PeopleNews

Penulis Naskah Sugako Hashida Meninggal di Usia 95 Tahun

0
Penulis Naskah Sugako Hashida Meninggal di Usia 95 Tahun 1

Seorang penulis naskah asal Jepang Sugako Hashida, yang terkenal dengan serial drama TV internasional yang cukup populer berjudul “Oshin“, telah meninggal pada usia 95 tahun dikarenakan penyakit limfoma.

Hashida telah dirawat karena penyakit yang dideritanya itu sejak awal tahun ini. Ia meninggal pada hari Minggu (4/4) pada kediamannya di Atami, barat Tokyo, dilansir dari Pinko Izumi, seorang aktris yang banyak berperan di sejumlah drama yang ditulis Hashida, termasuk drama “Oshin“.

Penulis Naskah Sugako Hashida Meninggal di Usia 95 Tahun 2

Hashida lahir di Korea pada tahun 1925 selama penjajahan Jepang di Semenanjung Korea. Hashida pindah ke Jepang pada akhir tahun 1930-an dan dibesarkan di Osaka.

Ia bergabung dengan studio film Shochiku pada tahun 1949 sebelum menjadi penulis naskah lepas untuk drama televisi, termasuk serial drama pagi yang sangat populer Oshin yang disiarkan pada tahun 1983-1984 di channel televisi publik NHK.

Drama fiksi ini didasarkan pada biografi seorang wanita Jepang yang ikut mendirikan jaringan supermarket terkenal dan berbagai kesulitannya dari masa kecil hingga hari-hari terakhirnya di tahun 1980-an. Oshin disiarkan di lebih dari 60 negara di seluruh dunia termasuk Indonesia, dan penayangan serial drama ini mendapat banyak pujian tinggi.

Penulis Naskah Sugako Hashida Meninggal di Usia 95 Tahun 3

Drama populer lainnya yang naskah-nya ditulis oleh Hashida adalah Wataru Seken wa Oni Bakari dan Making it Through, sebuah drama keluarga yang dimulai pada tahun 1990 dan ditayangkan lebih dari 500 episode.

Aktris Izumi, yang bermain dalam drama Oshin dan Wataru Seken wa Oni Bakari mengatakan ia berada di samping tempat tidur Hashida ketika beliau menghembuskan nafas terakhirnya.

Aku bilang ke ‘mama’ nya, lalu dia buka matanya sebentar, lalu dia seperti kembali tidur”, ucap Izumi dalam wawancara dengan media Jepang. Hashida menulis sebuah buku yang meminta hak untuk mati dengan bermartabat. Di sana ia meminta tidak akan ada pemakaman.

Sumber: japantoday

Yu_Muyya

Kapan Anime The Vampire Dies in No Time Memulai Debutnya Telah Diungkap

Previous article

Kana Furunaka Mengambil Alih Peran Maria Magadalene Dietrich dalam Waralaba Luminous Witches

Next article

You may also like

More in People

Komentar