Manga Dimension W, Harmoni Dan Ninja Batman Mendapatkan Nominasi Penghargaan Sci-fi Seiun

NewsDimension WHarmoniMangaNinja Batman
Dimension W

Japan Science Fiction Convention (Nihon SF Taikai) Ke-59 mengungkapkan daftar nominasi untuk Seiun Awards ke-51 pada hari Kamis (7/5).

Nominasi kategori Komik meliputi:

  • A Brief History of Robo Sapiens (Robo Sapiens Zenshi, selesai dalam dua volume) karya Toranosuke Shimada
  • How many light-years to Babylon? (Babylon Made wa Nan-Kōnen?, selesai dalam satu volume) karya Seiman Douman
  • Ninja Batman (selesai dalam dua volume) karya Masato Hisa
  • Dimension W (selesai dalam 16 volume) karya Yuji Iwahara
  • Harmony (selesai dalam empat volume) karya Fumi Minato dan Project Itoh
  • Kagaku Chop (selesai dalam enam volume) karya Kaduho

Manga Dimension W, Harmoni Dan Ninja Batman Mendapatkan Nominasi Penghargaan  Sci-fi Seiun 1

Penghargaan tahun ini sekali lagi dipisahkan menjadi sembilan kategori: Novel Jepang, Cerpen Jepang, Novel Terjemahan, Cerpen Terjemahan, Media, Komik, Seni, Nonfiksi, dan kategori “Bebas”. Setiap kategori memiliki antara 6-11 nominasi. Para nominasi dipilih di antara karya-karya yang dirilis antara 1 Januari dan 31 Desember 2019.

Para hadirin “F-CON” di Fukushima, Japan Science Fiction Convention ke-59, akan memberikan suara untuk para pemenang. Staf akan mengumumkan pemenang di konvensi, yang berlangsung dari 13-14 Maret 2021. Acara ini semula dijadwalkan berlangsung pada 22-23 Agustus, tetapi penyelenggara menunda acara sampai tahun depan karena situasi penyakit coronavirus (COVID-19).

“Seiun Shō” secara harfiah berarti “penghargaan nebula,” tetapi Seiun Award dari Japan SF Con lebih mirip dengan Hugo Award, di mana para hadirin dari tiap konvensi masing-masing memberikan suara pada para pemenang. Ada satu set penghargaan lainnya, penghargaan Science Fiction and Fantasy Writers dari Nihon SF Taishō Jepang, yang setara dengan Science Fiction and Fantasy Writers dari Nebula Award Amerika. Seperti Hugo Award, Seiun Award menilai semua bentuk fiksi spekulatif – termasuk tetapi tidak terbatas pada fiksi ilmiah – dan materi terkait.

Pemenang sebelumnya dari Seiun Award termasuk Kemono Friends, And Yet the Town Moves, Shin Godzilla, Kochikame, Girls und Panzer, Knights of Sidonia, The World of Narue, Bodacious Space Pirates, Range Murata, Masamune Shirow, Makoto Shinkai, Fullmetal Alchemist, Gundam: The Origin, 20th Century Boys, Summer Wars, Card Captor Sakura, Madoka Magica, Pacific Rim, Space Battleship Yamato 2199, Moyashimon, dan lainnya.

Tahun lalu, anime SSSS.GRIDMAN memenangkan kategori Media, dan manga Girls’ Last Tour milik Tsukumizu memenangkan kategori Komik.

Sumber: Japan Science Fiction Convention, Animation Business Journal (Tadashi Sudo) Via ANN