BleachAnimeSimak

Mengulik Kesamaan Antara Aizen Sosuke dengan Loki Laufeyson

0
Mengulik Kesamaan Antara Aizen Sosuke dengan Loki Laufeyson 1

Beberapa hari yang lalu akun twitter Marvel Studios Japan mengirim sebuah tweet yang berisikan sebuah ilustrasi yang dibuat oleh Tite Kubo yang menampilkan Sosuke Aizen yang berpose seperti Loki. Ilustrasi ini dibuat untuk mempromosikan salah satu serial di Disney+ yang sedang ramai dibicarakan tersebut.

Melihat ilustrasi ini, saya pun menjadi tertarik untuk mengulik apakah ada sebuah persamaan diantara kedua sosok yang pernah menjadi penjahat utama di masing-masing serial. Apa sajakah itu?

1. Asgard, Midgard, Soul Society

Mengulik Kesamaan Antara Aizen Sosuke dengan Loki Laufeyson 2

Yang pertama adalah tujuan utama dari masing-masing karakter, seperti yang kita ketahui tujuan dari Loki saat ia pertama kali diperkenalkan di film Thor (2011) adalah ia merasa bahwa ia telah ditakdirkan untuk menjadi raja di Asgard dan menggantikan tahta Odin.

Mengulik Kesamaan Antara Aizen Sosuke dengan Loki Laufeyson 3

Tetapi hal ini tentunya tidak berjalan dengan mudah karena Loki masih mempunyai saudara laki-laki yang dirasa lebih pantas untuk meneruskan tahta Odin, yaitu Thor. Loki pun telah menyiapkan berbagai siasat untuk menyingkirkan saudaranya tersebut tetapi harus berujung pada kegagalan.

Disaat itu Loki pun juga menyadari satu hal penting yaitu, ia bukanlah seorang Asgardian asli ataupun anak kandung Odin, melainkan ia adalah anak dari Laufey, sang raja dari kaum Frost Giant.

Loki pun kemudian membuat sebuah rencana untuk menghancurkan Jotunheim beserta bangsa Frost Giants agar ia diakui oleh Odin dan dianggap layak untuk naik tahta dibandingkan Thor, tetapi hal ini pun tidak disetujui oleh Odin bahwa Loki ingin menghancurkan kaumnya sendiri. Mendengar hal tersebut Loki pun menjadi kecewa dan merubah ambisinya untuk menguasai Midgard (Bumi).

Tujuan dari Loki ini pun tidak jauh berbeda dengan sang masterplan di anime Bleach.

Mengulik Kesamaan Antara Aizen Sosuke dengan Loki Laufeyson 4

Yap tujuan utama dari Aizen selama serial anime Bleach adalah, ia ingin menggulingkan kekuasaan dari Soul King, Reio dan mengambil alih tahtanya di Soul Society agar ia bisa membentuk tatanan dunia baru yang sesuai keinginannya.

Mengulik Kesamaan Antara Aizen Sosuke dengan Loki Laufeyson 5

Aizen merasa bahwa ia lebih pantas menjadi pemimpin daripada Soul King saat itu yang korup dan hanya terkesan seperti boneka dari 5 klan leluhur yang berkuasa secara tirani.

2. Ilusi dan Hipnosis

Mengulik Kesamaan Antara Aizen Sosuke dengan Loki Laufeyson 6

Sebagai trickster god, Loki tentu saja memiliki berbagai macam kemampuan untuk menghipnosis ataupun mengeluarkan berbagai macam ilusi yang menipu lawan-lawannya. Sebut saja ilusi menduplikasi diri, membuat proyeksi palsu dirinya, dan bahkan Loki juga bisa memalsukan kematiannya seperti yang terjadi di Thor: The Dark World (2013)

Mengulik Kesamaan Antara Aizen Sosuke dengan Loki Laufeyson 7

Begitupun juga Aizen, dengan zanpakuto Kyōka Suigetsu miliknya, Aizen mampu mengendalikan panca indera lawan sampai pada titik di mana ia dapat membuat target salah mengartikan bentuk, bentuk, massa, rasa, dan penciuman orang lain sebagai musuh.

Mengulik Kesamaan Antara Aizen Sosuke dengan Loki Laufeyson 8

Seperti yang ditunjukkan saat Aizen melawan para kapten gotei 13, saat itu Aizen berhasil menipu Toshiro sehingga membuat Momo Hinamori terlihat seperti dirinya yang kemudian ditusuk oleh Toshiro Hitsugaya yang padahal itu adalah rekannya sendiri.

Yang mengerikan dari ilusi milik Aizen adalah hanya melihatnya sekali saja, orang tersebut akan sepenuhnya menyerah pada hipnosis setiap kali dilepaskan, terlepas dari berapa lama mereka melihatnya. Hipnosis dari Kyōka Suigetsu benar-benar sempurna, bahkan jika target sadar berada di bawah hipnosis, mereka tidak dapat menahan pengaruhnya.

3. Pernah Berpura-Pura Tewas

Mengulik Kesamaan Antara Aizen Sosuke dengan Loki Laufeyson 9

Seperti yang saya katakan pada poin sebelumnya,  bahwa Loki pernah pernah berpura-pura mati saat dirinya dan Thor melawan Malekith di Svartalfheim. Pada saat itu Loki mendapatkan bagian untuk melawan Kurse dan berhasil mengalahkannya, tetapi sebelum Kurse mati, Kurse sempat menusuk Loki dengan pedang sehingga membuat Loki sekarat dan tewas.

