Karena Coronavirus, Episode 7 Anime Infinite Dendrogram Juga Ikut Ditunda

AnimeEventIndustryInfinite DendrogramJepangNews
Karena Coronavirus, Episode 7 Anime Infinite Dendrogram Juga Ikut Ditunda 1

Hello Sobat Wibumesta, sudah banyak penayangan anime dan acara yang ditunda karena coronavirus, kali ini episode 7 anime Infinite Dendrogram juga tertunda. Situs resmi anime Infinite Dendrogram memposting pemberitahuan bahwa episode ketujuh anime ini tidak akan ditayangkan seperti yang direncanakan pada hari Kamis, 20 Februari. Staf menyatakan bahwa mereka menunda episode ini karena efek dari wabah coronavirus COVID-19 serta masalah produksi. Situsnya mengatakan bahwa komite produksi animenya telah membuat keputusan ini setelah banyak berdiskusi dengan “staf studio produksi di dalam dan di luar Jepang.”

Situs dan akun media sosial animenya akan mengungkap di kemudian hari kapan episode ketujuhnya akan ditayangkan. Episode pertama akan ditayangkan kembali pada tanggal 20 Februari untuk menggantikannya.

Anime TV dari seri novel ringan Infinite Dendrogram karya Sakon Kaidō tayang perdana pada tanggal 9 Januari. Funimation menayangkan seri ini dengan terjemahan bahasa Inggris, dan mulai menayangkan versi sulih suara bahasa Inggris pada tanggal 23 Januari.

Tomoki Kobayashi menyutradarai animenya. Yūichirō Momose menulis dan mengawasi naskah serinya, Masahiko Nakata mengadaptasi desain karakternya untuk animasi, dan Kenji Hiramatsu menggubah musiknya. NAZ menganimasikan seri ini. Production ai menangani latar belakang, dan Kisuke Koizumi adalah pengarah suaranya. Aoi Yūki menyanyikan lagu pembukanya yang berjudul “Unbreakable.” Aya Uchida menyanyikan lagu penutupnya yang berjudul “Reverb.”

Cerita seri ini berlatar di tahun 2043. Infinite Dendrogram merupakan game VRMMO pertama yang mampu mensimulasi kelima indera. Selain banyak fitur luar biasa lainnya, game ini menawarkan para pemain sebuah dunia yang penuh dengan kemungkinan tak terbatas. Reiji Mukudori memainkan game ini bersama kakaknya, Shu; serta temannya, Embryo; untuk berpetualang di game dengan potensi tanpa batas ini.

Karena Coronavirus, Episode 7 Anime Infinite Dendrogram Juga Ikut Ditunda 2

Penundaan atau pembatalan karena coronavirus juga terjadi pada pihak Bushiroad. Perusahaan produksi hiburan Bushiroad telah mengumumkan bahwa mereka membatalkan atau menunda acara yang disponsorinya sampai tanggal 19 Maret karena situasi yang berkembang dengan penyakit coronavirus COVID-19. Bushiroad akan memberikan pembaruan informasi di masa mendatang tentang acara yang dijadwalkan pada tanggal 20 Maret atau nanti.

Akibatnya, Bushiroad menawarkan pengembalian uang untuk tiket ke acara-acara yang terpengaruh, bahkan jika mereka hanya ditunda dan bukannya dibatalkan sepenuhnya. Perusahaan ini meminta maaf atas ketidaknyamanannya kepada pelanggan dan orang-orang yang terlibat dalam acara tersebut, dan meminta pengertian mereka atas masalah ini.

Langkah ini memengaruhi acara untuk organisasi gulat profesional wanita World Wonder Ring Stardom, proyek game dan anime D4DJ, game Future Card Buddyfight, proyek media BanG Dream! (termasuk ARGONAVIS dari BanG Dream!), proyek Revue Starlight, Voice Actor Card Collection, majalah manga Monthly Bushiroad, lini boneka Assault Lily, dan anime Rebirth for you.

Bushiroad juga membatalkan acara pratinjau deck Weiß Schwarz yang dijadwalkan tanggal 18 Februari hingga 31 Maret. Unit D4DJ, Happy Around!, memutuskan untuk tidak tampil di acara Animax Musix Nextage pada tanggal 22 Februari, dan segera setelah pengumuman itu, penyelenggara Animax Musix mengumumkan bahwa mereka membatalkan acara Animax Musix Nextage sepenuhnya karena COVID-19.

Sebelumnya coronavirus telah menunda berbagai penayangan anime seperti A3! Season Spring & Summer, Asteroid in Love, dan A Certain Scientific Railgun T, dan juga acara seperti Taipei Game Show dan acara rilis single Plunderer dari Miku Itō. Coronavirus juga sempat menunda produksi Switch di Cina untuk pasar Jepang, serta pengiriman produk ke Jepang juga tertunda.

Karena Coronavirus, Episode 7 Anime Infinite Dendrogram Juga Ikut Ditunda 3

Panitia Taipei Game Show menunda konvensi video game, yang awalnya direncanakan pada tanggal 6-9 Februari, hingga ke musim panas tahun ini karena wabah COVID-19. Nintendo mengkonfirmasi bahwa wabah tersebut menunda produksi unit dan aksesoris Switch yang ditujukan untuk Jepang, dan Bloomberg melaporkan bahwa penyakit ini “kemungkinan” akan mempengaruhi pengiriman serupa yang ditujukan untuk Amerika Serikat dan Eropa pada bulan April.

Penyanyi dan seiyuu Miku Itō menunda acara di tiga kota pada tanggal 11 Februari untuk lagu pembuka Plunderer karena COVID-19, meskipun single tetap debut sehari kemudian. Acara “Valentine Day Party” dari seiyuu dan penyanyi Yui Ogura pada tanggal 15 Februari mengharuskan peserta untuk menggunakan masker, desinfektan, dan prosedur penanganan makanan khusus. Acara Petit Asobi pada tanggal 15-16 Februari meminta peserta untuk mengambil tindakan pencegahan seperti memakai masker dan mencuci tangan.

Karena Coronavirus, Episode 7 Anime Infinite Dendrogram Juga Ikut Ditunda 4

Komite produksi anime A3! Season Spring & Summer mengutip COVID-19 pada tanggal 13 Februari sebagai alasan memburuknya masalah penjadwalan yang ada yang menyebabkan episode yang tersisa ditunda hingga bulan April atau lebih lama. Staf anime A Certain Scientific Railgun T telah menunda episode 7 dari tanggal 21 Februari hingga kemudian hari karena wabah ini.

Anime Asteroid in Love menunda penayangan episode 7 pada tanggal 14 Februari ke tanggal 21 Februari dan menggantikannya dengan rekap “episode 6.5.” Kreator manga Asteroid in Love, Quro, memposting, “aku benci virus…” di Twitter pada tanggal 7 Februari, tetapi komite produksi anime tidak secara langsung mengutip coronavirus COVID-19 sebagai alasan penundaan episode 7.

Hmm… apa nanti bakal ada lagi ya?

Sumber: ANN 1, ANN 2