IndustryMangaNews

Pengadilan Tokyo: Mengepos Dialog Manga Tanpa Izin Adalah Pelanggaran Hak Cipta

0
Pengadilan Tokyo: Mengepos Dialog Manga Tanpa Izin Adalah Pelanggaran Hak Cipta 1

Pengadilan Distrik Tokyo telah memutuskan bahwa pengeposan teks dialog manga yang tidak sah dianggap sebagai pelanggaran hak cipta. Shogakukan telah meminta informasi dari penyedia server “situs spoiler” tentang seseorang yang telah mengepos hampir seluruh teks dialog manga, tanpa izin, dari Januari 2019 hingga Mei 2020. Hakim Yoshiaki Shibata menyatakan bahwa tindakan orang itu merupakan pelanggaran terhadap hak cipta reproduksi dan transmisi publik, dan pengadilan memerintahkan agar informasi orang tersebut diungkapkan kepada Shogakukan.

Sementara Shogakukan menuduh bahwa situs spoiler juga memuat beberapa gambar dari manga Kengan Omega karya Yabako Sandrovich (gambar di atas), keputusan pengadilan secara khusus tentang pengeposan teks dialog dari 63 bab tanpa izin. (Penerbit sebelumnya telah mengambil tindakan hukum terhadap orang-orang yang mengepos gambar tanpa izin.) Pengacara penerbit menjelaskan keputusan pelanggaran pengadilan tentang penyalinan dialog secara besar-besaran sebagai “epoch-making” (memiliki pengaruh yang besar di masa depan).

Departemen editorial aplikasi Manga ONE milik Shogakukan, yang menserialisasikan Kengan Omega, mengklaim bahwa situs spoiler telah menjadi masalah serius, dan mereka akan mengambil tindakan tegas terhadap tindakan pelanggaran hak cipta untuk melindungi hak penulis. Pengacara Shogakukan menyatakan bahwa situs pembajakan semakin banyak dilihat karena orang-orang tinggal di rumah dikarenakan pandemi penyakit virus korona baru (COVID-19).

Kodansha sudah mulai mengambil tindakan hukum terhadap “beberapa akun & individu” untuk mencegah pengunggahan ilegal dan kebocoran awal chapter terakhir manga Attack on Titan karya Hajime Isayama. Editor manga ini menjelaskan bahwa perusahaan sedang berupaya untuk mencegah kebocoran teks, bersama dengan gambar, dan akan mengejar pengunggah ilegal “terlepas dari negaranya.”

Sandrovich meluncurkan Kengan Ashura dengan ilustrasi buatan Daromeon di aplikasi Manga ONE pada tahun 2012 dan mengakhirinya pada bulan Agustus 2018, tetapi arc baru Kengan Omega diluncurkan di aplikasi Manga ONE pada bulan Januari 2019.

Sumber: ANN

Mito.Chan

Penyanyi Aimer dan Sutradara Ryo-timo Mengungkapkan Proyek Anime Night World

Previous article

Masaomi Andō dan Lerche Mengungkapkan Proyek Anime Orisinal Gyakuten Sekai no Denchi Shōjo

Next article

More in Industry

You may also like

Komentar