Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal?

FaktaIndustryJepangSimakVirtual Youtuber
Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 1

Hai Domo! Kizuna Ai Desu!

Sebuah ucapan yang sangat tidak asing di telinga kita, terutama yang telah mengikuti kepopuleran Virtual Youtuber sejak awal muncul.

Siapa yang tidak kenal Kizuna Ai? Tentunya banyak dari kalian yang mengenal Kizuna Ai sebagai seorang Virtual Youtuber. Dengan dibawah naungan Upd8, ia memulai debut pertamanya pada tanggal 29 November 2016. Upd8 didirikan pada 31 Mei 2018, dan perusahaan induknya adalah Activ8. Ia juga merupakan salah satu penyebab Virtual Youtuber dikenal oleh banyak orang. Sejauh ini Kizuna Ai memiliki beberapa karakter yang berbeda yaitu Kizuna Ai, Black Ai, Ai #2 (Love-Chan), Ai #3 (Aipii) dan Ai Ge (versi China). Untuk Kizuna Ai dan Black Ai diisi oleh pengisi suara yang sama yaitu Kasuga Nozomi, sementara yang lainnya adalah “Pengganti”.

Tahukah kamu pengisi suara Kizuna Ai yang selalu kita dengar sejak awal debutnya, sekarang telah diganti?

Yap! Banyak dari kalian pasti telah mengetahui hal ini mengingat Kizuna Ai yang sangat populer di dunia. Pada postingan kami beberapa waktu yang lalu telah menjelaskan tentang kerugian yang diterima oleh Activ8 selaku perusahaan yang menaungi Kizuna Ai, dan juga pengakuan Nozomi Kasuga sebagai pengisi suara dari Kizuna Ai. Tetapi mari kita simak lebih lengkap lagi kejadian dan fakta yang telah kami rangkuman dari beberapa sumber.

Pada awalnya kejadian ini didasari oleh kepentingan perusahaan yang mana perusahaan disini adalah Upd8 juga Activ8. Faktanya pengisi suara Kizuna Ai yang asli secara perlahan digantikan oleh #2 dan #3 pada channel Youtube Nya. Para petinggi perusahaan memutuskan tidak akan bergantung lagi pada pengisi suara Kizuna Ai yang asli untuk mengurangi resiko di masa depan yang apabila kontrak berakhir atau pengisi suara dari Kizuna Ai yang asli memutuskan untuk berhenti, maka perusahaan akan mendapatkan kerugian yang sangat besar.

Kapan Semua Ini Bermula?

Pada 25 Mei 2019, Kizuna Ai merilis sebuah video pada channel Youtubenya dengan judul “キ ズ ナ ア イ が 4 人 い る っ て 言 っ た ら 信 じ ま す か? (Apakah kamu percaya bahwa Kizuna Ai ada 4?)”. Pada video itu ditunjukkan bahwa ada 4 Kizuna Ai. Dan merupakan sebuah petunjuk untuk para penonton bahwa akan ada 4 Kizuna Ai yang akan ada dalam channel itu.

Pada 9 Juni 2019, videonya yang berjudul “【検 証】 2 人 の キ ズ ナ ア イ は ク イ ズ で 同 じ 回答 が 出来 る の か?(Apakah dua Kizuna Ai akan memberikan jawaban yang sama pada sebuah kuis?)” Disini kita diberikan 2 karakter Kizuna Ai, tetapi jika di perhatikan dengan seksama terdapat perbedaan pengisi suara dari dua Kizuna Ai, dan salah satunya adalah “Pengganti”.

Banyak Spekulasi Bermunculan, Yang membuat para penggemar bertanya-tanya. Ada Apa Dengan Kizuna Ai?

Hal ini dapat dirasakan saat ulang tahunnya yang ke-3 tanggal 30 Juni 2019, dalam platform BiliBili menampilkan Kizuna Ai yang ke-4 atau versi China dari Kizuna Ai. Dan tentunya bukanlah Kizuna Ai yang dikenal oleh para penggemarnya, hal ini menyebabkan kontroversi yang besar di antara para penggemar. Sebuah pendapat mengatakan bahwa rencana membuat tiruan Kizuna Ai dimaksudkan agar ia dapat beristirahat sejenak. Pada pesta ulang tahunnya tanggal 30 Juni juga ia mengaku setuju akan rencana tersebut, tetapi dengan nada yang terdengar “Menangis”. Dalam beberapa videonya Kizuna Ai yang asli memperlihatkan ia terlihat terisak sedih.

