dari tempat kenangan Kukuru akan orang tua-nya beserta mendiang kakak-nya yang selalu berada di alam ilusi dimensi laut yang hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang memiliki perasaan dalam dengan sesuatu yang mereka sayangi.

Hingga saat ini masih misterius soal dimensi lain di Gama Gama yang kerap kali terjadi oleh beberapa orang. Tidak diketahui juga apakah dimensi ini hanya bisa dilihat di Gama Gama saja, atau bahkan di Tingara pun nanti-nya bisa terjadi juga.

Jika itu terjadi, maka ada kemungkinan bahwa satwa laut juga menentukan muncul-nya ilusi dimensi laut tersebut. Mengingat Tingara juga membawa satwa laut dari Gama Gama. Namun untuk kepastian yang lebih dalam, mari kita saksikan terus anime ini hingga episode terakhir.

[Review] Shiroi Suna no Aquatope - Episode 12 3

[Review] Shiroi Suna no Aquatope - Episode 12 4

[Review] Shiroi Suna no Aquatope - Episode 12 5

[Review] Shiroi Suna no Aquatope - Episode 12 6


 

Pesan Moral:

Makna yang bisa diambil dari episode ini adalah “jangan berpikir akhir adalah sebuah ending atau tamat-nya suatu cerita, namun sebenarnya itu adalah permulaan dari suatu cerita yang baru“.

Suatu hal tidak akan pernah mencapai akhir, namun hal itu akan berevolusi menjadi sesuatu yang baru, dimana wujud atau arah-nya bisa sama maupun berbeda. Jadi jangan pernah terlena dan merasa bahwa “ini selesai” jika kalian menghadapi suatu final moment. Namun buat-lah itu menjadi sesuatu yang baru, yang jauh lebih baik lagi dan lebih menarik dari sebelumnya.

[Review] Shiroi Suna no Aquatope - Episode 4 5

Sudah 12 episode minna-san~! Bagaimana kesan kalian mengenai anime Shiroi Suna no Aquatope? Ternyata Gama Gama tetap tidak bisa selamat ya..

Bukan hanya karena pengunjung, namun faktor umur bangunan juga sangat mempengaruhi hal ini. Apakah cerita baru selanjutnya akan dimulai di Tingara?

Simak kelanjutan ulasan anime Shiroi Suna no Aquatope minggu depan~!

 

🔗 Shiroi Suna no Aquatope Official Website

Yu_Muyya

Anime Tsuki ga Michibiku Isekai Douchuu Resmi Mendapatkan Musim ke-2

Previous article

Kota Nyata yang Jadi Inspirasi Latar Serial Haikyuu!!

Next article

You may also like

Komentar