Ensiklopedia & FaktaPeople

Sejarah Singkat Kaisar Jimmu, Kaisar Jepang Pertama Pewaris Amaterasu

0
kaisar jimmu

Kaisar Jimmu, Kaisar pertama Jepang. Namanya sama dengan nama Kaisar Jepang dalam kisah mitologi Jepang menurut Kojiki dan Nihon Shoki. 

Kaisar Jimmu merupakan anak dari pasangan uguyafukiaezu dan Tammayoribime. Menurut Kojiki dan Nihon Shoki, Kaisar Jimmu merupakan putra ke-4 dari pasangan tersebut.

Jimmu juga masih keturunan dari Dewa Amaterasu. Nama asli beliau adalah Kamuyamato Iwarehiko. Ia dan kakak-kakaknya berkeinginan menguasai Yamato. Tapi penduduk yang sudah dari dulu tinggal di Yamato pun tak tinggal diam, mereka melawan dengan sekuat tenaga sampai terjadi pertempurab yang sangat sengit.

Baca juga: Kisah Tak Terduga Dibalik Populernya Lagu “Stay With Me”

Sejarah Singkat Kaisar Jimmu, Kaisar Jepang Pertama Pewaris Amaterasu 1

“KAISAR JIMMU”

Namun, Kamuyamato Iwareiko yang keturunan Dewa dengan kesaktiannya bukan tandingan bagi pendudukn Yamato yang hanya manusia biasa. Selanjutnya saat di kaki gunung Unebikashihara No Muya, Kamuyamato Iwarehiko naik tahta menjadi Kaisar.

Kemudian Kamuyamato Iwarehiko akan dikenal sebagai Kaisar Jimmu yaitu Kaisar pertama Jepang.

Jimmu dinobatkan menjadi Kaisar Jepang yang pertama juga bersamaan dengan itu, Ninigi menyerahkan 3 pusaka kepada Jimmu Tenno sebagai pusaka Kaisar. Pusaka itu berupa : kalung batu permata, pedang dan cermin. 

Kaisar Jimmu lahir pada 13 Februari 711 SM. Ia berkuasa dari 18 Februari 660 BC(tradisional) – 585 BC (tradisional), penerusnya yaitu Suizue. Jimmu juga memiliki istri yang bernama Ahiratsu-hime dan Himetaraisuzu-hime. Dan dari istri-istrinya itu ia dikaruniai 4 orang anak yaitu : Tagishimimi no mikoto, Hikoyai no mikoto, Kamuyaimimi no Mikoto,  dan Kaisar Suizue. Ia wafat pada 9 April 585 SM pada umur 128tahun dan dimakamkan di Unebi-yama no Ushitara no Sumi no Misasagi (畝傍山東北陵)(Kashihara, Nara). 

Sejarah Singkat Kaisar Jimmu, Kaisar Jepang Pertama Pewaris Amaterasu 2

Dan saat ini setiap 11 Februari yaitu tanggal Kaisar Jimmu naik tahta di peringati sebagai Hari Pembentukan Negara dan peringatan ini juga disebut Kigenshitsu atau hari Hari Kaisar Jimmu naik tahta (sebelum Perang Dunia II).

 

Referensi :
indozone.id | Wikipedia
Andi kunz
Seorang penulis pemula yang berusaha untuk tidak menjadi beban keluarga

    Anime Tesla Note akan Mulai Tayang pada Tanggal 3 Oktober

    Previous article

    Mengenal Lebih Dalam Seputar Kaisar Hirohito

    Next article

    You may also like

    Komentar