Petunjuk lainnya terdapat di salah satu lirik video musik-nya berjudul Sky High yang diterbitkan pada tanggal 22 Juli 2019

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 2

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 3

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 4

Setiap lirik dalam video musik ini memiliki makna tersendiri.

Selain di Youtube Kizuna Ai juga mengunggah Video Musik itu dalam platform BiliBili, dan lirik itu mengundang keributan dari para penggemar yang kebanyakan berasal dari China. Karena keadaan ini lirik itu kemudian di hapus.

Tanggal 26 Juli 2019, adalah tanggal dimana tiruan Kizuna Ai #3 melakukan live pertamanya. Beberapa orang mengatakannya “Fake” atau palsu, setelah 2 minggu ia tampil banyak yang menuduhnya sebagai peniru Kizuna Ai yang asli. Tidak hanya di Youtube, BiliBili yang kebanyakan penggunanya berasal dari China, secara langsung para penggemar Kizuna Ai yang asli mengatakan “Palsu” padanya.

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 5

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 6

Cerita berlanjut pada malam hari tanggal 26 Juli, dalam sebuah tweet milik Kasuga Nozomi yang di yakini sebagai pengisi suara dari Kizuna Ai yang asli menjelaskan tentang pekerjaannya. Tweet ini membuat para penggemar berpikir bahwa Kasuga Nozomi tidak menginginkan rencana perusahaan untuk membuat tiruan.

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 7

Terjemahan: “Ramennya banyak sekali! Sepertinya akan sulit dihabiskan! Aku sangat suka ramen! Yang dapat kau lakukan hanyalah bekerja sesuai dengan yang diberikan, yang dapat kau lakukan hanyalah mengulurkan tangan sejauh yang kau bisa. Tapi meski begitu, aku ingin melakukan yang terbaik, dan itu penting bagiku, jadi apapu yang terjadi aku akan terus maju. Aku sangat menyukai ramen! Ramen! Ramen!”

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 8

Terjemahan: “Aku tidak akan kalah dan dikesampingkan oleh orang bodoh atau orang dewasa yang jahat. Aku juga tidak ingin berakhir seperti mereka. Percayalah pada apa yang kau lihat dans yang kau rasakan. Kau tidak akan selalu melakukan sesuatu yang benar, tetapi selama kau mencoba, percayalah pada ikatan orang-orang. Aku akan melakukan yang terbaik untuk bertahan dan untuk kontenku. Aku bisa melakukannya! Yeah! Aku akan mencobanya untuk terakhir kali setelah aku masuk ke dalam kantor.”

Tidak lama tweet tersebut segera dihapus. Dan itu menyebabkan para penggemar khawatir bahwa apa yang mereka ketahui tidak sesuai dengan apa yang terjadi pada Kizuna Ai yang asli. Para penggemar berpikir bahwa Kizuna Ai yang asli dipaksa untuk menyetujui rencana membuat tiruan Kizuna Ai.

Para penggemar yang menyukai Kizuna Ai asli, menyampaikan kekhawatiran mereka di Twitter, BiliBili dan juga Youtube. Disaat para penggemar khawatir dengan Kizuna Ai yang asli. Kasuga Nozomi mengirimkan dua tweet yang di harapkan dapat menenangkan para penggemar.

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 9

Terjemahan: “Semua orang terlihat kesal, Kasuga sedang bekerja, aku bekerja seperti biasanya”

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 10

Terjemahan: “Aku akan tetap ada untuk beberapa tahun, tunggu aku!”

Siapa Kasuga Nozomi?

Kenapa Kasuga Nozomi diketahui sebagai pengisi suara dari Kizuna Ai yang asli? Apakah karena Kizuna Ai dan Kasuga Nozomi memiliki tanggal lahir yang sama yaitu 30 Juli? Tetapi itu masih belum bisa membuktikan bahwa Kasuga Nozomi adalah Kizuna Ai. Untuk itu mari kita lihat beberapa bukti yang dapat digunakan untuk menyatakan Kasuga Nozomi sebagai pengisi suara dari Kizuna Ai.

