Selection ProjectAnimeReviewSimak

[Review] SELECTION PROJECT – Episode 1 & 2

0
selection project idol episode 1 2

Anime Selection Project telah ditayangkan sejak hari Jumat (1/10) dan saat ini telah tayang sebanyak 2 episode. Kisah seorang gadis SMP bernama Miyama Suzune yang memiliki riwayat masa lalu dengan sering terbaring dirawat di rumah sakit karena menderita penyakit yang serius. Ia mencoba untuk mengikuti audisi idol bernama SELECTION PROJECT yang saat ini telah berlangsung pada musim ke-7, dan bertekad untuk menjadi idol terbaik yang melanjutkan idol legendaris SELECTION PROJECT yang pertama, Amasawa Akari.

Baca juga: [Review] Mieruko-chan – Episode 1

 

SELECTION PROJECT

Episode 1 & 2

Belum puas dengan anime idol di musim panas Love Live! Superstar!! ? Jangan khawatir, karena di musim gugur juga ada anime idol baru lagi. Namun mimin rasa level-nya sedikit berbeda dari serial Love Live!

Yah, wajar saja.. karena anime tersebut merupakan franchise legenda, dan masih belum ada tandingan dengan anime-anime idol baru yang sekarang, atau mungkin bahkan anime idol di masa yang akan datang.

Selain itu, anime ini juga sedikit berbeda dari anime idol yang mungkin sering kalian tonton. Jadi mimin rasa kalian tidak perlu menaruh harapan yang terlalu tinggi dengan anime ini jika nantinya akan membawakan sesuatu seperti kekompakkan, kerja sama, semangat latihan, dan lain-lain, hehe..

Karena konsep idol di anime ini bukan-lah berkelompok, melainkan solo. Anime ini merupakan ajang kompetisi dari 9 gadis yang terpilih di tiap daerah di Jepang, dan nama dari kompetisi ini adalah SELECTION PROJECT.

[Review] SELECTION PROJECT - Episode 1 & 2 1

Anime ini memang anime original, tapi umum-nya seperti apapun anime-nya, sang protagonist utama pasti ditakdirkan menang. Mimin sebenarnya berpikir demikian, karena jalan cerita anime idol sangat mudah ditebak. Namun cara menilai anime idol itu bagus tidak sepenuhnya dari siapa pemenang-nya, tetapi bagaimana cerita tersebut berlangsung dan bagaimana sang protagonist memainkan peran-nya di anime ini sehingga ia bisa menang.

 

Tentang Anime

Oke, jadi anime ini menceritakan gadis bernama Suzune. Semasa kecil-nya ia sering terbaring di rumah sakit, dan yang bisa menyemangati-nya di dalam kamar hanya suara nyanyian dari pemenang SELECTION PROJECT musim pertama, Akari. Dan disini… cerita-nya Akari itu sudah meninggal.

[Review] SELECTION PROJECT - Episode 1 & 2 2

Sekilas mimin jadi teringat anime Idoly Pride, yang idola legenda-nya disana juga meninggal dan ada yang bertekad meneruskan sang legenda tersebut. Ada juga Zombieland Saga, tapi yang sama disini hanya kematian idol legenda-nya saja.

Tapi kemiripan dari sebuah anime dengan anime lain sudah wajar terjadi, karena nama-nya juga referensi dan mungkin sama seperti kalian yang sedang atau pernah membuat skripsi bagi kalian yang pernah menjadi mahasiswa.

[Review] SELECTION PROJECT - Episode 1 & 2 3


 

9 Orang Idola

Salah satu keunggulan anime idol bagi mimin adalah memiliki sudut pandang cerita yang cukup banyak, karena tiap karakter memiliki cerita-nya masing-masing. Namun mimin tidak tahu dengan anime ini apakah nantinya akan membawakan konsep seperti itu juga atau hanya memang lebih berpusat pada Suzune.