Tetapi ini hanyalah salah satu ilusi dari Loki, karena di film Thor: Ragnarok (2017), ia diperlihatkan baik-baik saja dan sedang berada di Asgard dengan menyamar sebagai Odin.

Mengulik Kesamaan Antara Aizen Sosuke dengan Loki Laufeyson 10

Aizen juga pernah melakukan hal yang serupa, ia pernah berpura-pura tewas saat hari eksekusi Rukia agar bisa mengelabui Gotei 13 dan membuat mereka saling curiga.

4. Villain Licik dan Manipulatif

Mengulik Kesamaan Antara Aizen Sosuke dengan Loki Laufeyson 11

Salah satu hal yang paling diingat dari sosok Loki adalah sifat licik dan manipulatifnya, seperti saat debutnya di Thor (2011). Pada saat itu Asgard secara tiba-tiba diserang oleh para Frost Giant, hal ini pun dimanfaatkan oleh Loki dengan menghasut saudaranya, Thor, untuk pergi ke Jotunheim dan membalaskan perbuatan para Frost Giant.

Hal ini pun membuat Odin sangat marah, karena Thor telah melanggar perjanjian damai antara bangsa Asgardian dengan para Frost Giant, yang membuat Thor batal dinobatkan menjadi raja dan dibuang ke bumi.

Mengulik Kesamaan Antara Aizen Sosuke dengan Loki Laufeyson 12

Sedangkan untuk Aizen sepertinya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi kelicikannya, ia adalah dalang dari proses hollowfikasi para shinigami di Soul Society, dan berkat kelicikannya ia bisa membuat Urahara Kisuke malah yang dituduh sebagai dalang dari kejadian hollowfikasi yang dilakukan Aizen.

Hal ini pun membuat Kisuke akan dijatuhi hukuman sedangkan Aizen sama sekali tidak mendapatkan kecurigaan dan malah diangkat menjadi kapten divisi 5 Gotei 13.

Aizen juga pernah mengirim Rukia untuk pergi ke kota Karakura dan menjebaknya agar Rukia melanggar salah satu peraturan para Shinigami yaitu mentransfer kekuatannya kepada manusia. Hal ini pun membuat Rukia dijatuhi hukuman mati sehingga membuat Aizen dapat mengambil Hogyoku yang tertanam di tubuh Rukia.

5. Dijatuhi Hukuman Tetapi Dimintai Bantuan

Mengulik Kesamaan Antara Aizen Sosuke dengan Loki Laufeyson 13

Setelah kegagalannya menyerang New York di The Avengers (2012), Loki pun dibawa kembali ke Asgard oleh Thor, dan saat Loki ditahan, Asgard pun diserang oleh Malekith, sang pemimpin Dark Elves saat sedang mencari Aether (Reality Stone).

Thor yang membutuhkan bantuan Loki untuk mengalahkan Malekith pun memberi Loki penawaran agar ia bisa membalaskan dendam Frigga, ibu angkat yang mengajari Loki sihir dan dibunuh oleh Malekith.

Setelah peristiwa tersebut, Loki pun bertranformasi dari yang awalnya penjahat menjadi sosok anti-hero, mulai dari membantu Thor mengalahkan Hela, sampai Loki yang bersedia menyerahkan Tesseract saat Thor yang disandera oleh Thanos dan akan dibunuh.

Mengulik Kesamaan Antara Aizen Sosuke dengan Loki Laufeyson 14

Hal yang tidak jauh berbeda pun terjadi pada Aizen, setelah berhasil dikalahkan oleh Ichigo dan disegel oleh Urahara. Aizen pun dijatuhi hukuman dengan dipenjara selama 20.000 tahun di penjara bawah tanah Muken.

Mengulik Kesamaan Antara Aizen Sosuke dengan Loki Laufeyson 15

Saat masih dalam masa tahanannya, Aizen pun didatangi oleh Shunsui Kyōraku, sang pemimpin dari Gotei 13 saat ini. Aizen saat itu dimintai bantuan oleh Kyōraku untuk menolong Gotei 13 yang saat itu kewalahan dan dalam keadaan terdesak saat melawan musuh baru yaitu Yhwach.

Kyoraku mengatakan pada Aizen bahwa anggap saja bantuannya kali ini dilakukan demi Soul Society, Aizen pun setuju untuk memberikan bantuan dan dengan hal tersebut, Ichigo dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Yhwach.

Nah itu dia sedikit perbandingan dari saya tentang sosok Aizen Sosuke dan Loki Laufeyson, meskipun nasib kedua karakter di akhir serial berbeda, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa keduanya adalah Villain yang juga memiliki banyak penggemar karena tujuan dan karismanya.

Sumber Gambar: Aminoapps

 

Ougi
Just an ordinary who has too much spare time and lacks hobbies

Seiyuu Hiro Shimono Tertular COVID-19 dan Sekarang Menjalani Perawatan

Previous article

Sora Amamiya Nyanyikan Lagu Pembuka Science Fell in Love di Kanal YouTube THE FIRST TAKE

Next article

More in Bleach

You may also like

Komentar