GamesIndustry

Desainer Game Hideo Kojima akan Menerima Penghargaan Fellowship BAFTA

0
Desainer Game Hideo Kojima akan Menerima Penghargaan Fellowship BAFTA 1

Hallo sobat wibumesta! Siapa nih diantara kalian yang hobi main game?

Kalian pernah memainkan Zone of the Enders: 2nd Runner?, berfantasi menjadi penjaga penguin di Penguin Adventure?. Saat kamu bermain PS apakah Castlevania: Lord of Shadow menjadi salah satu game pilihan kamu? Atau kamu lebih memilih Silent Hills – P.T. yang memiliki aura horror? atau kamu lebih tergila-gila dengan game Policenauts?. Tahu kah kamu? Kelima game tersebut adalah hasil karya designer game hebat Hideo Kojima.

Nah, kali ini ada kabar bahagia nih dari Hideo Kojima. Pada hari Kamis lalu, British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) mengumumkan bahwa pengembang game Hideo Kojima Akan menerima Beasiswa di BAFTA Games Awards pada tanggal 2 April nanti. Mengenai penghargaan itu, Kojima mengatakan:

Desainer Game Hideo Kojima akan Menerima Penghargaan Fellowship BAFTA 2

“Terima kasih banyak atas penghargaan BAFTA Fellowship yang berharga ini. Saya merasa sangat terhormat, dan ingin memanfaatkan momen ini untuk merenungkan banyak pendahulu sebelum saya, karena saya sangat menghargai kontribusi mereka dalam industri hiburan baik di film, televisi, atau game. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka yang telah mendukung saya selama bertahun-tahun dan saya akan melanjutkan komitmen saya untuk menciptakan cara-cara baru dan inovatif yang akan mendorong dunia hiburan ‘game’ ke depannya.

Penghargaan Fellowship akan diberikan kepada Kojima atas “kontribusi kreatif Kojima untuk industri.” BAFTA menggambarkan Fellowship sebagai “penghargaan tertinggi yang diberikan oleh BAFTA pada seorang individu sebagai pengakuan atas kontribusi yang luar biasa untuk film, game atau televisi. ”

Kojima merancang dan menulis Metal Geargame untuk Konami pada tahun 1987. Game ini membantu membangun genre game stealth dan meluncurkan seri Metal Gear.

Metal Gear game sendiri awalnya bukanlah game garapan Kojima. Kojima diminta untuk mengambil alih proyek Metal Gear dari rekan seniornya. Keterbatasan hardware menghambat perkembangan pertarungan game. Terinspirasi oleh The Great Escape, Kojima mengubah gameplay untuk fokus pada tahanan yang melarikan diri. Game ini dirilis pada tahun 1987 untuk komputer rumah MSX2 di Jepang dan beberapa negara bagian Eropa. Game ini berputar di sekitar operasi pasukan khusus dengan nama sandi Solid Snake, yang dikirim ke negara bagian “Outer Heaven” untuk menghentikan tank berjalan yang dilengkapi nuklir yang dikenal sebagai “Metal Gear”. Metal Gear adalah salah satu contoh paling awal dari genre game aksi stealth, di mana menghindari pertemuan dengan musuh ditekankan pada pertarungan langsung. Port Metal Gear dirilis untuk Nintendo Entertainment System. Kojima tidak terlibat langsung dalam pembuatan versi ini dan dia secara terbuka mengkritik beberapa perubahan yang dilakukan dalam proses porting.

Pada awal 2001, Kojima merilis rincian pertama dari sekuel Metal Gear Solid, Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty, untuk PlayStation 2. Grafik permainan dan tampilan fisika yang lebih bagus, menjadikannya salah satu game yang paling dinanti. Game ini sangat sukses dan mendapat pujian para kritikus saat dirilis, karena grafisnya, permainannya, dan alur ceritanya, yang berhubungan dengan berbagai tema filosofis yang spesifik seperti meme, sensor, manipulasi, patricide, cacat demokrasi yang melekat, dan realitas itu sendiri. Setelah itu, Kojima merancang dan merilis Metal Gear Solid 3: Snake Eater untuk PlayStation 2. Tidak seperti game sebelumnya, yang berlangsung dalam waktu dekat dan berfokus pada lokasi dalam ruangan, game ini berlatar di hutan Soviet pada masa perang Dingin pada tahun 1964, dan memiliki fitur kelangsungan hidup belantara, kamuflase, dan spionase bergaya James Bond. Versi Amerika Utara untuk game ini dirilis pada 17 November 2004. Versi Eropa dirilis pada 4 Maret 2005. Respons para kritikus terhadap game tersebut sangat bagus.

Kojima meninggalkan Konami pada bulan Desember 2015, dan mendirikan studio Kojima Productions secara independen. Game Death Stranding dari Kojima Productions, gelar independen pertama perusahaan, dikirimkan untuk PlayStation 4 pada tanggal 8 November. 505 Games akan mengeluarkan versi PC game pada awal musim panas 2020. Novelisasi dua bagian dari permainan ini debut pada 28 November, dan versi Steelbook dikirim pada hari Jumat. Game ini memenangkan Outstanding Achievement dalam Desain Audio dan penghargaan Outstanding Technical Achievement pada 23 tahunan D.I.C.E. Penghargaan pada tanggal 13 Februari lalu.

BAFTA akan mengumumkan nominasi untuk BAFTA Games Awards 2020 pada hari Selasa. Acara penghargaan akan berlangsung pada 2 April di Queen Elizabeth Hall di London. BAFTA Games Awards adalah bagian dari London Games Festival, yang akan berlangsung dari tanggal 26 Maret hingga 6 April.

Sumber: BAFTA, akun Twitter BAFTA Games, akun Twitter Kojima Productions melalui Hachima Hachima Kikō , wikipedia

Haruna Bella

Acara Seiyū Award, Key, Aikatsu Dibatalkan Karena Kekhawatiran Coronavirus COVID-19

Previous article

Film Anime Doraemon dan Shimajirō Ditunda Karena Coronavirus COVID-19 ketika Jepang Meminta Sekolah untuk Tutup Hingga April

Next article

More in Games

You may also like

Komentar