Mieruko-chanAnimeReviewSimak

[Review] Mieruko-chan – Episode 1

0
mieruko-chan

Anime Mieruko-chan episode 1 telah ditayangkan pada hari Minggu (3/10). Kisah seorang gadis SMA bernama Miko. Gadis yang awal-nya hanya menjalani kehidupan normal, tiba-tiba mengalami gejala langka dimana ia dapat melihat berbagai makhluk halus di sekitar-nya. Ia pun berusaha menjalani hari-harinya dengan seolah tidak menyadari kehadiran makhluk-makhluk tersebut.

Baca juga: [Review] Shiroi Suna no Aquatope – Episode 13

 

Mieruko-chan

Episode 1: “Muncul?

Setelah sekian lama akhirnya ada juga lampu hijau untuk penayangan anime horror. Meskipun kemarin kita telah disuguhkan dengan anime Higurashi no Naku Koro ni yang juga membawakan tema horror, namun itu adalah rework dari anime lama dimana cerita dan karakter-nya telah diperlihatkan sebelumnya.

Selain itu ada juga Yami Shibai. Namun anime tersebut hanya memiliki durasi 4 menit, jadi rasanya kurang puas, hehe..

Untuk anime Mieruko-chan, ini adalah sesuatu yang baru, dan memiliki durasi yang cukup normal seperi anime televisi pada umum-nya. Bisa dibilang merupakan momen langka, dimana kita sudah lama tidak menyaksikan anime dengan tema yang lebih berpusat pada horror.

 

Anime Horror

Oke, anime ini diketahui memang membawakan cerita horror. Namun bukan yang benar-benar horror seperti Yami Shibai. Anime ini lebih berpusat pada komedi dan horror, dimana sesuatu yang horror disini dibuat dengan santai (tanpa jumpscare) dan reaksi dari Miko yang harus mengabaikan apa yang dilihat-nya sambil menahan rasa takut.

[Review] Mieruko-chan - Episode 1 1

Selain itu, anime ini cukup pas juga ditayangkan di bulan Oktober, dimana ini adalah bulan penyambutan halloween, sehingga tontonan yang horror adalah sesuatu yang sangat tepat di bulan ini.


 

Mieruko-chan

Judul dari anime ini memang Mieruko-chan. Namun nama dari protagonis di anime ini bukan-lah Mieruko, melainkan Yotsuya Miko. Istilah Mieruko bisa diartikan sebagai “anak yang (bisa) melihat“. Dan ini diplesetkan dengan karakter utama-nya yang bernama Miko yang seorang gadis. Karena itulah, kata “chan” ditambahkan dan jika diartikan, Mieruko-chan itu berarti “Gadis yang Bisa Melihat (sesuatu yang tak terlihat)

Judul Mieruko-chan sekilas mengubah pandangan kita bahwa itu adalah nama orang. Sebuah judul yang menurut mimin sangat simple, dan jarang sekali ada anime yang hanya berisi satu kata dengan menggunakan nama protagonis-nya. Beberapa anime dengan judul seperti ini yang pernah tayang yaitu Naruto, Minami-ke, dan Kotoura-san.


 

Sosok Yotsuya Miko, dan Cerita Anime

Miko, gadis yang bisa melihat makhluk tak kasat mata. Hal ini terjadi secara tiba-tiba, karena sebelumnya ia tidak bisa melihat makhluk tak kasat mata tersebut. Makhluk yang dilihat-nya ini bisa dikatakan sebagai jin atau hantu.

Hanya saja, sebenarnya mimin melihat sosok makhluk ini malah lebih mirip seperti monster.. Jika dibilang hantu, bayangan yang mimin dapatkan adalah sosok makhluk yang fisik-nya kurang lebih 80% adalah manusia, dan sisa bagian-nya adalah hal yang diluar nalar. Bisa seperti kulit putih, tidak bermata, tubuh yang tidak lengkap, dan lain-lain…

Namun di anime ini sosok hantu yang diperlihatkan rasanya hampir tidak seperti manusia lagi, melainkan memang seperti monster.

[Review] Mieruko-chan - Episode 1 2

Namun meskipun unsur hantu-nya sedikit absurd, disini mimin cukup tertarik melihat si protagonis, Miko yang mimin rasa kepribadian-nya cukup unik. Ia merupakan gadis yang cukup pendiam.

Namun pendiam darinya ini (sekilas) bukan-lah gadis yang dingin, anti sosial, dan sering mengeluarkan kata-kata yang menusuk. Yah, maklum biasanya gadis berambut hitam panjang dan pendiam biasanya memiliki sifat seperti itu, hehe..

Memang sudah sering terlihat di beberapa anime, namun yang memiliki sifat seperti Miko ini kebanyakan bukan-lah sosok protagonis utama.

Selain itu, mimin cukup kagum karena sosok Miko yang bisa dengan tenang mengalihkan pandangan padahal sedang melihat sosok makhluk yang bahkan belum pernah ia lihat sebelumnya.

Apakah memang karena hantu-nya kurang menyeramkan?

[Review] Mieruko-chan - Episode 1 3


 

Desain Karakter

Dari semua anime yang pernah diproduksi oleh studio Passione, mimin rasa desain karakter anime ini adalah yang paling berbeda. Mimin merasakan dari awal peluncuran teaser anime ini kalau sosok karakter-nya kebanyakan memiliki sorot mata yang tajam dan pinggiran kelopak mata yang memiliki warna hitam yang cukup pekat.

Mimin melihat Miko ini jadi sekilas seperti gadis yang kurang tidur. Apalagi di episode ini terlihat beberapa kali ia selalu menguap. Apakah desain seperti ini sengaja agar anime ini lebih berkesan horror-nya?

Bahkan jika diperhatikan, mimin malah merasa raut wajah si Miko ini jauh lebih menyeramkan daripada hantu-nya..

[Review] Mieruko-chan - Episode 1 4

Kalau membandingkan dengan anime horror lain, kebanyakan yang didesain menyeramkan oleh pihak studio justru adalah desain latar. Mungkin sebut saja salah satu-nya yaitu anime Another, yang desain karakter-nya masih sangat khas dengan buatan P.A. Works.

Namun di anime tersebut, suasana dan warna latar-nya sangat mencekam.

[Review] Mieruko-chan - Episode 1 5

Bagaimana kesan kalian terhadap anime Mieruko-chan? Anime-nya baru satu episode nih, dan jika dirasa membosankan, jangan dibanding-bandingkan ceritanya dengan anime horror lain yang lebih populer dulu ya..

Namanya juga baru tayang. Siapa tahu banyak hal mengejutkan yang nantinya diperlihatkan dari anime ini, meskipun hanya sekedar horror comedy. Jadi pastikan menonton hingga tamat~

Preview untuk Mieruko-chan episode selanjutnya menampilkan judul “Ia Benar-Benar Melihat Semuanya“. Simak kelanjutan ulasan anime Mieruko-chan minggu depan~!

 

🔗 Mieruko-chan Official Website

Yu_Muyya

[Musicamesta] CLIFF EDGE – Endless Tears (feat. Nakamura Maiko)

Previous article

Pembuat Lagu Ending Anime Komi Can’t Communicate Akan Mengadakan Konser Desember 2021

Next article

More in Mieruko-chan

You may also like

Komentar