Love Live!Simak

Mengenal Seri Love Live: School Idol Project

0
Mengenal Seri Love Live: School Idol Project 1

Apa kalian termasuk dari penggemar anime idol? Jika kalian gemar dengan anime yang memiliki banyak karakter gadis-gadis kawaii, maka anime idol adalah salah satu rekomendasi untuk kalian. Idol sendiri bukan-lah suatu genre, tetapi merupakan sub-genre dari genre music dalam anime.

Idol dalam anime sendiri sama hal-nya dengan grup dance layaknya boyband atau girlband. Idol sendiri mengarah ke kata “idola”, yang bisa kalian anggap sebagai “kegemaran terhadap sesuatu”. Dan tentunya tujuan dari para idol ini adalah mencari pusat perhatian terbanyak dan mendapat penggemar. Ajang bakat yang disajikan bisa berupa apa saja, namun yang paling umum memang di bidang musik.

Dan disini, mimin akan sedikit mengenalkan kalian salah satu anime idol, yang bisa dibilang sudah cukup lama mulai ditayangkan dan mimin rasa hampir dari kalian semua yang membaca tulisan ini sudah menonton anime ini. Salah satu legenda dari dunia idol (dalam franchise-nya). Seperti yang tertera pada judul, anime ini adalah Love Live! School Idol Project dari serial Love Live!.

Mengenal Seri Love Live: School Idol Project 2

Love Live! sendiri memiliki beberapa serial lain, dan semuanya merupakan genre musik bertemakan idol. Serial ini merupakan karya original dari studio Sunrise.

Seri pertama yang ditayangkan adalah School Idol Project. Serial ini tayang pada bulan Januari 2013, dimana serial ini mengisahkan tentang kabar penutupan SMA Otonokizaka karena jumlah pendaftar murid baru yang kian menurun.

Sekolah ini sendiri merupakan sekolah khusus perempuan. Untuk mengantisipasi penutupan sekolah, seorang gadis riang bernama Kousaka Honoka berniat untuk membentuk klub idol sekolah. Mengapa klub idol sekolah? Karena untuk menarik perhatian para murid baru agar mau mendaftar ke sekolah tersebut, yang mana pada era tersebut idol sedang dalam keadaan naik-naiknya.

Dan tentu saja, membentuk klub idol ini merupakan hal yang tidak mudah. Selain sulitnya untuk mencari anggota, Honoka juga harus bisa meluluhkan hati sang ketua OSIS, Ayase Eri yang sangat galak, namun pada akhirnya nanti ia akan bergabung dengan Honoka ke dalam klub idol (untuk yang belum menonton atau baru menonton setengah musim pertama-nya, ini bukan-lah spoiler, karena kalian sendiri pasti sudah tahu lewat lagu opening atau teaser-nya kalau Eri nantinya akan menjadi bagian dari klub idol itu sendiri).

Yah, kira-kira seperti itulah gambaran cerita-nya. Klub idol ini bernama u’s (dibaca Muse). Diambil dari bahasa Yunani yaitu Musai, merupakan sekelompok dewi yang awalnya beranggotakan 3 orang, namun berkembang menjadi 9 orang. Hal ini benar-benar tergambar dari cerita anime ini sendiri, karena memang pada awalnya u’s hanya beranggotakan 3 orang, yakni Honoka, Umi, dan Kotori. Kemudian berkembang menjadi 9 orang.

Mengenal Seri Love Live: School Idol Project 3

 

Untuk anggota-anggota dari u’s sendiri, meliputi sebagai berikut:

1. Kousaka Honoka (CV. Nitta Emi)

Mengenal Seri Love Live: School Idol Project 4

Kita mulai dari sang leader sekaligus anggota pertama klub ini. Siswi kelas dua SMA Otonokizaka yang memiliki sifat periang, dengan gaya rambut pony tail yang menyamping. Ialah Honoka, gadis penjual makanan manisan Jepang.

Sering kali ceroboh karena terlalu bersemangat. Kalian sendiri pasti sudah bisa membayangkan sendiri bagaimana sifat-nya meskipun belum menonton. Honoka memiliki seorang adik yang rentang usia-nya 2 tahun bernama Kousaka Yukiho. Hubungan mereka bagaikan siang dan malam, namun tetap akur dalam berbagai hal.

Honoka sangat menyukai sekolah, baik itu mengenai kehidupan di sekolah-nya, ataupun struktur bangunan sekolah itu sendiri. Hanya saja meskipun ia mengaku sangat menyukai sekolah, ia kurang bagus dalam hal akademik. Karena ia cukup malas untuk belajar..

Meskipun Honoka adalah gadis periang, ia juga bisa mengalami depresi mendalam ketika ada hal buruk yang terjadi diluar dugaan-nya.

 

2. Minami Kotori (CV. Uchida Aya)

Mengenal Seri Love Live: School Idol Project 5

Siswi kelas 2 SMA Otonokizaka, dan merupakan teman semasa kecil Honoka dan Umi. Ia merupakan gadis yang penyabar, dan tidak suka marah-marah seperti Umi ataupun terlalu bersemangat seperti Honoka. Bisa dibilang Kotori merupakan penengah diantara mereka bertiga.

