Shadows HouseAnimeSimak

[Review] Shadows House – Episode 11 & 12

0
shadows house

Episode 11 & 12:

Anime Shadows House episode 11 dan 12 masing-masing telah ditayangkan pada hari Minggu (20/6) dan (27/6). Arc debut saat ini telah selesai, dan satu-satunya yang di-deportasi dalam debut ini adalah pasangan Ram dan Shirley.

Pasangan yang lain merayakan keberhasilan debut mereka, namun keanehan dirasakan oleh para kandidat Shadow terhadap boneka hidup mereka, yakni mereka tidak merasa sedih akan kepergian Ram. Usut punya usut, ternyata penyebabnya adalah sebuah minuman hitam pahit (kopi) yang disediakan untuk para boneka hidup agar meminum-nya, dan ter-hipnotis untuk dapat lebih patuh terhadap perintah para Shadow.

Baca juga: [Review] Shadows House – Episode 10

 

[Review] Shadows House - Episode 11 & 12 1

Hal yang menyadari hal ini adalah Kate, karena melihat sifat Emilyko yang sangat tidak wajar dari biasanya. Dan disini, untuk menyembuhkan Emilyko, ia meminta-nya untuk meminum banyak air hingga kembung bahkan sampai muntah. Ia mengetahui cara menghilangkan hipnotis ini setelah membaca catatan harian Emilyko yang mengatakan bahwa Rosemary pernah mengalami hal yang sama, dan sembuh karena banyak minum air.

[Review] Shadows House - Episode 11 & 12 2

Cara ini telah berhasil menyembuhkan Emilyko, dan berhasil memulihkan pikiran Emilyko. Dalam episode 11 ini, ada beberapa fakta yang terungkap mengenai serial Shadows House, yaitu:

 

1. Wajah para petinggi Shadow yang sebagian besar telah diperlihatkan

Para petinggi Shadow sebagian besar telah menunjukkan wajah mereka, seperti Ryan saat mengunjungi desa untuk mengambil anak-anak yang akan direkrut.

 

2. Boneka hidup sebenarnya adalah manusia

Semua boneka hidup dari Emilyko, Shaun, Ricky, Lou, dan lain-lain adalah manusia. Jadi tidak ada yang namanya boneka hidup. Mereka sebenarnya manusia asli.

Jadi di dekat mansion keluarga Shadow ada sebuah desa yang berada di dekat sana, dan beberapa waktu sekali, para petinggi Shadow di lantai 3 akan merekrut anak-anak baru untuk diajak menjadi bagian dari keluarga Shadows. Tentu saja sebenarnya anak-anak ini hanya akan dijadikan tumbal. Namun orang tua dari anak-anak ini setuju saja, karena tidak tahu kebenaran sesungguhnya mengenai keluarga Shadows.

Emilyko dan lain-lain meminum segelas kopi yang menghipnotis mereka saat datang ke mansion, dan hal ini membuat mereka setengah hilang ingatan. Mereka lupa bahwa mereka punya keluarga maupun orang tua. Dan kemudian arang-arang kecil akan mencoba melekat ke tubuh anak-anak yang terhipnotis ini, kemudian mengikuti bentuk fisik mereka. Dan akhirnya jadilah sosok Shadow.

Hanya fisik saja yang sama, namun sifat bisa saja berbeda, karena hal ini tergantung dari sifat arang-arang kecil ini. Mereka punya sifat masing-masing sejak diciptakan.

[Review] Shadows House - Episode 11 & 12 3

Di episode ini, Emilyko yang sudah sembuh, disadari oleh Edward, dan ia pun diam-diam menculik Emilyko dengan menyamar sebagai boneka wajah tertutup. Ketika Kate menyadari Emilyko menghilang, ia pun meminta bantuan dari John.

