Kyoto Animation Memperpanjang Hiatus Kerja Karena COVID-19 Hingga Mei

Aikatsu!AnimeEventGamesGundamIndustryNewsSword Art OnlineTales ofTouken RanbuTsukiPro
Kyoto Animation Memperpanjang Hiatus Kerja Karena COVID-19 Hingga Mei 1

Kyoto Animation telah mengumumkan pada hari Senin (11/5) bahwa mereka telah memperpanjang hiatus pekerjaannya karena situasi penyakit coronavirus baru (COVID-19) hingga akhir Mei. Studio awalnya mengumumkan pada tanggal 10 April bahwa pekerjaan hanya akan hiatus mulai pada tanggal 13 April selama satu bulan. Selama hiatus, perusahaan hanya memperbarui situs webnya, menanggapi pertanyaan yang dibuat melalui formulir situs webnya, dan mengirimkan pesanan dari tokonya.

Pengumuman itu mengutip keadaan darurat nasional Jepang yang diperpanjang hingga 31 Mei sebagai alasannya. Pemerintah Jepang mengumumkan pada hari Kamis (14/5) bahwa mereka akan mengangkat keadaan darurat lebih awal di 39 dari 47 prefektur negara Jepang. Kyoto, tempat Kyoto Animation berkantor pusat, tetap dalam keadaan darurat. Prefektur lain yang masih dalam keadaan darurat adalah Tokyo, Osaka, Chiba, Saitama, Kanagawa, Hyogo, dan Hokkaido.

Lalu, Kyoto mengumumkan pada hari Jumat (15/5) bahwa prefektur ini sebagian mengangkat pembatasan pada bisnis pada hari Sabtu (16/5). Pada hari Sabtu (16/5), situs web Kyoto Animation masih mencantumkan hiatus akan berakhir pada tanggal 31 Mei.

Produser Aniplex, Shōki Niwa, mengonfirmasi selama program siaran langsung “SAO Gensaku/Anime/Game Matomete Shin Jōhō SP” (Sword Art Online Novel/Anime/Game News Roundup Special) pada hari Sabtu (16/5) bahwa staf dan seiyuu dari anime Sword Art Online: Alicization War of Underworld Part 2 masih bertujuan untuk menayangkan Part 2 tersebut pada bulan Juli. Dia mengakui bahwa meskipun Part 2 sudah tertunda sejak April, staf dan seiyuu animenya saat ini tidak dapat menangani perekaman suara dialog. Dia menambahkan bahwa beberapa staf dapat melakukan beberapa pekerjaan dari rumah, seperti menulis skenario cerita. Namun, sulit untuk melakukan banyak hal dari pekerjaan produksi anime di luar studio.

Delegasi umum (General Delegate) Festival Film Cannes, Thierry Frémaux, telah mengumumkan pada hari Minggu (17/5) bahwa Festival Film Cannes tahun ini telah dibatalkan, meskipun masih berencana untuk mengumumkan Seleksi Resmi film dari festival ini pada bulan Juni (dengan film yang sebelumnya dijadwalkan untuk musim panas 2020 hingga musim semi 2021 memenuhi syarat). Beberapa film telah dipilih alih-alih menunggu seleksi untuk Cannes 2021. Festival ini akan berkolaborasi dengan sejumlah festival lain di Toronto, Deauville, Angoulême, San Sebastian, New York, Busan, Lyon, dan kota-kota lain untuk menayangkan film-filmnya di kemudian hari, dan juga akan mengadakan acara penayangan online Marché du Film pada tanggal 22-26 Juni. Penyelenggara telah mengumumkan pada bulan Maret bahwa festival ini ditunda dari tanggal aslinya festival ini seharusnya digelar, 12-23 Mei.

Penyelenggara untuk versi musim gugur tahun ini dari acara Wonder Festival 2020 telah mengumumkan pada hari Senin (11/5) bahwa acara ini dibatalkan. Panitia juga sedang menyelidiki apakah akan mengadakan acara musim dingin 2021 atau tidak, yang akan berlangsung pada tanggal 7 Februari 2021.

