Ensiklopedia

Mengenal Inemuri dalam Budaya Jepang

0
Mengenal Inemuri dalam Budaya Jepang 1

Untuk kamu yang sedang bekerja mungkin tertidur di tempat kerja merupakan hal yang harus dihindari karena dapat mencerminkan kalau kamu itu pemalas.

Tapi beda nih dengan orang-orang di Jepang, mereka biasanya melakukan praktik Inemuri untuk membuktikan bahwa mereka sangat berkomitmen untuk bekerja.

Apasih inemuri ini? Inemuri adalah praktik tidur di tempat kerja, di mana ketika seseorang tertidur ditempat yang tidak seharusnya untuk tidur. Bisa pula ia tertidur di kereta bawah tanah atau pesta makan. Inemuri artinya “Hadir Sembari Tidur“.

Hal itu merupakan cara bagi karyawan di Jepang untuk menunjukkan komitmen mereka untuk bekerja.

Wah, kalau di indonesia bukannya malah dipuji atasan melainkan kena teguran deh.

Karyawan yang melakukan Inemuri biasanya menghabiskan banyak waktunya untuk menyelesaikan pekerjaan rumah sampai tidak punya kesempatan untuk tidur dan akhirnya mereka tidur di tempat kerja atau tempat-tempat yang tidak seharusnya untuk tidur. Bahkan beberapa orang juga ada yang melakukan Inemuri palsu dengan tujuan supaya atasan mereka percaya bahwa mereka memiliki konsistensi yang tinggi dalam bekerja.

Mengenal Inemuri dalam Budaya Jepang 2
Tidur siang sendiri memiliki manfaat yaitu, dapat mengembalikan fokus sehingga membuat para pekerja bisa melakukan pekerjaannya dengan baik.

Kementrian kesehatan Jepang pernah memaparkan bahwa sekitar 39,5% penduduk Jepang hanya memiliki waktu tidur kurang dari 6 jam dalam sehari, hal ini bisa memicu terjadinya Inemuri ini.

Bahkan berlaku aturan tidak tertulis untuk praktik Inemuri ini, seperti siapa yang diperbolehkan untuk melakukan Inemuri juga bagaimana posisi yang tepat saat mempraktikannya, posisi untuk melakukan Inemuri ialah orang tersebut harus dalam posisi tetap tegak untuk menunjukkan bahwa mereka masih masih terlibat secara sosial.

Nah, itu dia Inemuri dalam budaya Jepang. Menurutmu hal itu memang baik untuk dilakukan atau malah hanya akan dijadikan alasan para karyawan untuk tidur di tempat kerja dengan dalih konsisten dalam bekerja?

Referensi: Kaskus

Anime Super Cub akan Tayang Perdana pada Tanggal 7 April

Previous article

Kenjiro Tsuda dan Yui Ishikawa Memenangkan Seiyū Awards Tahunan Ke-15

Next article

You may also like

More in Ensiklopedia

Komentar