Dari sini, isi surat yang sebelumnya pernah diberikan dari John ke Kate akhirnya terungkap, yaitu John mengatakan bahwa jika Kate menerima lamaran dari John, maka datang-lah ke ruangan-nya. Yah, menurut mimin ini benar-benar surat yang cukup menjengkelkan, setelah membuat penasaran penonton. Mimin pikir, John berencana untuk melakukan sesuatu dengan mengandalkan Kate, ternyata tidak…

episode 10

John sendiri kaget dengan kedatangan Kate karena ia pikir Kate akan menerima lamaran dari John. Setelah mendengar cerita mengenai keadaan Emilyko, John juga merasa ada yang aneh dengan Shaun. Dan karena keanehan Shaun, John merasa kesal dan berkelahi dengan Shaun.

Uniknya, perkelahian mereka membuat Shaun terbangun dari hipnotis-nya. John sendiri sengaja untuk memancing Shaun agar berkelahi dengan-nya untuk menyadarkan sifat melawan dari Shaun. Selain air, ternyata mengembalikan ingatan dengan paksa dapat menyingkirkan efek dari minuman kopi ini.

episode 11

Setelah bertemu John, kali ini mereka menemui Patrick dan Louise. Kate meminta mereka semua untuk dapat mencari Emilyko. Untuk Patrick yang merasa berhutang budi pada Emilyko saat debut, ia tentu saja akan membantu-nya. Dan untuk Louise sendiri, sebenarnya sangat sulit untuk diajak. Namun berhubung ia tahu bahwa dalang dibalik semua ini adalah Edward yang sangat dibenci-nya, maka Louise pun juga ikut turun tangan.

episode 11

Cerita dari episode 11 pun berakhir sampai disitu, dan mimin cukup puas dengan episode ini karena beberapa hal yang masih menjadi pertanyaan dari episode-episode sebelumnya akhirnya terungkap.

Selain itu, di episode ini memperlihatkan bahwa Shadow juga bisa mengeluarkan air mata dan darah. Terlihat saat Kate yang menangis saat menyuruh Emilyko minum banyak, dan saat John dipukuli oleh Shaun.

episode 11

Berlanjut pada episode 12 untuk arc penyelamatan Emilyko dan mengungkap misteri yang ada di mansion. Disini ke-4 Shadow sayap anak-anak beserta boneka hidup-nya (sekarang telah diketahui sebagai manusia) tengah menyusun rencana.

Rencana penyelamatan ini diusulkan oleh Shaun, yang mengusulkan untuk pergi ke tempat Edward dengan menggunakan cara yang sama seperti yang dilakukan Edward, yaitu dengan menyamar menjadi boneka wajah tertutup.

Untuk mendapatkan pakaian tersebut, Louise membantu dengan kemampuan menghipnotis-nya yang digunakan kepada salah satu boneka wajah tertutup yang lewat. Setelah itu, mereka pun diarahkan ke tempat ganti pakaian boneka wajah tertutup.

Untuk penyelamatan ke tempat Edward, hanya Kate saja yang akan pergi karena sangat berbahaya untuk pergi terlalu ramai. Dan untuk saat ini, Shadow yang lain akan menunggu di kamar masing-masing agar tidak dicurigai.

episode 12

Di episode ini, diperlihatkan bahwa Lou dan Ricky yang masih ter-hipnotis dapat terbangun hanya karena kata-kata dari majikan mereka. Entah mengapa mereka bisa terbangun hanya dengan kata-kata, namun sepertinya, mungkin karena efek kopi tersebut memiliki batasan waktu tertentu? Bagaimana menurut pendapat kalian?

[Review] Shadows House - Episode 11 & 12 4

Di tempat lain, Edward tengah mengintrogasi Emilyko dengan cara membiarkan-nya lapar dan kehausan, mengingat Emilyko adalah gadis energik yang tidak akan tahan jika tidak mengkonsumsi makanan atau minuman dalam waktu tertentu. Edward mengintrogasi-nya dengan menyamarkan suara-nya menjadi suara perempuan, dan Ia meminta Emilyko untuk mengungkapkan apa sebenarnya yang direncanakan oleh Kate.

Namun tentu saja, Emilyko tidak akan membuka mulut, dan disini ia malah semakin sulit diinterogasi karena karakter-nya yang menyebalkan di depan Edward.