Ia terkadang suka bertingkah cute untuk membujuk seseorang, terutama Umi. Ia terkadang terlalu lembek dengan Honoka sehingga mengizinkan-nya untuk melakukan hal yang tidak-tidak. Kotori sediri merupakan anak dari kepala sekolah SMA Otonokizaka.

Di u’s, ia yang mendesain busana untuk mereka tampil. Mulai dari gambar desain baju-nya, hingga yang menjahit-nya.

 

3. Sonoda Umi (CV. Mimori Suzuko)

Mengenal Seri Love Live: School Idol Project 6

Siswi kelas 2 SMA Otonokizaka, anggota kedua di u’s, meskipun sebenarnya ia bergabung bersamaan dengan Kotori karena terpaksa menemani Honoka. Umi merupakan teman semasa kecil Honoka dan Kotori.

Umi merupakan karakter yang sedikit pemalu, namun bisa sangat galak dan sering marah-marah, terutama kepada Honoka. Umi adalah penulis lirik lagu di u’s. Selain di dalam klub idol, ia juga mengikuti klub memanah. Ia sangat malu ketika harus mengenakan rok pendek selain rok sekolah. Namun seiring berjalan-nya waktu, ia mulai terbiasa dengan busana idol. Ia juga yang membuat menu latihan untuk u’s sekaligus megarahkan-nya.

 

4. Nishikino Maki (CV. Eriko Hori a.k.a Pile)

Mengenal Seri Love Live: School Idol Project 7

Siswi kelas 1 SMA Otonokizaka. Gadis berambut merah pendek, dan dianggap memiliki suara yang paling bagus di u’s. Bagi mimin sendiri, suara karakter Maki memang suara yang paling langka yang pernah ada.

Tahukah kalian mengapa? Karena pengisi suara Maki yaitu Pile pernah mengisi suara karakter anime hanya sekitar 4 karakter saja. Dan karakter yang paling terkenal disini adalah Maki. Hal ini mungkin akan terbayang di kepala kalian, bahwa sangat jarang ada suara karakter anime yang mirip dengan Maki.

Ia pandai bermain piano, dan merupakan pencipta aransemen lagu untuk u’s yang diambil dari lirik buatan Umi. Ia merupakan karakter yang tsundere, dan sedikit dingin. Ia juga merupakan anak orang kaya dari seorang dokter, dan berencana akan mengambil ilmu kedokteran setelah lulus SMA.

Maki tidak memiliki teman dekat, karena sering menyendiri untuk bermain piano. Namun mulai memiliki sahabat setelah bergabung dengan u’s. Ia sering memejamkan sebelah mata-nya jika sedang meyakinkan suatu hal.

 

5. Hoshizora Rin (CV. Iida Riho)

Mengenal Seri Love Live: School Idol Project 8

Siswi kelas 1 SMA Otonokizaka. Salah satu karakter anime yang memiliki nama yang cukup unik menurut mimin. Penampilan-nya seperti tomboy, dan sering merasa tidak cocok menjadi idol karena sering dikatakan mirip laki-laki. Tapi tidak seperti Umi, ia masih mudah untuk disuruh mengenakan pakaian idol, asalkan anggota lain juga memakai pakaian yang sama dengan-nya.

Ia adalah teman dekat Hanayo, dan sering mendukung Hanayo untuk bergerak maju dan berusaha. Ia masuk ke u’s juga karena mengikuti jejak Hanayo.

Rin merupakan karakter yang cukup energik, namun tidak sembrono seperti Honoka. Ia juga cukup atletis dan bisa melakukan gaya salto ke depan.

 

6. Koizumi Hanayo (CV. Kubo Yurika)

Mengenal Seri Love Live: School Idol Project 9

Siswi kelas 1 SMA Otonokizaka. Teman dekat Rin, dan memiliki sifat yang sangat pemalu. Namun ia memiliki semangat menjalani kehidupan idol yang lebih tinggi dari siapapun. Sifatnya akan berubah drastis menjadi semangat ketika ia mendapatkan informasi terbaru mengenai idol.

Ia adalah gadis berkacamata, namun selama tampil atau latihan, ia menggunakan lensa kontak. Dibalik sifat pemalu-nya, selain menjadi semangat ketika ada yang membahas tentang idol, ia juga memiliki nafsu makan yang luar biasa.

 

7. Yazawa Nico (CV. Tokui Sora)

Mengenal Seri Love Live: School Idol Project 10

Siswi kelas 3 SMA Otonokizaka. Memiliki ciri khas dengan gaya nico-nico nii~ milik-nya. Di zaman anime ini rilis, Nico merupakan salah satu karakter dengan gaya rambut twintail yang cukup ikonik. Rambut-nya biasa saja, namun tingkah laku-nya yang terkadang sedikit menggemaskan seperti anak-anak, dan penampilan-nya dengan rambut twintail hitam dan mata merah.

