NusantaraMusikNews

Jadi Kota Tak Terlupakan, Seperti Ini Cara Duo Produser Jepang AmPm Mengapresiasi Kota Jakarta 

0
Jadi Kota Tak Terlupakan, Seperti Ini Cara Duo Produser Jepang AmPm Mengapresiasi Kota Jakarta  1

Sebagai seniman, inspirasi bisa datang dari mana saja. Terkadang dari pengalaman yang sudah cukup lama, karena kesannya begitu membekas di hati, bisa terus menjadi sumber inspirasi yang tidak pernah habis untuk digali. Itulah yang terjadi pada AmPm (baca: Ampam). Berkunjung ke Jakarta menjadi satu pengalaman yang berkesan bagi duo kreatif bertopeng asal Jepang, AmPm (baca: Ampam). Sebagai bentuk rasa apresiasi mereka terhadap kota yang banyak memberi momen penting dalam perjalan karir mereka sebagai musisi, AmPm pun menciptakan single baru yang sepenuhnya terinspirasi oleh kota Jakarta. 

Single terbaru mereka berjudul ‘Jakarta’ akan menjadi single dance instrumental ketiga mereka yang terinspirasi dari kota-kota di berbagai belahan dunia. ‘Jakarta’ akan diluncurkan serentak di semua digital streaming platform mulai tanggal 10 September, bersamaan dengan pemutaran perdana video musiknya di Youtube yang akan menampilkan dinamika lanskap dan pemandangan kota Jakarta sebagai ibu kota Indonesia. 

Lihat Music Video AmPm / ‘Jakarta’ di link berikut:

https://youtu.be/G3-J4tqSqeE

Duo yang memulai karir pada Maret 2017 dan populer secara global lewat single ‘Best Part of Us feat. Michael Kaneko’ ini memang kerap mengungkapkan kekaguman mereka terhadap Indonesia, terutama Jakarta, kota di luar Jepang dimana mereka pertama kalinya berkesempatan tampil di festival music besar dengan ribuan penonton. 

“Sebagai kota dimana pertamakalinya kami tampil di sebuah konser, Jakarta menyimpan banyak kenangan bagi kami. Kota yang menjadi rumah bagi orang-orang dengan latar belakang yang sangat beragam, Jakarta memiliki budaya yang unik. Sebagai kota yang berkembang begitu pesat, Jakarta memiliki karakter yang khas dan, tak bisa dipungkiri, menjadi salah satu kota favorit kami. Kami bertujuan untuk mengekspresikan kenangan-kenangan indah kami tentang Jakarta beserta dengan getaran atmosfir yang kami rasakan dalam sebuah lagu dance,” ungkap kedua personel AmPm.  

Seperti yang sudah diterangkan di atas, ‘Jakarta’ merupakan lagu ketiga dari seri lagu dance instrumental bertemakan kota-kota di dunia yang menginspirasi serta memiliki peranan penting dalam perjalanan karir AmPm. Serial lagu tematis ini dimulai dengan peluncuran single ‘Tokyo’ pada Maret 2021, dilanjutkan dengan ‘New York City’ pada Juni 2021 dan kini, ‘Jakarta’ pada 10 September. 

Pemilihan kota-kota ini tentu saja berkaitan dengan perjalanan musik duo produser ini dimana masing anggota personel AmPm merasa ada keterikatan emosional kuat terhadap kota-kota tersebut. Khusus untuk Jakarta, AmPm tampil di Jakarta pada 2017 sebagai satu-satunya artis Jepang yang tampil di festival Spotify On Stage dimana, sebagai artis pendatang baru, ini menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. 

Ditambahkan jika, “Kami masih bisa dengan jelas mengingat betapa besarnya antusias kami akan penampilan konser pertama kami itu di Jakarta. Untuk saat ini, mungkin masih sangat sulit untuk mengulang pengalaman seperti itu dimana kelompok besar penonton berkumpul dan musik diputar dalam volume yang paling keras. Namun, kami optimis jika akan datang saatnya dimana kami dapat kembali ke Jakarta dan tampil di panggung konser, menampilkan karya musik terbaru AmPm.”

