Ensiklopedia & Fakta

Mengenal Zettai Ryouiki

0
Mengenal Zettai Ryouiki 1

Hai weebs!

Pernah dengar istilah Zettai Ryouiki? Nah wujud istilah ini sering kali kita lihat, tapi terkadang kita tidak menyadarinya.

Mari kita bahas apa sebenarnya Zettai Ryouiki itu!

Zettai Ryouiki dalam bahasa Indonesia berarti “Wilayah Mutlak”. Yang dimaksud wilayah mutlak adalah istilah yang menunjukkan area kulit paha telanjang antara rok dan stoking atau kaus kaki yang menjadi sebuah style tersendiri.

Istilah tersebut bermula dari seri anime Neon Genesis Evangelion. Ungkapan tersebut diambil dari Absolute Terror Field atau disingkat A.T. Field. Semacam pelindung khusus yang digunakan oleh Eva dan Angel. Absolute Terror Field yang dalam bahasa Jepangnya menjadi Zettai Kyōfu Ryōiki” lalu disingkat menjadi Zettai Ryouiki.

Lalu Zettai Ryouiki yang mengacu pada area di antara paha dan rok mini pertama kali dipopulerkan oleh Ukagaka, sebuah platform daring yang menyediakan gadis moe sebagai maskot di layar desktop komputer.

Seorang pengguna Ukagaka menciptakan sebuah karakter bernama Mayura yang cukup terkenal pada saat itu. Ia turut mengunggah desain gambar karakternya yang menjelaskan sebuah area khusus dengan perkataan kurang lebih seperti ini :

“Area antara rok mini dan kaus kaki itu tak tertandingi. Kau bahkan bisa mengatakan itu adalah Wilayah Absolut (Zettai Ryouiki) yang suci!”

Mengenal Zettai Ryouiki 2

Mayura & Kuro-Unyuu

Awalnya istilah ini hanya beredar di kalangan para otaku Jepang saja. Perlahan-lahan menjadi populer di kalangan masyarakat Jepang pada umumnya sampai dianggap sebagai salah satu gaya berpakaian, bahkan sampai ada kafe khusus untuk hal tersebut di Akibahara.

Kepopuleran style ini di kalangan masyarakat umum juga menyebabkan banyak terciptanya kombinasi fashion baru seperti menggunakan stocking, garter, celana pendek, dan hal lainnya yang tidak hanya terbatas dengan rok mini dan kaus kaki panjang saja.

Tanggal 28 November adalah hari High Kneesocks Day atau Hari Kaus Kaki Tinggi Selutut di Jepang, tapi bisa juga dibilang hari Zettai Ryouiki. Karena setiap ada kaus kaki tinggi selutut, pasti ada Zettai Ryouiki. Kenapa tanggal 28 November? konversi saja 28 November menjadi angka “28-11,″ lalu angka itu dibalik dan pisahkan angka individunya menjadi “1-1-2-8.″

1 dalam bahasa Jepang “ichi,” dengan alternatif i, karena ada dua 1 jadilah “ii.” Angka 2 tetap sama “ni” tanpa diubah. Angka 8 memang dalam bahasa Jepang “hachi,” tapi karena konsep kneesocks yang menutupi, maka beberapa huruf bisa ditutup dan tidak perlu dilafalkan, jadi tutup saja “ch” itu dan jadilah “hai.”

Gabungkan itu semua dan jadilah “ii ni hai” yang jika dibaca secara menggabungkan bahasa Jepang dan Inggris, artinya bakal jadi “Good Knee High“. Maksa? Ya jelas.

Untuk mempermudah memahami, mari lihat gambar di bawah :

Mengenal Zettai Ryouiki 3

Beberapa garis di atas merupakan batas untuk tinggi kaos kaki atau stocking. Di sana batas masing-masing juga diberikan huruf A hingga F dan istilahnya. Jadi, hanya panjang kaos kaki hingga batas A dan batas B (plus rok/celana mini) yang benar-benar membuat area Zettai Ryouiki.

Jadi jangan salah ya weebs!

(Source : wiki)

Another_KIRA
Merupakan salah satu KIRA. Bukan untuk menulis kematian, tapi untuk menulis kehidupan. Pecinta jejepangan terutama idol dan cewek 2D.

Film Anime Gundam: Hathaway Ditunda Lagi karena COVID-19

Previous article

Odex Akan Menayangkan Film Anime Sword Art Online Progressive di Asia Tenggara Termasuk Indonesia

Next article

You may also like

Komentar