Nama “Slifer” Pada Kartu Slifer the Sky Dragon Ternyata Berasal dari Nama Co-Producer Anime Yu-Gi-Oh!

FaktaYu-Gi-Oh!
Nama "Slifer" Pada Kartu Slifer the Sky Dragon Ternyata Berasal dari Nama Co-Producer Anime Yu-Gi-Oh! 1

Obelisk the Tormentor, The Winged Dragon of Ra, dan Slifer the Sky Dragon merupakan 3 “Kartu Dewa” atau Egyptian God Cards yang pertama kali diperkenalkan di arc Battle City dalam seri Yu-Gi-Oh! Duel Monster. Tetapi salah satu dari kartu tersebut, yaitu Slifer the Sky Dragon sebenarnya bernama Sky Dragon Osiris di versi Jepang.

Slifer the Sky Dragon
Slifer the Sky Dragon

Awalnya kartu ini memang ingin diberi nama Sky Dragon Osiris untuk versi di luar Jepang. Tapi, namanya kemudian diganti menjadi Slifer the Sky Dragon yang mana Slifer diambil dari nama Roger Allen Slifer yang merupakan penulis buku komik, skenario, dan produser TV Amerika. Slifer adalah co-produser season pertama Yu-Gi-Oh! untuk 4Kids Entertainment di Amerika Serikat. Hal tersebut membuat Osiris menjadi kartu dengan dengan 2 versi nama yang berbeda (Osiris dan Slifer).

Roger Allen Slifer
Roger Allen Slifer

Roger Allen Slifer tidak menamakan kartu tersebut sendiri, meskipun ia adalah seorang produser di Yu-Gi-Oh pada saat itu. Sebabnya mengapa kartu itu diberi nama Slifer karena beberapa nama kartu harus diubah, karena ada kekhawatiran nama mereka akan dianggap berhubungan dengan iblis atau keagamaan atau sesuatu yang berhubungan lainnya di Amerika Serikat. Jadi karyawan 4KIDS lainnya, Sam Murakami, yang adalah penghubung dengan produser kartu, mengganti nama beberapa kartunya dengan nama orang-orang staf di 4KIDS. Dan akhirnya dia namakan kartu dewa tersebut dengan mengambil nama Roger Allen Slifer dan jadilah Slifer the Sky Dragon. Roger Allen Slifer bahkan sempat tidak menyadarinya sampai setelah nama-nama pada kartu telah diubah.

Roger Allen Slifer adalah co-creator karakter Lobo untuk DC Comics. Slifer adalah korban kecelakaan tabrak lari pada tahun 2012 yang membuatnya dalam perawatan institusional sampai kematiannya pada 30 Maret 2015.

Co-Producer Anime Yu-Gi-Oh!
Makam Roger Allen Slifer di Asbury Cemetery, Morristown, Shelby County, Indiana, USA

Sumber: “Meet Roger Slifer”. (Interview) A Lone Fan Crying In The Wilderness.