[Review] Shadows House - Episode 11 & 12 5

Di tempat lain, Kate tengah mencari ruangan Emilyko di lantai 2. Ia memasuki beberapa ruangan dan mengetahui beberapa hal, seperti tempat pembuatan kopi, kemudian menemukan sebuah kotak besar yang saat ini belum diketahui apa isi-nya. Namun dari kotak ini mengeluarkan serbuk arang dari celah bagian untuk membuka.

Model kotak ini sendiri seperti sebuah pintu gerbang yang di-gembok. Sekilas juga mungkin terlihat seperti sebuah peti?

[Review] Shadows House - Episode 11 & 12 6

Usaha Kate untuk menyelamatkan Emilyko dikerahkan dengan menggunakan kekuatan-nya untuk mengendalikan Pacchan dari jarak jauh. Kate sendiri menemukan Emilyko setelah ia berteriak dengan keras. Namun di akhir scene, Edward mendatangi Kate dari belakang dan menyambut dengan tatapan hangat-nya.

episode 12


 

Review:

Boneka hidup

Seperti yang kita ketahui bahwa telah terungkap bahwa sebenarnya boneka hidup itu adalah manusia. Dengan kata lain, Emilyko sebenarnya bukan bernama Emilyko, dan pastinya ia memiliki orang tua atau keluarga di luar mansion.

Hal ini memberi gambaran bahwa seluruh rakyat Shadows adalah manusia yang mengendalikan kekuatan arang, dan arang ini dibuat oleh seorang manusia juga yang kita sebut sebagai Lord Shadow. Sekilas anime ini yang awalnya tampak samar dan misterius karena dari mana asal usul Shadow dan boneka hidup, sekarang telah mulai terungkap.

[Review] Shadows House - Episode 11 & 12 7

 

Pesan Moral:

Ketika kalian pernah berjasa pada seseorang, maka tidak menutup kemungkinan jika orang yang terlibat dalam jasa kalian akan mengingat kebaikan kalian. Ketika kalian mendapatkan masalah, dan secara tidak langsung orang yang pernah kalian bantu mengetahui masalah kalian, pastinya orang-orang ini akan bersedia untuk membantu kalian.

Tidak peduli sekecil apapun kebaikan, jangan pikirkan apakah ada manfaat-nya atau tidak untuk orang lain, atau memikirkan apakah nanti ia akan gantian membantu kita saat sedang kesulitan?

Gosip bisa menyebar dengan luas dalam waktu yang singkat. Dan jika kalian sering berbuat baik, secara tidak langsung tindakan kalian itu bisa sampai ke tempat lain yang bahkan sangat jauh dari tempat kalian. Maka dari itu, perbanyak-lah kebaikan untuk mendapatkan feedback yang positif dari orang-orang.

Hal ini tergambar dari orang-orang Shadow sayap anak-anak yang tentunya sudah familiar dengan Emilyko (setidaknya, kecuali Louise) akan kebaikan-nya dan sifat energik-nya.

NB: Kalian boleh meniru kebaikan Emilyko, tapi jangan meniru sifat energik-nya. Karena bisa saja itu tidak cocok dengan kebiasaan kalian sehari-hari, dan akan menjadi aneh di pandangan orang lain.

[Review] Shadows House - Episode 11 & 12 8


Next Episode:

Tidak terasa anime ini telah menemani kita selama kurang lebih 3 bulan, dan kita akan memasuki episode terakhir, dengan judul “Demi Kebaikan Keluarga Shadows”. Apakah Emilyko dan Kate bisa menyelesaikan masalah ini dengan segera?

Simak kelanjutan-nya minggu depan~!

 

🔗 Shadows House Official Website

Yu_Muyya

Kreator Seri Mana Koichi Ishii: Game Konsol Mana Baru dalam Pengembangan

Previous article

Versi Smartphone Trials of Mana Akan Diluncurkan pada Tanggal 15 Juli

Next article

You may also like

Komentar