Ia cukup kecil untuk ukuran anak kelas 3. Dan juga merupakan karakter yang paling pendek di u’s. Ia memiliki 3 orang adik, dimana Nico sendiri lah yang merawat mereka semua. Nico juga merupakan pendiri Klub Peneliti Idol, dimana sebelumnya klub ini merupakan klub idol sekolah biasa, namun terpaksa berhenti karena anggota-nya banyak yang keluar. Dengan tersisa Nico sendiri, maka ia mengganti arah klub-nya menjadi peneliti idol.

 

8. Ayase Eri (CV. Nanjou Yoshino)

Mengenal Seri Love Live: School Idol Project 11

Siswi kelas 3 SMA Otonokizaka, sekaligus merupakan ketua OSIS di SMA tersebut. Ia sangat galak, dan selalu menolak pengajuan pendirian klub idol dari Honoka. Namun dibalik itu semua, sebenarnya ia adalah sosok yang penyayang.

Ia memiliki adik perempuan, yang seumuran dengan adik Honoka. Mereka berdua berteman baik, tidak seperti kakak mereka (pada awal-nya). Eri merupakan blasteran negara Rusia, dan sering menyebutkan kata “Harasho”.

Eri juga ahli dalam menari balet. Dia lah yang sering melatih u’s untuk menyempurnakan tarian mereka. Ia terkadang menggantikan Umi sebagai pengarah latihan.

 

9. Toujou Nozomi (CV. Kusuda Aina)

Mengenal Seri Love Live: School Idol Project 12

Siswi kelas 3 SMA Otonokizaka, sekaligus merupakan wakil ketua OSIS di SMA tersebut. Ia merupakan anggota terakhir u’s, sekaligus yang menamai grup idol itu sendiri secara diam-diam melalui kotak saran.

Ia digambarkan sebagai karakter yang sering menggoda (mengucapkan ara-ara, dan lain-lain), dan diperlihatkan seperti bisa meramal sesuatu dengan kartu-nya. Ia juga sering terlihat tidak banyak masalah, meskipun sebenarnya ia memiliki masalah pribadi. Hanya saja, Nozhomi cukup ahli untuk tidak memperlihatkan-nya. Ia juga merupakan penggerak dari orang-orang di u’s, untuk berjalan ke arah yang lebih baik.

Nozhomi adalah teman dekat Eri, baik di OSIS ataupun di luar OSIS. Ia cukup sering menggoda Eri yang terkadang dingin dengan anggota u’s sebelum Eri bergabung.

Mengenal Seri Love Live: School Idol Project 13

Seperti yang kalian ketahui, bahwa serial Love Live! menyajikan kelompok idol yang terdiri dari 3 anak kelas 1, 3 anak kelas 2, dan 3 anak kelas 3. Masing-masing memiliki beragam sifat dan masalah pribadi yang akan dikupas tiap episode-nya. Diantara 3 kelas ini, masing-masing memiliki perwakilan yang tergolong berdasarkan kepribadian. Ada golongan yang kurang dalam hal akademik seperti Honoka, Nico, dan Rin. Kemudian golongan orang-orang tegas, seperti Umi, Eri, dan Maki. Dan terakhir golongan penengah, yaitu Kotori, Nozomi, dan Kayo.

Love Live! School Idol Project sendiri selain memberikan cerita bagaimana gadis-gadis ini mempertahankan sekolah-nya, mereka juga berniat untuk memenangkan ajang yang dinamakan Love Live!.

Dalam serial anime ini, Love Live! merupakan ajang idol terbesar, dan ini dikhususkan untuk klub idol SMA saja. Saingan terberat dari SMA Otonokizaka dalam ajang Love Live! adalah A-RISE, yang beranggotakan 3 orang.

Mengenal Seri Love Live: School Idol Project 14

Anime ini cukup recommended untuk kalian yang belum menonton-nya. Bisa dibilang cukup menghibur dengan menyajikan kehidupan sekolah 9 karakter ini dalam kehidupan idol mereka sembari mempertahankan sekolah agar tidak ditutup. Diselingi dengan nuansa komedi dan musik-musik yang cukup memanjakan telinga.

Anime ini ditayangkan sebanyak dua musim, 1 anime OVA, dan 1 anime movie. Rentang angka rating yang di dapat dari seri anime ini berkisar dari 7,4 hingga 7,9 (suatu waktu bisa naik, maupun turun).

Sekali lagi, anime ini 97% hanya menampilkan karakter perempuan, jadi tidak banyak menampilkan karakter laki-laki. Untuk kalian yang tidak bermasalah dengan hal tersebut, silakan menonton anime-nya. Dan mimin ucapkan, selamat menikmati~

 

Yu_Muyya

Famitsu Mengiklankan Proyek ‘RPG Akademi Baru’ Bernama Monark

Previous article

Anime A Couple of Cuckoos Mendatang Mendapatkan Ilustrasi Crossover dengan Re:Zero

Next article

You may also like

More in Love Live!

Komentar