Ensiklopedia

Mengenal Bunga Sakura, Tumbuhan Paling Ikonik saat Musim Semi di Jepang

0
Mengenal Bunga Sakura, Tumbuhan Paling Ikonik saat Musim Semi di Jepang 1

Halo sobat Wibumesta~ Sedang menikmati anime musim semi 2021? Apa saja anime yang sudah kalian tonton musim ini? Apakah ada anime yang sangat kalian nantikan pada musim ini, namun masih belum tayang? Atau kalian tidak tahu apa saja anime yang akan tayang pada musim semi tahun ini?

Tidak perlu khawatir, karena situs Wibumesta pastinya selalu update tentang berita-berita seputar anime musim semi yang akan tayang tahun ini. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi anime musim semi tahun ini yang dijamin cocok buat kalian!

Baca juga: 10 Rekomendasi Anime Spring 2021 Mendatang

Berbicara soal musim semi di Jepang, umumnya orang-orang akan membayangkan salah satu hal yang menjadi ikonik cukup relevan di Jepang. Yap, jika terbayang pada pikiran kalian, itu adalah mekar-nya bunga sakura di negara Jepang pada musim ini.

Mengenal Bunga Sakura, Tumbuhan Paling Ikonik saat Musim Semi di Jepang 2

Apa kalian pernah melihat bunga sakura? Sakura merupakan bunga yang dianggap sebagai bunga yang cukup penting di negara Jepang. Bunga ini bisa kalian lihat hampir di seluruh daerah Jepang ketika musim semi. Bunga ini biasanya dianggap sebagai simbol penting dalam kehidupan manusia. Biasanya dianggap sebagai simbol penting yang dikaitkan dengan hal-hal yang ada dalam kehidupan manusia, seperti aktivitas keseharian manusia, ikatan antar manusia, perasaan sedih, senang, termasuk perpisahan dan kematian.

Ikon bunga sakura sangat familiar, dan sering kali digambar pada benda-benda yang sering digunakan dalam ber-aktivitas, seperti pada pakaian, alat rumah tangga, benda elektronik, kelengkapan sekolah, dan lain-lain.

Dalam cerita anime, novel ringan atau visual novel mungkin kalian sering melihat sebuah upacara kelulusan selalu diiringi dengan pemandangan bunga sakura yang beterbangan. Hal ini karena musim semi di Jepang terjadi saat bulan Maret, dimana pada bulan tersebut merupakan tradisi kelulusan anak-anak sekolah di Jepang di setiap tahun.

Mengenal Bunga Sakura, Tumbuhan Paling Ikonik saat Musim Semi di Jepang 3

Sejarah Bunga Sakura

Kata “sakura”berasal dari kata “saku“, yang dalam bahasa Jepang artinya mekar. Kemudian ditambahkan kata akhiran yang menyatakan bentuk jamak yaitu “ra“. Awalnya istilah sakura pertama kali muncul dalam karya sastra Jepang yaitu Kojikidan Nihon-Shoki lewat tokoh Kono Hana Sakuya Hime, yaitu seorang putri Dewa Gunung. Dikisahkan dalam sastra Nihon-Shoki bahwa sang putri naik ke atas kabut kemudian terbang ke atas langit gunung Fuji. Kemudian dari atas gunung Fuji tersebut ia menaburkan benih-benih bunga. Kemudian bunga yang disebarkan tersebut diberi nama “Sakura” (diambil dari nama Sakuya dan menjadi nama Sakura).

Adapun di dalam buku sejarah Kojiki dikisahkan bahwa putri tersebut turun dari langit melewati sebuah gunung api, yang letaknya berada di perbatasan daerah Miyazaki dan Kagoshima. Kemudian ia menjadi istri Ninigi no Mikoto (cucu sang dewa matahari). Dalam buku Kojiki disebutkan bahwa Sakuya berarti bunga Sakura itu sendiri.

Klasifikasi Bunga Sakura

Pohon sakura termasuk dalam familia Rosaceae, genus Prunus. Bisa dibilang pohon sakura sejenis dengan pohon prem, persik, atau aprikot. Namun secara umum sakura dikelompokkan dalam subgenus sakura. Bunga sakura memiliki macam-macam jenis. Warna pada bunga ini tergantung pada jenisnya.

Selain itu pohon sakura juga menghasilkan buah ceri. Hal ini juga mengapa bunga sakura dalam bahasa Inggris disebut cherry blossom. Namun dari berbagai sumber mengatakan buah ini sangat tidak enak dimakan, meskipun penulis sendiri belum pernah merasakannya, hehe..