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 11

Frekuensi suara yang pertama adalah suara tertawa dari Kizuna Ai dan yang kedua diambil dari sebuah tweet milik Kasuga Nozomi. Dapat disimpulkan frekuensi suara tersebut berasal dari orang yang sama.

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 12

Kasuga Nozomi mengirimkan tweet pada tanggal 27 Juli yang diperlihatkan bahwa ia sedang merayakan ulang tahun bersama teman temannya (pada tanggal 30 Juli ia sedang berhalangan jadi ia memundurkan perayaannya). Pada tweet tersebut terlihat gambar mozaik yang terlihat seperti Kizuna Ai.

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 13

Kasuga Nozomi mengirimkan tweet yang berisi ungkapan terima kasih dalam 5 bahasa. Jepang, Inggris, Mandarin, Korea dan Filipina. Kepada para penggemar yang me-retweet kirimannya tersebut. Yang mana mereka adalah para penggemar yang mendukung Kizuna Ai sejak awal karirnya.

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 14

Terjemahan: “Seperti yang kita ketahui bahwa pendatang baru tidak akan memiliki penggemar internasional. Apa yang dimaksudkan dengan “Terimakasih” disini? Aku rasa kalian sudah mengetahuinya. “

Disinilah kita melihat kita akan melihat sisi lain dari dunia Vtuber yang tidak kalah kerasnya. Kizuna Ai yang asli membangun channel-nya dari nol hingga jutaan subscriber, sejak Kizuna Ai belum dikenal hingga dikenal oleh dunia. Tetapi semua kerja kerasnya diberikan kepada orang lain. Dari berbagai forum diskusi banyak yang berasumsi pelaku dari kasus ini adalah Yuichi Soejima yang merupakan eksekutif produser Active8, tetapi masih perlu diverifikasi lebih lanjut benar atau tidaknya. Namun, yang pasti bahwa banyak staff upd8 berhenti setelah ia menjabat.

Pada livestream Ai #3 ia membahas apa yang terjadi dengan Kizuna Ai yang asli.

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 15

Beberapa orang khawatir dengan yang asli, seperti “Apakah dia akan tidak akan kembali?”. Tidak, itu tidak akan terjadi, jadi tenanglah.

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 16

Aku mendengar semuanya, mereka ingin mengganti warna atau sesuatu, maaf tapi aku tidak bisa melakukannya, semua tau kita menyukai pink.

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 17

Aku mendengar apa yang orang bilang, contohnya, mereka ingin aku mengganti warna yang berbeda

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 18

Orang orang cemas dengan lirik “Yang original akan tertidur untuk waktu yang lama” dan banyak yang kesal dengan itu

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 19

Jangan khawatir, aku tidak akan membiarkan dia tertidur

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 20

Dan aku juga tidak akan menghilang, jadi kuharap kalian bisa mencintaiku juga

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 21

Memang sulit untuk menerima perubahan. Itu menakutkan

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 22

Akan sulit untuk menerima sesuatu yang kamu kenal perlahan-lahan berubah.

Apa Yang Terjadi Dengan “Tiruan” Kizuna Ai?

Pada tanggal 6 Agustus 2019, Dalam dua video unggahannya diperlihatkan 2 Kizuna Ai yaitu #2 dan #3 dengan judul “【#】【*】【ドッキリ】ゲーム中バレずにどれだけ変顔できるのか!?【検証】” dan “【#】【*】【二人実況】おや!?キズナアイのようすが!何か様子が変だぞ!?【Super Bunny Man】”diperlihatkan karakter Kizuna Ai menunjukkan wajah “Ahegao”. Banyak penggemar yang tidak menyukai ini dan dianggap sebagai suatu yang tidak pantas. Video itu mendapat 11.000 dislike.

