Ensiklopedia & FaktaMusik

Kisah Tak Terduga Dibalik Populernya Lagu “Stay With Me”

0
stay with me

Memang akhir-akhir ini music dengan genre J-pop retro atau yang biasa kita kenal dengan istilah “city pop” telah mengalami lonjakan yang dibilang sangat drastis terhadap peminatnya yang bahkan berasal dari luar Jepang seperti salah satunya lagu “Stay With Me“. Hal ini tentu saja tak luput dari sebuah mahakarya beberapa penyanyi Jepang yang terkenal. Ya seperti yang kita ketahui seperti  Tatsuro Yamashita, Mariya Takeuchi, Taeko Onuki, dan Toshiki Kadomatsu, nama-nama ini pasti tidaklah asing bagi kalian penggemar musik city pop.

Membahas city pop sendiri tentu saja tidak akan lepas dari para penciptanya, yaitu seniman musik Jepang yang mencari inspirasi dari luar Jepang dalam kurun waktu sekitar 1970-an hingga 1980-an. Yang dimana pada masa itu gaya hidup serta minat para anak muda pada masa itu bisa dibilang rindu terhadap gaya hidup yang kosmopolitan.

Fenomena unik akhirnya terjadi secara tiba tiba, di antara banyaknya lagu populer yang masuk dalam genre city pop ini. Ada sebuah lagu dari tahun 1979 yang berjudul “Mayonaka no Door – Stay With Me” oleh penyanyi bernama Miki Matsubara tiba-tiba saja muncul dari banyak rekomendasi playlist dari layanan streaming musik, sehingga musik ini menjadi musik favorit yang banyak dimainkan di layanan streaming musik. Ya, contohnya saja lagu ini menduduki peringkat nomor 1 di Spotify Viral Chart selama seminggu (10-16 Desember 2020).

Kisah Tak Terduga Dibalik Populernya Lagu "Stay With Me" 1

Lagu “Mayonaka no Door – Stay With Me” yang dirilis pada November 1979 ini ternyata merupakan karya single debutnya Matsubara. Lirik dari lagu ini ditulis oleh Tokuko Miura, sedangkan musiknya sendiri disusun oleh Tetsuji Hayashi. Lagu ini sendiri pernah memuncak juga pada urutan nomor 28 di chart musik saat rilis.

Kisah Tak Terduga Dibalik Populernya Lagu "Stay With Me" 2

Singkat cerita, 39 tahun sudah berlalu setelah lagu ini rilis, durasi selama 39 tahun ini cukup membuat lagu ini bisa dibilang mulai kehilangan popularitasnya bahkan mulai tidak terdengar lagi terutama di kalangan anak muda. Namun, siapa yang menyangka bahwa 40 tahun setelah rilisnya lagu “Stay With Me” ini justru akhirnya bangkit untuk populer kembali. Hal ini sebagian besar bisa terjadi karena seorang YouTuber yang mungkin sudah tidak asing di telinga orang Indonesia, yang bermana Rainych mengunggah cover dari lagu “Stay With Me” pada akhir Oktober 2020. Yang tak lama kemudian setelah itu versi asli dari musik “Stay With Me” ini ditemukan kembali oleh banyak orang, dan lambat laun menyebar hingga menjadi populer kembali. Tentu saja hal ini juga senada dengan peningkatan secara mendadak akan pemutaran lagu ini di Apple Music dan Spotify.

Namun sayangnya, Miki Matsubara sendiri tidak dapat menyaksikan momen dimana lagu miliknya ini menjadi sangat populer dan mendunia. Miki Matsubara sendiri meninggal dunia saat 15 tahun sebelum “Stay With Me” akhirnya menjadi sangat populer. Ya, Miki Matsubara meninggal pada tahun 2004 tepatnya pada usia 44 tahun, setelah bertempur dengan penyakit kanker. Bahkan, banyak penggemar akhirnya di video asli “Stay With Me” ini berterimakasih terhadap Miki Matsubara karena memberikan’warisan’ lagu yang sangat-sangat indah.

Memang lagu city pop sangatlah enak untuk didengar, penulis sendiri sudah bisa dibilang cukup lama suka dengan lagu city pop bahkan sebelum lagu “Stay With Me” ini populer kembali. Ya, penulis menyukai lagu city pop sendiri bermula pada lagu “Plastic Love” oleh Mariya Takeuchi yang bisa dibilang juga secara tiba-tiba populer kembali pada tahun 2018. Bagaimana dengan kalian? lagu city pop apa yang kalian sukai?

Zein Alvin

[Review] Bokutachi no Remake – Episode 5

Previous article

Anime Tesla Note akan Mulai Tayang pada Bulan Oktober

Next article

You may also like

Komentar