Bagi mimin, rasanya kurang bagus jika anime dengan banyak karakter namun terlalu memusatkan protagonist utama-nya. Mudah-mudahan saja akan ada banyak plot cerita yang terjadi ya dari sudut pandang tiap karakter pada anime ini nantinya.

selection project idol


 

Suzune Lolos Babak Audisi karena Keberuntungan?

Mungkin banyak dari kalian, tapi mudah-mudahan saja tidak banyak.. yang berpikir bahwa Suzune ini sosok protagonist yang terlalu dipaksakan. Dimana maksudnya disini adalah “karena ia adalah protagonist, maka sudah pasti banyak keberuntungan yang terjadi padanya”.

Sebenarnya hal ini sudah jelas, karena seorang pemeran utama pastinya tidak akan dibuat biasa-biasa saja. Jika dibuat terlalu biasa, nanti malah tidak ada jalan cerita yang terbentuk.

[Review] SELECTION PROJECT - Episode 1 & 2 4

Sebenarnya Suzune tidak sepenuhnya hoki karena Seira mengundurkan diri. Seira mengundurkan diri pun bukan karena tanpa alasan, atau karena kasihan dengan Suzune. Ia sendiri pun tidak tahu masa lalu Suzune seperti apa.

Seira sendiri memutuskan untuk mengundurkan diri akibat merasa tidak pantas menang karena nyanyian Suzune memang lebih bagus dari-nya. Ia pun memutuskan untuk belajar lagi di Amerika karena jika ia tetap melanjutkan SELECTION PROJECT, hatinya tetap tidak akan tenang.

Suzune bahkan bisa memiliki skor yang tipis dengan Seira padahal ia terjatuh, dimana Seira memiliki skor 24.009 dan Suzune memiliki skor 23.801.

[Review] SELECTION PROJECT - Episode 1 & 2 5

Hal ini membuktikan bahwa Suzune juga memiliki potensi serta pantas untuk menggantikan Seira dan hal ini bukan-lah sekedar keberuntungan yang dimiliki oleh seseorang dengan jabatan protagonist.


 

Sumipanda

Sosok maskot yang mewakili pembicara di SELECTION PROJECT. Satu-satunya hal yang menurut mimin sangat kurang dari anime ini adalah sosok Sumipanda ini. Bukan karena penampilan-nya atau gerakan-nya, melainkan suara-nya.

Entah kenapa mimin merasa sedikit aneh karena Sumipanda disini berbicara dengan suara yang sangat datar sekali.. Tidak seperti maskot-maskot di anime lain, yang umumnya berbicara dengan suara lantang, teriakkan semangat, dan lain-lain.

Apa mungkin mimin yang terlalu terbiasa dengan maskot-maskot yang bersemangat ya? Bagaimana kalau menurut kalian? Apa Sumipanda ini juga menurut kalian impact-nya kurang terasa?

[Review] SELECTION PROJECT - Episode 1 & 2 6


 

Desain Karakter

Sejauh ini, tidak semua anime mimin pernah tonton dari studio Doga Kobo. Namun desain karakter yang dibawakan oleh studio ini selalu memanjakan mata, dan merupakan salah satu studio terfavorit mimin dalam hal desain karakter.

Bagaimana menurut kalian?

[Review] SELECTION PROJECT - Episode 1 & 2 7

Bagaimana kesan kalian dengan anime Selection Project? Apakah kalian lebih suka menikmati anime idol dengan konsep kerja sama tim, atau mungkin persaingan antar orang untuk menjadi salah satu pemenang?

Simak kelanjutan ulasan anime Selection Project episode selanjutnya~!

 

🔗 Selection Project Official Website

Yu_Muyya

[Review] Mieruko-chan – Episode 2

Previous article

Anime Hakozume: Kouban Joshi no Gyakushuu akan Mulai Tayang pada Bulan Januari 2022

Next article

You may also like

Komentar