Selection ProjectAnimeReviewSimak

[Review] SELECTION PROJECT – Episode 13 (END)

0
selection project episode 13 end

Anime Selection Project episode 13 sekaligus terakhir telah ditayangkan pada hari Jumat (24/12). Tidak terasa anime idol terakhir di tahun 2021 ini telah menemani kita selama kurang lebih 3 bulan, dan diantara penayangan-nya menuai banyak kontra dan tidak luput dari kritikan, namun tidak sedikit juga mendapatkan pujian.

Yah kalau bagi mimin sendiri, asalkan nyaman untuk disimak, bagi mimin sudah cukup bagus. Tidak perlu terlalu melakukan kritik yang terlalu detail sampai ke dalam isi dan akar cerita-nya, hehe…

Baca juga: [Review] SELECTION PROJECT – Episode 3 — 12

 

SELECTION PROJECT

Episode 13

Terakhir di episode 12, cerita menyisakan momen dimana Suzune masih pingsan dan anggota 9-tie lainnya terpaksa mengulur waktu sampai Suzune kembali sadar. Disini pun diperlihatkan bahwa Suzune bertemu dengan mendiang Amazawa Akari.

Yah, sekilas sepertinya Suzune bertemu dengan Akari ini seperti dalam mimpi. Namun ketika Suzune telah sadar, sesaat setelah ia mengatakan bahwa ia bertemu dengan Akari membuat bahwa semua itu terlihat seperti nyata, yang dengan kata lain ia seperti seolah benar-benar bertemu dengan Akari.

[Review] SELECTION PROJECT - Episode 13 (END) 1

Salah satu yang sangat mimin sayangkan di episode terakhir ini adalah cerita-nya terasa berlangsung begitu cepat. Bermula dari sadar-nya Suzune, yang memperlihatkan ia seperti tidak pingsan. Padahal biasanya orang pingsan saat bangun pasti akan merasa linglung, dan bertanya-tanya mengapa ia bisa disini, dan sebagainya.

Tingkah Suzune yang mengatakan bertemu Akari ketika bangun memperlihatkan seolah-olah ia mengetahui apa yang telah terjadi di luar meskipun ia dalam keadaan pingsan.

Selain itu, kehadiran SuzuRena secara mendadak saat Hiromi sedang menjelaskan situasi mereka juga terjadi secara mendadak. Kehadiran mereka dari rumah sakit menuju panggung dan teman-teman lain yang langsung turun dari panggung benar-benar terasa cepat. Rasanya terlihat seperti ada adegan yang dipotong.

Ada kemungkinan ini ditujukan untuk menghemat durasi. Walaupun penghematan durasi ini terlalu jelas terlihat-nya, jadi seperti ada adegan yang dilewatkan, atau istilah yang kita kenal yaitu di “skip“.

[Review] SELECTION PROJECT - Episode 13 (END) 2

 

Generasi yang Paling Menyusahkan(?)

Para peserta SELECTION PROJECT musim ke-7 kali ini rasanya benar-benar berbeda dari musim sebelumnya. Maklum saja karena inti dari cerita anime ini adalah suasana baru yang tidak biasa dari SELECTION PROJECT dengan musim-musim sebelumnya.

Entah kenapa, satu-satunya alumni SELECTION PROJECT yang pernah diperlihatkan hanya Amasawa Akari saja. Sementara ajang idol ini telah diadakan sebanyak 6 kali sebelum generasi yang sekarang. Setidaknya, harusnya ada 5 juara SELECTION PROJECT lagi yang kehebatan-nya bisa dibilang setara Akari.

Bisa dibilang ini juga salah satu sedikit kekurangan dari anime ini yang terlalu sibuk menampilkan 9 idol mereka, dan hanya menampilkan Akari sebagai panutan mereka. Walaupun bukan tanpa alasan hal ini dilakukan, karena pada angkatan kali ini ada sosok adik Akari dan juga sang penerima donor jantung dari Akari.

Yah, tapi bagaimanapun juga, karena terbatas-nya jumlah episode yang harus ditayangkan, maka tidak heran jika cerita terlalu fokus pada personil 9-tie. Berharap saja ada musim ke-2 ya, dan berharap menampilkan lebih banyak karakter lagi nantinya, hehe..

 

Apakah Anime Ini Sama dengan Idoly Pride?

Sama belum tentu persis. Mirip belum tentu plagiat. Sederhana-nya seperti itu. Meskipun memiliki beberapa kesamaan, namun sebenarnya dari awal anime ini tayang sudah jelas bahwa anime ini hanya sebatas “mirip” saja.

Anggap saja sama hal-nya jika kalian menonton anime isekai atau fantasi yang petualangan-nya tidak jauh-jauh berbeda dengan anime fantasi yang lain. Karena berhubung ini adalah anime musik bertema idol, makanya terlihat lebih mencolok dan kemiripan-nya langsung ketahuan.

Ditambah lagi, Idoly Pride dan SELECTION PROJECT diumumkan serta ditayangkan di tahun yang sama. Tidak mungkin suatu proyek bisa dijiplak hanya dalam kurun waktu 1 tahun saja.

[Review] SELECTION PROJECT - Episode 13 (END) 3

Lagi pula, bukankah bagus jika anime dengan cerita yang mirip-mirip itu ada banyak ragam-nya? Terkadang para otaku juga sering bertanya “apakah ada anime yang mirip seperti ini?“. Hal ini juga dapat mengobati rasa ketidakpuasan apabila anime yang mereka tonton sebelumnya dirasa kurang memuaskan.

[Review] SELECTION PROJECT - Episode 13 (END) 4

Kira-kira apakah nantinya anime ini akan ada musim ke-2? Apakah diantara kalian ada yang menantikan-nya? Mari kita nantikan kabar baik-nya di waktu yang akan datang~!

 

🔗 Selection Project Official Website

Anime My Stepmom’s Daughter Is My Ex Ungkap Teaser Pertama, Pemeran, Staf, dan Debut 2022

Previous article

Novel Mushikaburi-hime Resmi Mendapatkan Adaptasi Anime

Next article

You may also like

Komentar