FaktaBoku no Hero Academia

Masih Bingung dengan Quirk Brainwash Milik Shinsou? Ini dia Penjelasannya

0
Masih Bingung dengan Quirk Brainwash Milik Shinsou? Ini dia Penjelasannya 1

Quirk Brainwash

Setelah absen selama dua musim, di musim ke lima anime My Hero Academia akhirnya kita kembali ditunjukkan oleh penampilan Shinsou Hitoshi yang terakhir kali muncul di musim ke dua animenya. Shinsou Hitoshi adalah salah satu karakter yang memiliki banyak penggemar di anime My Hero Academia, karena quirk “brainwash” yang ia miliki. Mungkin ada beberapa dari penonton anime ini yang masih bingung dengan cara kerja quirk ini, nah untuk menyambut kembali penampilannya kali ini saya akan membahas tentang cara kerja quirk brainwash milik Shinsou berdasarkan apa yang sudah dijelaskan di anime maupun manganya.

Penjelasan apa itu Quirk Brainwash

Masih Bingung dengan Quirk Brainwash Milik Shinsou? Ini dia Penjelasannya 2

“Brainwash” atau dalam Bahasa Indonesia disebut cuci otak adalah sebuah quirk yang dapat mengendalikan pikiran dan perbuatan lawan, cara kerja quirk ini adalah apabila ada target yang membalas perkataan dari Shinsou maka ia otomatis akan terkena pengaruh cuci otak, quirk ini tidak akan aktif apabila Shinsou tidak ingin mencuci otak lawan. Pengaruh quirk ini dapat dihilangkan apabila target yang sudah tercuci otak mendapatkan sebuah guncangan pada tubuhnya, setelah itu quirk ini pun otomatis akan menghilang. Korban yang telah tersadar dari pengaruh quirk brainwash tidak akan mengingat apapun yang telah ia lakukan saat masih dalam pengaruh quirk ini, hal ini ditunjukkan terjadi pada Ojiro Mashirao dan Shouda Nirengeki saat terpengaruh brainwash Shinsou di pertandingan babak ke dua festival olahraga UA, mereka menyerah sebelum babak final dimulai karena merasa tidak mengingat apapun selama pertandingan babak ke dua.

Quirk ini pertama kali ditunjukkan penampilannya secara jelas adalah saat anime My Hero Academia musim ke dua episode 7, yaitu saat pertarungan satu lawan satu di babak final festival olahraga UA, dimana Shinsou saat itu ditampakkan sedang melawan Deku.

Masih Bingung dengan Quirk Brainwash Milik Shinsou? Ini dia Penjelasannya 3

Shinsou berusaha memprovokasi Deku agar mau membalas perkataannya dengan mengejek Ojiro teman sekelas Deku yang menyerah sebelum pertandingan final dimulai.

Masih Bingung dengan Quirk Brainwash Milik Shinsou? Ini dia Penjelasannya 4

Secara tidak sadar Deku pun terprovokasi dan membalas perkataan Shinsou akhirnya terkena pengaruh cuci otak Shinsou.

Masih Bingung dengan Quirk Brainwash Milik Shinsou? Ini dia Penjelasannya 5

Shinsou pun memerintahkan Deku keluar dari arena pertarungan agar didiskualifikasi,

Masih Bingung dengan Quirk Brainwash Milik Shinsou? Ini dia Penjelasannya 6

tetapi dalam keadaan tersebut Deku malah melihat siluet para pengguna One for All sebelumnya untuk pertama kali.

Masih Bingung dengan Quirk Brainwash Milik Shinsou? Ini dia Penjelasannya 7

Deku pun akhirnya dapat tersadar karena secara tiba-tiba One for All aktif dan mengalirkan sebagian kekuatan ke jarinya, sehingga ia bisa mengerakkan jarinya untuk membuat sebuah guncangan agar pengaruh quirk milik Shinsou menghilang.

Masih Bingung dengan Quirk Brainwash Milik Shinsou? Ini dia Penjelasannya 8

Syarat dan Cara Kerja Quirk Brainwash

Masih Bingung dengan Quirk Brainwash Milik Shinsou? Ini dia Penjelasannya 9

Dalam manga My Hero Academia chapter 196 kita diberikan tentang tambahan informasi mengenai quirk “brainwash” ini, yang pertama adalah syarat Shinsou bisa menggunakan quirk ini yaitu ia harus berkonsentrasi pada target, seperti “orang ini akan kucuci otaknya”, dan apabila target mau membalas perkatannya, maka ia akan terpengaruh quirk Shinsou dan akan mematuhi segala perintahnya, akan tetapi quirk ini juga memiliki batasan seperti quirk lainnya, antara lain:

Masih Bingung dengan Quirk Brainwash Milik Shinsou? Ini dia Penjelasannya 10

  • Shinsou merasa bahwa ia tidak bisa mencuci otak beberapa orang sekaligus secara bertutut-turut, malah mungkin Shinsou yang akan kehilangan kesadaran.
  • Shinsou tidak bisa memerintah target yang terpengaruh quirknya untuk berbicara.
  • Shinsou hanya mampu memberikan perintah sederhana kepada targetnya, karena apabila perintah yang ia berikan terlalu rumit maka target yang tercuci otak tidak bisa mematuhinya.
  • Menggunakan perangkat elektronik, seperti megafon, untuk mengeraskan suara Hitoshi akan membuat Quirk kehilangan efeknya karena mengubah suaranya menjadi sinyal listrik.
  • Quirk ini juga tidak dapat digunakan kepada makhluk tidak hidup, hal ini ditunjukkan saat Aizawa Sensei mengatakan bahwa Shinsou tidak lolos ujian praktik masuk kelas pahlawan, karena lawan yang harus dihadapi para peserta ujian saat itu adalah para robot.

Masih Bingung dengan Quirk Brainwash Milik Shinsou? Ini dia Penjelasannya 11

Shinsou Hitoshi

Shinsou Hitoshi

Karena akan merugikan bagi Shinsou apabila lawan tahu banyak tentang quirk miliknya, maka dari itu di musim ke lima kita ditampakkan Shinsou yang menggunakan peralatan baru yaitu masker “Persona Chords”. Sebuah masker yang membantunya untuk mengubah-ubah suaranya, agar bisa membantu Shinsou untuk memaksa target membalas perkataannya.

Itu dia penjelasan mengenai “quirk” brainwash milik Shinsou hitoshi.

Ougi
Just an ordinary who has too much spare time and lacks hobbies

Novel Noroken no Hime no Overkill Karya Ougyo Kawagishi Akan Mendapatkan Manga pada Bulan Agustus

Previous article

Game Switch Shadowverse: Champion’s Battle Tuju Barat pada Musim Panas Tahun Ini

Next article

You may also like

More in Fakta

Komentar