JepangNews

Gempa 7,3 SR Melanda Prefektur Fukushima, Jepang

0
Gempa 7,3 SR Melanda Prefektur Fukushima, Jepang 1

Pada tanggal 13 Februari pukul 11:08 malam Waktu Jepang, gempa bumi berkekuatan 7,3 skala richter melanda prefektur Fukushima dan Miyagi di timur laut Jepang dengan gempa dirasakan hingga prefektur Aichi di Jepang barat. Kedalaman gempa adalah 55 km dan belum ada peringatan tsunami yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Jepang pada saat penulisan. Gempa susulan terus mengguncang wilayah Tohoku dan Kanto.

Intensitas gempa maksimum yang dirasakan di prefektur Fukushima adalah 6+ pada skala Shindo Jepang. Cuplikan dari stasiun TV Miyagi menunjukkan betapa ekstrimnya goncangan yang berlangsung selama beberapa menit itu.

Kantor Perdana Menteri telah mendirikan ruang manajemen darurat di kediaman resmi untuk mengawasi tanggapan dari pemerintah Jepang serta menilai semua informasi yang masuk. Karena jam yang terlambat dan pemadaman listrik mempengaruhi wilayah Kanto dan Tohoku, yang mana mencakup sebagian besar pulau utama Honshu, perlu beberapa waktu untuk menilai kerusakan, meskipun laporan pertama dari media Jepang mengatakan bahwa kerusakan minimal dengan hanya cedera yang dilaporkan sampai sekarang.

Badan Meteorologi Jepang memperingatkan warga agar bersiap-siap menghadapi lebih banyak guncangan selama minggu depan. Saat ini, organisasi sedang mempertimbangkan gempa bumi hari ini sebagai gempa susulan dari Gempa Besar Jepang Timur 2011.

JR East melaporkan bahwa kereta lokal di prefektur Miyagi telah dihentikan, seperti halnya sebagian besar kereta Shinkansen di wilayah tersebut. Mobil telah disarankan untuk berhenti di jalan tol di daerah yang terkena dampak tanah longsor.

Hampir satu dekade lalu, Gempa Bumi Besar Jepang Timur 2011 melanda pantai prefektur Fukushima, sangat dekat dengan tempat gempa hari ini, meskipun gempa hari ini jauh lebih dalam. Gempa bumi tahun 2011 dan tsunami berikutnya menyebabkan kehancuran tiga reaktor di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir. TEPCO sedang menjalani inspeksi di pembangkit listrik untuk memastikan tidak ada kerusakan baru yang terjadi, dengan laporan pertama mengatakan mereka belum mengamati adanya kelainan dari gempa tersebut.

Mari kita berdoa bersama akan keselamatan semua orang yang sedang dilanda oleh bencana alam ini. Kalian juga bisa melihat berita ini melalui kanal YouTube TBS News.

Sumber : Japan Times, Crunchyroll

Zein Alvin
Six Trillion Years and Overnight Story

Fakta Unik Novel Goodbye Fairy, Penggemar Hyouka Wajib Tahu!

Previous article

Netflix Menawarkan Beasiswa Untuk Bersekolah di “WIT Animator School”

Next article

You may also like

More in Jepang

Komentar