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 23

【#】【*】【ドッキリ】ゲーム中バレずにどれだけ変顔できるのか!?【検証】

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 24

【#】【*】【二人実況】おや!?キズナアイのようすが!何か様子が変だぞ!?【Super Bunny Man】

14 Agustus 2019, Jumlah penggemar “Ai Channel” di BiliBili menurun drastis dari 998 ribu menjadi 898 ribu dalam waktu tidak kurang dari 10 hari.

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 25

Pada tanggal 31 agustus 2019, dalam sebuah live stream Channel Youtube Tsukino Mito.
Yang disiarkan hingga 1 September dini hari, sebuah kisah yang diceritakan HimeHina sangat mirip dengan kasus yang terjadi ini, dimana yang “Palsu” mengambil alih tubuh yang “Asli”. Untuk lengkapnya kalian bisa nonton videonya pada 3:43:58

Setelah Itu Apa Yang terjadi?

Kizuna Ai yang asli atau Kasuga Nozomi keluar dari upd8, dan mendirikan agensi baru. Kasuga Nozomi ditunjuk menjadi penasehat.

Setelah mendapat berbagai macam tekanan dari penggemar, Ai #2 dan Ai #3 diberi nama panggilan masing masing, Ai #2 sebagai Love-Chan dan Ai #3 sebagai Aipii. Ai versi China juga mendapat panggilan baru yaitu Ai Ge. Pada 8 april 2020 Ai #2 dan Ai #3 dibuatkan akun Twitter dan Channel Youtube untuk mereka berdua dengan nama “Love-Pii Channel”. Setelah Channel Youtube mereka dibuat, dalam video pertamanya terlihat Love-Chan memakai Jepit rambut berbentuk (#) dan Aipii memakai jepit rambut berbentuk (*).

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 26

Lalu pada Juni 2020 Love-Chan dan Aipii diberikan karakter 2D. Yang mana dalam live stream “Love-Pii Channel” diperlihatkan Love-Chan dan Aipii mendapat karakter mereka sendiri. Love-Chan memiliki rambut berwarna merah muda memakai gaun putih dengan anting berbentuk (#) berwarna biru di telinga kanannya, dan juga di tengah dadanya, pin dengan bentuk Pyoko-pyoko milik Kizuna Ai. Kostum yang dipakai Aipii mirip dengan milik AI Games Kizuna Ai, dia memakai hoodie dan kalung choker. Rambutnya sekarang berwarna biru dengan sedikit warna merah muda dan mata kuning, serta anting berbentuk (*) di telinga kirinya. Juga di bagian tengah dadanya, terdapat pin berbentuk Pyoko-pyoko milik Kizuna Ai seperti halnya Love-Chan. Love-chan memiliki kepribadian yang lebih dewasa dan kalem. Sedangkan Aipii mempunyai karakter energik dan ceria. Dia suka bermain video game dan juga dia memiliki kepribadian yang tomboy.

Kemana Kizuna Ai Yang Kita Kenal? 27

Kesimpulan

Dari pembahasan ini kita bisa menyimpulkan daya tarik yang dimiliki oleh Kizuna Ai ialah karakternya yang sejak awal kita kenal, dan itu tidak akan bisa digantikan oleh orang lain. Kizuna Ai dapat dikatakan Kizuna Ai ialah karena Kasuga Nozomi. Namun, menjadi virtual bukan berarti bisa diganti. Kizuna Ai selalu dan akan selalu menjadi gadis yang gigih, yang berjuang, yang membuka bidang baru bernama “Vtuber”, dan yang selama 4 tahun terakhir, membuat kita tertawa, memberi kita harapan, dan menghubungkan kita bersama. Sesuai dengan namanya “キ ズ ナ ア イ (Kizuna Ai)” Yang Artinya “Ikatan Cinta”. Yang berarti ikatan orang orang yang sejak awal mendukungnya akan terhubung dengan ikatan cinta walaupun banyak pendapat yang berbeda beda, yang menghubungkan kita semua adalah Kizuna Ai.

Akhir kata, terimakasih telah membaca postingan ini sampai akhir. Tetap support ikuti web ini, agar kami dapat terus semangat dalam memberikan informasi berbagai fakta yang menarik dan berkualitas.

source: kizuna_ai, a.i._channel, love-chan, aipii, wikipedia, sojapan, medium, moegirl, twitter, j-cast, reddit, ann, love-pii channel