Mekarnya Bunga Sakura

Bunga sakura mekar setahun sekali di setiap musim semi di Jepang. Musim semi terjadi setelah musim dingin sebelum memasuki musim panas, tepatnya sekitar bulan Maret hingga bulan April. Musim semi berakhir ketika sebelum atau bahkan ketika telah memasuki bulan Mei.

Namun meski musim semi berlangsung cukup lama, bunga sakura hanya dapat mekar sekitar 1 sampai 2 minggu saja. Biasanya orang Jepang mengikuti laporan cuaca khusus untuk mengetahui kapan waktunya bunga tersebut mekar secara sempurna.

Saat bunga sakura mekar, orang-orang Jepang berkumpul untuk mengikuti festival Hanami atau “melihat bunga”. Festival ini adalah kebiasaan tradisional untuk menikmati keindahan bunga sakura. Orang-orang Jepang biasanya berkumpul bersama keluarga untuk melakukan piknik.

Di era Jepang zaman dulu, biasanya para petani menggunakan tanda mekar-nya bunga sakura sebagai tanda untuk waktunya mulai menanam padi di sawah mereka.

Jenis-jenis Bunga Sakura

Bunga sakura sejatinya memiliki banyak jenis. Namun yang paling identik dan sering ditemukan ada 5 jenis.

1. Somei Yoshino

Mengenal Bunga Sakura, Tumbuhan Paling Ikonik saat Musim Semi di Jepang 4

Bunga sakura jenis ini merupakan yang paling banyak di Jepang. Umumnya orang-orang beranggapan kebanyakan ikon yang menggunakan bunga sakura diambil dari bunga jenis ini, meskipun bunga ini sebenarnya penampilan bunga ini juga tidak terlalu berbeda dengan bunga sakura yang lain.

Bunga sakura jenis ini memiliki kelopak sebanyak 5 lembar atau kadang lebih. Sebelum bunga ini mengeluarkan daun-nya, warna bunga ini akan berubah menjadi pink samar, kemudian saat mekar akan menjadi bunga berwarna putih.

 

2. Yamazakura

Mengenal Bunga Sakura, Tumbuhan Paling Ikonik saat Musim Semi di Jepang 5

Bunga sakura jenis ini  memiliki kelopak sebanyak 5 lembar. Bunga ini memiliki warna putih, pink gelap ketika mekar. Bunga ini tidak jauh berbeda dengan jenis Somei Yoshino. Karakteristik yang paling menonjol dari kedua bunga tersebut adalah munculnya bunga dan daun pada saat yang sama.

 

3. Yaezakura

Mengenal Bunga Sakura, Tumbuhan Paling Ikonik saat Musim Semi di Jepang 6

Bunga sakura jenis ini memiliki jumlah kelopak yang cukup banyak, yaitu sekitar 10 hingga 50 lembar. Bunga ini juga mekar dengan beberapa macam jenis warna.

 

4. Shidarezakura

Mengenal Bunga Sakura, Tumbuhan Paling Ikonik saat Musim Semi di Jepang 7

Bunga ini memiliki satu karakteristik unik, yaitu tumbuh dan mekar yang menyebar seperti air mancur. Seperti halnya dengan bunga sakura Somei Yoshino, bunga ini merupakan varietas Edohigan yang tangkainya jatuh ke bawah. Bunga ini biasanya disebut sebagai pohon sakura menangis.

 

5. Gyoiko

Mengenal Bunga Sakura, Tumbuhan Paling Ikonik saat Musim Semi di Jepang 8

Bunga ini memiliki kelopak sebanyak 10 hingga 15 lembar. Keindahan pada bunga ini sebenarnya cukup sulit untuk dilihat, karena ketika musim semi telah tiba, bunga dan daun-nya akan memiliki warna yang sama, yaitu kehijauan.

Apakah Bunga Sakura Hanya Dapat Tumbuh dan Mekar di Jepang?

Negara Jepang memang diklaim sebagai negara yang selalu dikelilingi oleh tanaman satu ini di setiap penjuru kota. Bunga ini juga ditemukan pertama kali di Jepang. Namun bunga ini dapat tumbuh dan mekar tidak hanya di Jepang saja. Kalian juga bisa melihat bunga ini di beberapa negara yang juga memiliki musim semi di dalamnya, seperti Cina, Korea, hingga negara-negara eropa seperti Jerman, Belanda, Inggris, dan negara-negara di belahan Amerika.

 

Referensi:

BBCinfoglobalkitalivejapan | matcha-jpWikipedia

Yu_Muyya

Visual Novel Tsukihime Remake Resmi Umumkan Tanggal Rilisnya

Previous article

Anime Black Clover Mendapatkan Film

Next article

You may also like

More in Ensiklopedia

Komentar