Kyoto Animation Mengabsorpsi Afiliasi Animation Do yang Berbasis di Osaka

AnimeIndustryNews
Kyoto Animation Mengabsorpsi Afiliasi Animation Do yang Berbasis di Osaka 1

Terbitan 16 September publikasi Kanpō dari National Printing Bureau (Biro Percetakan Nasional) melaporkan bahwa Kyoto Animation telah mengabsorpsi studio afiliasi Animation DO yang berbasis di Osaka, termasuk semua hak dan properti yang terkait dengan perusahaan tersebut.

Animation DO awalnya didirikan pada tahun 2000 sebagai Kyoto Animation Osaka Studio, dan menjadi korporasinya sendiri dengan nama Animation DO pada bulan Desember 2010. Studio ini mungkin paling dikenal karena karyanya pada franchise Free! Iwatomi Swim Club, tetapi stafnya telah mengerjakan animasi di hampir setiap proyek Kyoto Animation sejak didirikannya perusahaan ini.

Laporan juga menambahkan Kyoto Animation mengalami kerugian total sebesar 21,34 juta yen (sekitar US$202.400) pada tahun fiskal yang berakhir pada 31 Maret 2020, sementara Animation DO mengalami kerugian sebesar 6,63 juta yen (sekitar US$62.900) pada tahun yang sama.

Pada tanggal 18 Juli tahun lalu, kebakaran hebat terjadi di gedung Studio 1 Kyoto Animation. Sebanyak 70 orang berada di dalam gedung saat itu. Kebakaran menewaskan 36 orang dan melukai 33 lainnya. Selain korban-korban itu, seorang pria berusia 40an yang dalam perjalanannya untuk bekerja di daerah itu menderita luka ringan akibat menghirup asap.

Polisi Prefektur Kyoto menahan tersangka pria berusia 41 tahun yang diduga menggunakan bensin untuk memulai kebakaran, dan mereka menyelidiki kasus tersebut sebagai pembakaran gedung dengan sengaja. Pria itu diduga membeli 40 liter bensin dalam dua tabung dan menggunakan gerobak untuk mengangkut bensin ke gedung Studio 1 Kyoto Animation. Polisi telah menahan pria itu pada tanggal 27 Mei setelah 10 bulan dirawat di rumah sakit karena cedera.

Pekerjaan pembongkaran pada gedung Studio 1 Kyoto Animation selesai pada tanggal 28 April.

Sumber: ANN