Hisashi Katsuta, Voice Actor Kenamaan Jepang Pemeran Dr. Ochanomizu dari Astro Boy

EnsiklopediaPeople
Hisashi Katsuta, Voice Actor Kenamaan Jepang Pemeran Dr. Ochanomizu dari Astro Boy 1

Pada tanggal 21 Februari 2020, dunia pertelevisian Jepang sedang berduka atas meninggalnya voice actor kenamaan, Hisashi Katsuta. Kabar meninggalnya Hisashi Katsuta dimuat di beberapa surat kabar Jepang.

Hisashi Katsuta, Voice Actor Kenamaan Jepang Pemeran Dr. Ochanomizu dari Astro Boy 2

Katsuta lahir pada tanggal 2 April 1927 di Tokyo, Jepang. Dia dikenal sebagai voice actor Jepang dan juga seorang penulis. Meskipun begitu, Hisashi lebih dikenal karena perannya dalam mengisi suara Dr. Ochanomizu dalam serial anime Astro Boy, Dr. Hoshi dalam Astroganger (1972–1973), Professor Tobishima dalam Groizer X (1976–1977), dan Shin’ichirō Izumi dalam Tōshō Daimos (1978–1979).

Katsuta adalah salah satu dari pemuda yang direkrut untuk bekerja di pabrik-pabrik militer pada hari-hari terakhir dari Perang Dunia Kedua. Sejak kecil, ia tertarik terhadap dunia perfilman dan juga teater. Karena itu, setelah lulus dari Institut Teknik jurusan komunikasi nirkabel (sekarang dikenal sebagai Universitas Komunikasi Elektro), Hisashi Katsuta menempuh studi drama di Kamakura pada tahun 1946. Dua tahun kemudian, yaitu tahun 1948, ketika studinya tidak kunjung selesai, Hisashi memutuskan untuk tampil dalam sebuah melodrama berjudul The Hill Where The Bell Tolls karya Kazuo Kikuchi.

Katsuta memulai karirnya sebagai voice actor pada tahun 1948 saat dia muncul pertama kali di acara radio NHK untuk berperan sebagai Shi Jin, “Naga Sembilan Tato” dari seri Water Margin karya Shi Nai’an. Kemudian pada tahun 1949, tahun dimana Katsuta menyelesaikan studi dramanya, dia dikontrak oleh NHK untuk acara siaran radio tersebut sebelum kemudian keluar dan menjadi voice actor freelance pada tahun 1954.

Ketika Water Margin diubah menjadi pertunjukan boneka, ia mengulangi perannya sebagai Shi Jin, dan dipekerjakan lagi untuk versi pertunjukan boneka selanjutnya dari Journey to the West, di mana ia memainkan Pigsy.

Sebagai pelopor dunia voice acting di Jepang, Katsuta telah banyak mengerjakan proyek voice over. Sebut saja The Butcheries, sebuah drama televisi yang diproduksi di Inggris pada tahun 1956. Acara live-action Amerika berjudul Surfside 6 dan Beverly Hillbillies adalah dua karya yang paling memorabel yang digarap pada tahun 1960an.

Hisashi Katsuta, Voice Actor Kenamaan Jepang Pemeran Dr. Ochanomizu dari Astro Boy 3

Pada tahun 1963, saat Katsuta berusia 30 tahun, ia berperan sebagai Dr. Ochanomizu, sosok ayah pengganti yang ramah, di anime Astro Boy karya Osamu Tezuka. Karakter Ochanomizu kemudian menjadi peran terbesar Katsuta yang memiliki pengaruh sangat besar bagi karirnya, dan ia kemudian mengulangi perannya dalam adaptasi anime kedua dari Astro Boy pada tahun 1980 dan 2003, serta adaptasi film Hero of Space dan Shinsengumi.

Selain mengisi suara Dr. Ochanomizu, ia juga mengisi suara Dr. Hoshi di Astroganger, Profesor Tobishima dalam Groizer X, dan Shin’ichirō Izumi dalam Tōshō Daimos.

Pada tahun 1979, Katsuta mengisi suara Raja Louis XV dari Perancis dalam The Rose of Versailles dan gambaran fiksi dari samurai era Sengoku bernama Sanada Yukimura dalam Manga Sarutobi Sasuke. Dia juga memiliki peran kecil dalam beberapa seri anime diantaranya; Cat’s Eye, Dororo, Jetter Mars, Katri, Girl of the Meadows, Kimba the White Lion, Legend of the Galactic Heroes, Marine Boy, Megazone 23, Musashi no Ken, Oishinbo, Perman, Shin Jungle Taitei: Susume Leo!, The Monster Kid, dan Voltes V.

Menjelang masa pensiunnya, Katsuta menulis dua buku, The Road to Voice Acting (Shōwa seiyū retsuden terebi sōsō-ki o koe de sasaeta meiyū-tachi) dan All About the Unseen Performers (Soshite seiyū ga hajimatta), yang berfungsi sebagai iklan untuk perubahan baru dalam arah karier.

Pada tahun 1982, tepatnya pada bulan April, dia mulai mengisi kelas voice acting yang kemudian menjadi akademi voice acting Katsuta, dimana Katsuta adalah dekannya. Lulusan tahun pertama akademi ini diantaranya; Mayu Okamoto dan Miki Ito dari Gundam; tahun-tahun berikutnya para pelajar dari akademi Katsuta mengisi suara untuk Naruto, One Piece, dan Bleach. Salah satu dari murid Katsuta, Nobuyuki Kobushi, telah mengisi suara Koutarou Katsuragi di Shirobako, Tecchi di Sword Art Online, Tarou Beppu di Gin no Saji, dan Computer Research Society President di Suzumiya Haruhi no Yuuutsu.

Sekolah voice acting Katsuta ditutup pada tahun 2015, ketika kondisi kesehatan Katsuta tidak memungkinkannya lagi untuk mengajar. Karya terakhirnya buku berjudul Biographies of Showa-era Voice Actors (2017), merupakan kumpulan kutipan 32 rekannya, sekaligus kenang-kenangan tentang kehidupan mereka. Hisashi Katsuta meninggal pada usia 92 tahun karena senility (sejenis penyakit demensia).

Sumber: Wikipedia, AllTheAnime