JepangNews

Pemerintah Jepang Berusaha Menghentikan Penyebaran Selfie Mesum

0
Pemerintah Jepang Berusaha Menghentikan Penyebaran Selfie Mesum 1

Kalian mungkin atau bahkan sering melakukan kegiatan selfie, baik dalam momen-momen yang berharga, maupun momen biasa atau bahkan konyol.

Penggunaan teknologi kamera ini sendiri telah memacu beragam hal kreatifitas yang dapat dihasilkan darinya, namun tak sedikit bahwa kegiatan selfie sendiri, terkadang juga bisa digunakan untuk hal yang sedikit tidak senonoh.

Seperti ilustrasi yang dibuat oleh Sky-FreeDom, sebuah gambar yang menirukan challenge ini yang pertama kali dipublikasikan lewat media twitter yang di unggah untuk pertama kalinya oleh akun @okataiko pada tahun 2015 lalu.

Pemerintah Jepang Berusaha Menghentikan Penyebaran Selfie Mesum 2

Ilustrasi Karakter Chika Takami dari Love-Live Sunshine Memperatgakan One-Finger Challenge Oleh Sky-FreeDom

Dengan ponsel mungil dalam gengaman tangan, berdiri dihadapan cermin dengan satu jari menutup area tertentu, dan cekrek. Sebuah keindahan yang terlihat sedikit misterius tercipta. Inilah momen dimana salah satu trend selfie yang biasa disebut dengan One Finger Selfie Challenge atau tantangan selfie satu jari booming.

Situasi ini dapat menimbulkan kekhawatiran terkait keamanan online, khususnya untuk anak-anak muda. Karena inilah pemerintah Jepang telah mengeluarkan permintaan kepada penyedia ponsel untuk menerapkan teknologi yang dapat mencegah selfie yang “tidak pantas” diambil dan disebarkan dengan mudah.

Permintaan penyedia ponsel dikeluarkan sebagai bagian dari rencana pemerintah Jepang, yang berupaya menerapkan program pendidikan bagi kaum muda untuk membuat mereka sadar akan bahaya yang mungkin muncul di ranah online:

Permintaan itu datang sebagai bagian dari Rencana Dasar ke-5 yang baru-baru ini dideklarasikan pemerintah tentang Tindakan untuk Menyediakan Penggunaan Internet yang Aman dan Terjamin bagi Kaum Muda. Rencana ini mencakup inisiatif seperti program pendidikan di sekolah untuk membantu kaum muda menyesuaikan diri dengan dunia digital, kampanye kesadaran tentang konten berbahaya dan praktik predator yang hadir secara online, dan promosi cara untuk menangani masalah unik berbasis internet seperti cyberbullying.

Jika langkah-langkah tersebut diterapkan pada skala yang lebih luas, diskusi tentang apa yang dianggap “pantas” dan “tidak pantas” kemungkinan besar akan dimulai oleh netizen yang peduli yang tidak ingin kebebasan mereka dilanggar.

Biarpun teknologi yang dapat mencegah selfie tidak senonoh sudah pernah diterapkan oleh Tone Mobile. Namun nampaknya penggunaan ponsel pintar ini masih belum terlalu populer dibandingkan dengan beragam jenis brand yang telah beredar.

Selfie, sebuah foto yang biasanya diambil sendiri, yang bisa diambil dengan ponsel pintar (smartphone) atau jenis kamera apapun. Merupakan sebuah bentuk diri dalam menampilkan momen yang terkadang, amat momen banget.

Sumber : Sankaku

AdeHaze

Crunchyroll dan Adult Swim Mengungkapkan Banyak Informasi tentang Fena: Pirate Princess (Kaizoku Ōjo)

Previous article

Eroge de Subete wa Kaiketsu Dekiru! Dapatkan Adaptasi Anime

Next article

More in Jepang

You may also like

Komentar