Erabareru Onna ni Onarinasai – Dewi Fujin no Konkatsuron, Manga Yang Mengisahkan Kehidupan Ratna Sari Dewi, Istri Presiden Soekarno

Erabareru Onna ni Onarinasai – Dewi Fujin no KonkatsuronFaktaMangaNusantara
Erabareru Onna ni Onarinasai – Dewi Fujin no Konkatsuron, Manga Yang Mengisahkan Kehidupan Ratna Sari Dewi, Istri Presiden Soekarno 1

Pada bulan Agustus lalu, ibu Dewi Soekarno bersama salah satu mangaka Jepang yaitu @keito0000 membuat manga biografi yang berjudul Erabareru Onna ni Onarinasai – Dewi Fujin no Konkatsuron, yang diadaptasi dari buku biografi berjudul sama yang mengisahkan kehidupan Ratna Sari Dewi hingga bertemu Presiden Soekarno.

Manga tersebut diluncurkan di situs majalah wanita WithOnline sejak tanggal 29 November 2019. Chapter pembuka dari manga ini telah dirilis pada bulan Agustus 2019.

Erabareru Onna ni Onarinasai – Dewi Fujin no Konkatsuron, Manga Yang Mengisahkan Kehidupan Ratna Sari Dewi, Istri Presiden Soekarno 2

Melalui cuitannya di Twitter mangaka @keito0000 mengatakan bahwa ia sangat terhormat dapat mengerjakan proyek tersebut.

“Sebagai orang Jepang yang sama, ia terpilih sebagai istri Presiden Soekarno, bapak pendiri Indonesia, dan merasakan keindahan sejati dan kebanggaan cara hidupnya dalam situasi yang sengit.” “Selama beberapa bulan terakhir, saya selalu tertidur dan terbangun dengan kepala saya yang penuh dengan Ibu Dewi,” ujarnya, “dan saya sangat terkesan dengan kekuatan, upaya dan tekadnya untuk hidup. Saya membaca otobiografi saya dan air mata tidak mau berhenti dalam kehidupan saya yang bergolak.”

@keito0000 juga mengatakan bahwa Dewi Soekarno memiliki daya tarik serta kekuatan yang berbeda dari yang ada di media. “Jadi saya ingin menyampaikan daya tariknya kepada semua orang,” katanya. “Saya juga ingin mengungkap semua cinta dan hormat saya untuk istri saya dalam pekerjaan ini, karena ini merupakan hadiah yang sangat penting untuk istri saya.”

 

 

Ratna Sari Dewi Soekarno merupakan istri ke-enam dari Presiden Soekarno, presiden pertama Indonesia. Dewi yang memiliki nama asli Naoko Nemoto ini bertemu dengan Presiden Soekarno saat usianya masih 19 tahun di bar Ginza di Tokyo, dekat Hotel Kekaisaran. Dewi adalah seorang murid kesenian dan entertainer pada saat itu. Dewi menikah dengan Presiden RI tersebut pada tahun 1962 di usianya yang ke-22 tahun. Presiden Soekarno memberikannya nama Indonesia Ratna Sari Dewi Sukarno yang berasal dari bahasa Jawa-Sansekerta yang berarti “esensi permata seorang dewi”. Mereka memiliki satu anak perempuan yang diberi nama Kartika. Presiden Soekarno meninggal tiga tahun kemudian.

Erabareru Onna ni Onarinasai – Dewi Fujin no Konkatsuron, Manga Yang Mengisahkan Kehidupan Ratna Sari Dewi, Istri Presiden Soekarno 3

Meskipun kini sudah berusia 79 tahun, ibu negara ini masih aktif hingga kini. Selain membuat buku biografi dan manga, Ratna Sari Dewi Soekarno juga merupakan seorang pembawa acara di acara TV Jepang dan merupakan seorang YouTuber.

Dewi Soekarno pernah juga menjadi cameo di film anime PriPara Mi~nna no Akogare♪ Let’s Go☆PriPari bersama salah satu anggota AKB48. Dewi dalam film anime tersebut memerankan karakter Ploria Okanda yang merupakan kepala sekolah dari Paprika Private Academy.

Sumber: Wikipedia, Nawalakarsa, Twitter @keito0000, Withonline.jp