Nippon Ichi Software (NIS) telah mengumumkan pada hari Senin (11/5) bahwa acara Zenkoku Entame Matsuri (Festival Hiburan Nasional) tahun ini dibatalkan. Penyelenggara sementara berencana untuk mengadakan acara tahun depan pada musim panas, tetapi tanggalnya dapat berubah tergantung pada status situasi COVID-19. NIS mengadakan acara ini setiap tahun pada hari Sabtu dan Minggu pertama di bulan Agustus.

Kyoto Animation Memperpanjang Hiatus Kerja Karena COVID-19 Hingga Mei 2

Penyelenggara acara Anirevo: Summer 2020 telah mengumumkan pada hari Minggu (17/5) bahwa acara tersebut dibatalkan. Acara ini dijadwalkan pada tanggal 31 Juli-2 Agustus di Vancouver Convention Centre. Tiket yang sudah dibeli akan berlaku untuk acara tahun 2021, tetapi pembeli dapat meminta pengembalian dana (refund) per 1 November. Demikian pula, artis dan vendor yang telah dikonfirmasi akan secara otomatis terdaftar untuk tahun depan, tetapi mereka juga dapat meminta pengembalian dana. Penyelenggara sedang mendiskusikan tanggal dengan tempatnya untuk tahun 2021, dan mereka berencana untuk mengumumkan tanggal tersebut pada hari Jumat (22/5).

Bandai Namco Entertainment telah mengumumkan pada hari Kamis (14/5) bahwa acara Tales of Festival 2020 ditunda hingga 6-7 Maret 2021 di Yokohama Arena. Acara ini awalnya dijadwalkan untuk 13-14 Juni 2020.

Kyoto Animation Memperpanjang Hiatus Kerja Karena COVID-19 Hingga Mei 3

Staf drama musikal panggung ketujuh dari franchise Touken Ranbu, Musical Touken Ranbu ~Shizuka no Umi no Paraiso~, telah mengumumkan pada hari Senin (11/5) bahwa sisa 24 pertunjukan yang dijadwalkan untuk 15-31 Mei di Tokyo dibatalkan. Penayangan langsung teater pada tanggal 31 Mei dari drama musikal itu, dan acara pra-penjualan Blu-ray Disc dan DVD drama musikal itu juga dibatalkan. Drama musikal itu sebelumnya telah membatalkan bagian penampilan untuk Tokyo pertamanya, yang dijadwalkan pada tanggal 21-29 Maret, karena kekhawatiran tentang situasi coronavirus COVID-19. Drama musikal itu masih mengadakan pertunjukan hingga 26 Maret. Drama musikal itu juga membatalkan semua pertunjukan dari 4-18 April di AiiA 2.5 Theatre Kobe di Hyogo.

Franchise Tsukino Talent Production (TsukiPro) telah membatalkan semua acara yang dijadwalkan untuk Juni dan Juli, termasuk tiga pertunjukan panggung yang sebelumnya dijadwalkan untuk 10-13 Juni, 2-12 Juli, dan 15-20 Juli.

Akun Twitter resmi untuk anime idol Aikatsu! telah mengumumkan pada hari Kamis (14/5) bahwa pengumuman untuk proyek baru franchise Aikatsu! yang tidak ditentukan telah ditunda. Informasi mengenai tanggal, waktu, dan metode pengumuman akan diungkapkan di kemudian hari. AiTube, kanal YouTube resmi untuk franchise idol Aikatsu!, sebelumnya telah mengumumkan pada bulan Maret bahwa sebuah proyek akan diluncurkan pada musim gugur tahun ini dengan siaran TV over-the-air di TV Tokyo dan afiliasinya.

Situs portal Gundam.info milik Sunrise telah mengumumkan pada hari Kamis (14/5) bahwa rilisnya Gundam Song Covers 2 dari Hiroko Moriguchi, sekuel dari album lagu cover Gundam Song Covers, telah ditunda hingga 16 September. Album ini awalnya dijadwalkan untuk dirilis pada tanggal 10 Juni.

Sumber: ANN