Kaguya-sama: Love is War Dan Lainnya Menangkan Shogakukan Manga Awards Ke-65

AoashiKaguya-sama wa Kokurasetai - Tensai-tachi no Renai ZunōsenMaiko-san Chi no Makanai-sanMangaNagi no OitomaNeko, HajimemashitaNews
Kaguya-sama: Love is War Dan Lainnya Menangkan Shogakukan Manga Awards Ke-65 1

Hello Sobat Wibumesta, komite juri dari Shogakukan Manga Awards ke-65 telah mengumumkan pemenang tahun ini. Setiap manga pemenang akan dimuliakan dengan patung perunggu dan hadiah 1 juta yen (sekitar US$9.000).

Best Children’s Manga

Kaguya-sama: Love is War Dan Lainnya Menangkan Shogakukan Manga Awards Ke-65 2

Judul: Neko, Hajimemashita
Kreator: Konomi Wagata
Diserialisasikan di: Ciao (Shogakukan)
Cerita manga ini berpusat pada bocah lelaki SMA yang riang bernama Nao Kazushiro, yang tewas dalam kecelakaan lalu lintas, dan tiba-tiba arwahnya memasuki tubuh kucing yang berada di dekatnya. Dia akhirnya dipungut dari jalanan oleh seorang gadis bernama Chika. Manga ini menceritakan kehidupan sehari-hari Chika dan Nao, yang sekarang bernama Nyao.

Wagata telah meluncurkan manga ini di majalah Ciao pada bulan Oktober 2015. Shogakukan telah menerbitkan volume keenam manga ini pada tanggal 1 Oktober.

Best Shōnen Manga

Kaguya-sama: Love is War Dan Lainnya Menangkan Shogakukan Manga Awards Ke-65 3

Judul: Maiko-san Chi no Makanai-san
Kreator: Aiko Koyama
Diserialisasikan di: Weekly Shonen Sunday (Shogakukan)
Ceritanya berlatar di hanamachi (lingkungan tempat geisha tinggal) di Kyoto. Di sini, setelah geisha menyelesaikan pekerjaan mereka larut malam, mereka menghabiskan malam mereka dengan beristirahat di pondok untuk bersiap di hari berikutnya. Ceritanya berpusat pada Kiyo, seorang penduduk asli Aomori yang bekerja sebagai juru masak di sebuah pondok geisha di Kyoto. Dia juga memiliki seorang teman yang bernama Sumire yang merupakan maiko, atau murid geisha.

Koyama telah meluncurkan manga ini di majalah Weekly Shonen Sunday milik Shogakukan pada bulan Desember 2016. Shogakukan telah menerbitkan volume ke-12 manganya pada tanggal 12 Desember.

Manga ini sudah diterbitkan di Indonesia oleh penerbit Elex Media dengan judul “Juru Masak Para Maiko“.

Best Shōjo Manga

Kaguya-sama: Love is War Dan Lainnya Menangkan Shogakukan Manga Awards Ke-65 4

Judul: Nagi no Oitoma
Kreator: Misato Konari
Diserialisasikan di: Champion Tap! (Akita Shoten)
Ceritanya berpusat pada Nagi Ōshima, seorang gadis yang terlalu peka akan suasana hati semua orang dan tidak bisa benar-benar dekat dengan siapa pun. Suatu hari, dia pingsan karena hiperventilasi. Setelah berbicara dengan mantan pacarnya, dia berhenti bekerja, pindah, dan melarikan diri dari segalanya untuk memulai semuanya dengan cara baru.

Konari telah meluncurkan manga ini di majalah Champion Tap! pada bulan Juni 2016. Akita Shoten telah menerbitkan volume keenam manganya pada tanggal 13 September.

Best General Manga

Kaguya-sama: Love is War Dan Lainnya Menangkan Shogakukan Manga Awards Ke-65 5

Judul: Aoashi
Kreator: Yūgo Kobayashi, Naohiko Ueno
Diserialisasikan di: Big Comic Spirits (Shogakukan)
Cerita manga ini berpusat pada Ashita Aoi, yang mengaku sebagai seorang jenius sepakbola. Ia tergabung dalam tim junior di prefektur Ehime asalnya, namun sebuah insiden kekerasan di lapangan mengakhiri karir sepak bolanya di masa SMP. Dalam kesedihannya, ia bertemu seorang pria di tepi pantai.

Kobayashi dan Ueno telah meluncurkan manga ini di majalah Big Comic Spirits pada bulan Januari 2015. Shogakukan telah menerbitkan volume ke-18 manganya pada tanggal 30 Oktober.

Kaguya-sama: Love is War Dan Lainnya Menangkan Shogakukan Manga Awards Ke-65 6

Judul: Kaguya-sama: Love is War (Kaguya-sama wa Kokurasetai – Tensai-tachi no Renai Zunōsen)
Kreator: Aka Akasaka
Diserialisasikan di: Miracle Jump (Shueisha, pindah ke Young Jump)
Seri ini menceritakan Kaguya Shinomiya dan Miyuki Shirogane yang keduanya merupakan orang jenius elit serta anggota dari OSIS Akademi Shuchiin yang memiliki reputasi tinggi. Meskipun mereka saling tertarik satu sama lain, tapi keduanya memiliki gengsi yang tinggi sehingga mereka tidak ada yang mau menyatakan perasaan mereka masing-masing duluan. Mereka kemudian saling bersiasat agar lawannya mau menyatakan perasaannya duluan.

Akasaka memulai seri ini di majalah Miracle Jump milik Shueisha pada bulan Mei 2015 tapi pindah ke Young Jump pada bulan Maret 2016. Volume ke-17-nya telah dirilis pada tanggal 17 Januari.

Manga ini telah mendapatkan anime TV yang tayang pada bulan Januari 2019, serta film live-action pada tanggal 6 September. Anime ini akan mendapatkan season kedua.

Manga ini akan diterbitkan di Indonesia oleh penerbit m&c!. Belum ada kabar kapan manga ini akan diterbitkan.

Selain itu, manga Super Mario-kun karya Yukio Sawada dan perusahaan Fujiko F. Fujio Pro menerima Penghargaan Khusus Komite Juri. Komite juri tahun ini terdiri dari Eiji Kazama, Genki Kawamura, Kazuhiko Shimamoto, Bourbon Kobayashi, Fujihiko Hosono, dan Naoko Mazda.

Kaguya-sama: Love is War Dan Lainnya Menangkan Shogakukan Manga Awards Ke-65 7

Shogakukan telah memberikan hadiah penghargaan ini sejak 1956 (untuk karya yang diterbitkan pada tahun 1955). Pemenang tahun lalu terdiri dari Age 12, Dr. Stone, Hibiki: Shosetsuka ni Naru Hōhō, dan Kenkō de Bunkateki na Saitei Gendo no Seikatsu.

Sumber: ANN