Pengertian OVA, OAV, OAD

AnimeEnsiklopedia
Pengertian OVA, OAV, OAD 1

Original Animation Video & Original Video Animation (OAV / OVA) adalah sebutan serupa yang biasa digunakan di Jepang untuk merujuk pada animasi yang dirilis langsung ke pasar video tanpa terlebih dahulu ditayangkan di teater ataupun televisi. Pada awalnya OAV digunakan di Jepang. Namun, karena kebingungan dengan Adult Video dan Audio/Video elektronik, akronim ini secara bertahap ditinggalkan dan digunakanlah OVA.

Selain itu, OAV seharusnya memiliki skrip orisinal, meskipun ada pengecualian. Mereka dapat didasarkan pada serial Manga atau TV, tetapi episode khusus ini harus orisinal. Misalnya serial TV Ranma ½ mengikuti alur yang cukup mirip dengan manganya, namun seri OAV Ranma ½ berisi cerita yang tidak ada dalam seri Manga orisinalnya.

OAV umumnya berkualitas lebih tinggi daripada serial TV karena anggaran yang lebih besar dialokasikan untuk produksi dan lebih banyak waktu yang digunakan untuk pengerjaannya.

Dengan sedikit pengecualian, sebagian besar dari semua Anime hentai dirilis sebagai OAV karena tidak cocok untuk dipertunjukan di teater atau televisi.

Sedikit fakta, terkadang ada juga OVA yang ditayangkan juga di TV ataupun teater, salah satunya OVA Re:Zero.

Sedangkan Original Anime DVD (DVD animasi orisinal atau OAD), adalah OAV yang dirilis pada DVD sebagai tambahan dengan volume manga. Istilah ini memasuki penggunaan populer pada musim panas 2008 dengan proyek Goku Sayonara Zetsubō Sensei, xxxHOLiC: Shunmuki, dan Tsubasa: Shunraiki milik Kodansha. Namun tidak dapat dikonfirmasi penggunaan awalnya sebelum proyek-proyek ini. Meskipun Kodansha menggunakan istilah OAD, penerbit lain seperti Shueisha dan Shogakukan masih menggunakan istilah OVA / OAV untuk menyebut anime-anime DVD yang dibundel dengan manga.

Pengertian OVA, OAV, OAD 2

Sumber: ANN