Dari keterkaitan emosional ini, terciptalah lagu yang mengkombinasikan lagu dance khas AmPm yang smooth chill dengan melodi kental khas Asia Tenggara yang dianggap bisa menggambarkan ibu kota Indonesia yang begitu menggugah hati bagi para personel AmPm. “Lagu ini juga merupakan upaya pertama kali kami untuk memasukkan suara instrumen tradisional rakyat dan kami berharap pendengar bisa menikmati dan merasakan perjalanan ke kota Jakarta saat mendengarkan lagu ini.”

Oh ya, curhatan mengenai pengalaman penuh kesan mereka selama di Jakarta dan inspirasi yang didapat dari kota Jakarta, bisa lebih lanjut dibaca melalui blog mereka di:

https://ampm-tokyo.medium.com

Sepanjang karir mereka, AmPm telah memproduksi lagu dance yang menampilkan berbagai vokalis tamu dari berbagai belahan dunia. Namun, sebagai tambahan dari apa yang sudah mereka kerjakan, mereka memang berencana akan meneruskan untuk berkarya mengedarkan musik dance instrumental yang terisnpirasi dari kota-kota favorit mereka, sebagai ekspresi mereka terhadap inspirasi berharga yang didapat saat berkeliling dunia. Single dance instrumental yang telah lebih dulu beredar seperti ‘Tokyo’ dan ‘New York City’ juga akan disertakan dalam perilisan single ‘Jakarta’ melalui berbagai digital streaming platform seperti Spotify, Apple Music dan Joox. 

Informasi Rilis 

Jadi Kota Tak Terlupakan, Seperti Ini Cara Duo Produser Jepang AmPm Mengapresiasi Kota Jakarta  2ampm

‘Jakarta’
Beredar September 10, 2021
Link Unduh dan Mendengar Langsung: https://ampm.lnk.to/ampm20210910_digi

Music video:

https://youtu.be/G3-J4tqSqeE

‘Tokyo’ music video: https://youtu.be/nZtcw_2Aje8

‘New York City’ music video: 

https://youtu.be/_6yWx6hpxjI

  • Profil AmPm (Info pendukung)

AmPm adalah duo produser bertopeng asal Jepang yang menembus pasar global dengan single perdana mereka pada Maret 2017 berjudul, ‘Best Part of Us feat. Michael Kaneko’. Pada tahun yang sama, mereka menjadi artis Jepang satu-satunya yang tampil di Spotify On Stage, festival musik di Indonesia yang diadakan oleh Spotify. Di 2018, mereka mendominasi panggung seluruh dunia, mulai dari Ultra Miami hingga konser di Korea dan Japan, dan bahkan menggelar konser besar di New York. Selain mengedarkan musik ciptaan sendiri, AmPm juga me-remix artis populer dari berbagai negara seperti Afrojack, R3HAB dan Nicky Romero, termasuk melakukan remix untuk artis Jepang terkenal seperti Gesu no Kiwami Otome (‘Black Parade’) dan MONKEY MAJIK (‘Tokyo Lights’), serta produksi untuk lagu Ken Hirai berjudul ‘Holic’. Berkolaborasi dengan vokalis musik dance yang beragam, AmPm telah merilis lebih dari 30 lagu hingga kini. Pada Maret 2019, mereka mendapat penghargaan di the Digital Contents of the Year 2018 / 24th AMD Award, memenangkan the Special Jury Award. Pada Juni 2019, mereka bertindak sebagai produser untuk lagu ‘All For You’ milik V6. Kini, AmPm merupakan salah satu produser musik yang paling banyak dicari, dan menjadi favorit di kalangan artis dan juga digemari banyak penikmat musik. 

Musik: https://ampm.lnk.to/ampm

Website: http://ampm.tokyo/

Instagram: https://www.instagram.com/ampm.tokyo/

Twitter: https://twitter.com/ampm_tokyo

Facebook: https://www.facebook.com/ampm.tokyo/

HAPPY LISTENING!

NIJISANJI ID 2nd Anniversary Event: Virtual Summit! 

Previous article

Anime “180-Byou de Kimi no Mimi o Shiawase ni Dekiru ka?” akan Mulai Tayang pada Tanggal 14 Oktober

Next article

More in Nusantara

You may also like

Komentar