Livestream Air Comiket Dapatkan Lebih Dari 440.000 Tontonan Selama 4 Hari

EventNews
Livestream Air Comiket Dapatkan Lebih Dari 440.000 Tontonan Selama 4 Hari 1

Livestream online “Air Comiket”, yang menggantikan konvensi dojinshi fisik Comic Market 98, mendapatkan total 443.357 tontonan selama empat hari, menurut data yang diposting oleh akun Twitter resmi Komite Comic Market (Comiket). Tagar Air Comiket juga menginspirasi sekitar 68.000 tweet unik, yang diposting atau di-retweet oleh 283.494 pengguna unik. Data ini juga menyertakan aktivitas Twitter dari 12 April, hari acara Air Comiket diumumkan.

Acara ini adalah bagian dari inisiatif yang lebih luas yang disebut “Ganbarō Dōjin!” (Do Your Best, Dōjin!), yang mendukung kreator dojin yang tercantum dalam katalog orisinal Comiket 98. Buku-buku fisik dicetak dan dijual melalui situs web e-commerce, yang disorot di livestream-nya.

Acara Comiket 97 sebelumnya, yang diadakan pada tanggal 28-31 Desember, menarik 750.000 orang selama empat hari, memecahkan rekor kehadiran musim dingin dan sepanjang masanya. Sampai Comiket 96, acara dua kali setahun ini diadakan selama tiga hari, bukan empat.

Hajime Okada, yang telah bekerja di bisnis percetakan selama hampir 30 tahun, mengatakan kepada NHK bahwa acara “Air Comiket” telah menjadi anugerah bagi pencaharian mereka yang sedang berjuang.

“Aktivitas pencetakan itu sendiri sempat menurun. Ketika Comiket dibatalkan, kami putus asa, karena itu terjadi pada waktu yang buruk … Meskipun event itu tidak terjadi, saya bersyukur bahwa ada gerakan untuk mencetak buku. Tentu saja, itu tidak bisa dibandingkan dengan acara fisik, tetapi pesanan telah datang setiap hari tanpa gagal.”

Perwakilan Komite Comic Market Yoshiyuki Fudetani dan Kōichi Ichikawa mengatakan bahwa mereka sangat berterima kasih atas dukungan yang telah mereka terima, dan menjelaskan acara Air Comiket sebagai isyarat tekad untuk terus bergerak maju tanpa melihat ke bawah.

Dalam livestream Nico Nico sebelumnya pada tanggal 12 April, Ichikawa menekankan bahwa membeli katalog akan mendukung acara di masa depan, dan bahwa Comiket 99 akan secara langsung dipengaruhi oleh penjualan. Katalog tersebut secara singkat menjadi buku terlaris di Amazon Jepang setelah pengumuman pembatalan acara pada tanggal 27 Maret. Toranoana dan Melon Books menawarkan ilustrasi bonus yang digambar oleh seniman dojinshi dan barang-barang lainnya untuk mereka yang membeli atau pre-order katalog melalui toko mereka.

Konvensi Comic Market 98 fisik awalnya dijadwalkan berlangsung di Tokyo Big Sight sampai dibatalkan untuk membantu mencegah tersebarnya penyakit coronavirus baru (COVID-19).

Komite mencatat bahwa mereka tidak dapat mengkonfirmasi apakah tempat Tokyo Big Sight akan tersedia pada bulan Desember ini, atau pada bulan Juli dan Agustus 2021, sejak Olimpiade Tokyo telah ditunda dari musim panas tahun ini. “Rencana untuk Comic Market 99 (Winter 2020) akan diumumkan secara terpisah, begitu jadwal dan tempat telah dikonfirmasi.”

Sumber: ANN